Ingin Menjadi Wirausahawan Setelah Lulus Sekolah? Jenis-Jenis Usaha Ini Layak Dicoba

Semakin sempitnya lapangan kerja membuat angka pengangguran di negeri kita masih sangat tinggi. Padahal, kebutuhan hidup juga terus melambung. Alasan ekonomi membuat banyak lulusan SMA/SMK akhirnya memilih untuk berwirausaha dengan menekuni jenis-jenis usaha tertentu yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

Bagi para lulusan SMK, terjun ke bidang wirausaha mungkin tidak terlalu sulit. Kurikulum sekolah kejuruan memang dirancang agar para lulusannya siap terjun ke dunia kerja. Namun, para lulusan SMA pun memiliki kesempatan yang sama. Yang penting, harus bisa memilih jenis usaha yang tepat.

Apa saja jenis usaha yang tepat bagi lulusan SMA/SMK? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Usaha yang Sesuai Jurusan

Bagi para lulusan SMK, tentunya ini adalah pilihan yang paling tepat. Apalagi bagi mereka yang masuk SMK dan memilih jurusan karena memang sesuai dengan minat dan bakatnya. Maka, ketika lulus, akan sangat mudah untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku sekolah menjadi ide usaha yang diwujudkan secara nyata.

Jurusan di SMK sangat bervariasi dan banyak di antaranya memiliki peluang yang bagus untuk dikembangkan menjadi ide wirausaha. Contohnya adalah jurusan tata boga, tata busana, desain grafis, multimedia, animasi, otomotif, dan sebagainya. Mulailah dengan usaha skala kecil lebih dahulu sambil memperkaya ilmu dan pengalaman, sehingga kelak semakin berkembang.

Beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan sesuai dengan jurusan yang dipelajari di SMK adalah membuka usaha pastry dan bakery, konveksi/jahitan, bengkel, laundry, programmer, desainer, fotografer,  servis komputer, dan masih banyak lagi.

2. Bisnis Online

Bisa dibilang, saat ini tidak ada remaja yang tidak mengenal dunia internet. Dalam keseharian pun, mereka pasti tidak terlepas dari interaksi dengan dunia maya. Daripada menghabiskan waktu percuma hanya untuk hal yang tak berguna, tentu jauh lebih baik jika hobi berselancar di internet ini dimanfaatkan menjadi peluang usaha.

Hingga saat ini, berbisnis secara online menjadi pilihan banyak orang dan diperkirakan masih akan berkembang pesat hingga lima belas tahun mendatang. Semua jenis barang atau jasa bisa menjadi ide usaha online. Cara menjalankan bisnisnya pun sangat beragam, bisa menjadi produsen maupun reseller, membuka toko sendiri ataupun memanfaatkan marketplace.

Karena sifatnya yang sangat terbuka sehingga bisa dikerjakan oleh siapa saja, persaingan dalam bisnis online sangat ketat. Tapi jangan takut, ada beberapa tips agar sukses berbisnis online yang bisa dilakukan, yaitu mulailah dengan berjualan, karena ini yang paling mudah. Buatlah toko online atau website khusus dan manfaatkan media sosial yang dimiliki untuk promosi.

3. Membuat Barang Kerajinan

Bagi mereka yang memiliki hobi membuat barang kerajinan, tidak perlu bingung memikirkan ide usaha yang bisa dijalankan. Keterampilan dan kreativitas dalam membuat barang kerajinan yang unik dan menarik adalah modal yang sangat besar untuk memulai usaha mandiri. Usaha ini bisa dikerjakan dari rumah, sehingga tidak membutuhkan investasi yang besar.

Produk kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi adalah produk kreatif yang memiliki nilai guna, sekaligus menarik secara estetika. Bahan bakunya pun tidak selalu harus menggunakan barang-barang yang mahal. Bahkan, banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat dari barang bekas namun tetap menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi.

Tidak perlu bingung memikirkan cara untuk memasarkan produk kerajinan tangan. Sekarang ini, promosi bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui internet, khususnya media sosial. Jaringan pertemanan yang dimiliki sangat potensial untuk memperkenalkan produk secara lebih luas. Selain itu, bergabung dengan komunitas yang sesuai juga akan sangat mendukung usaha ini.

4. Jasa Print dan Fotokopi

Bagi mereka yang tinggal di dekat lingkungan sekolah, kampus, atau perkantoran, usaha ini sangat patut dicoba. Jasa print tentu sangat dibutuhkan anak sekolah dan mahasiswa yang sehari-hari berurusan dengan tugas, karena tidak semuanya memiliki fasilitas komputer dan printer sendiri.

Meskipun zaman sudah seba digital, kebutuhan akan jasa fotokopi tetap ada. Karena itu, usaha di bidang ini pun masih tetap layak diperhitungkan. Agar lebih menguntungkan, usaha jasa fotokopi ini bisa dikombinasikan dengan menjual peralatan alat tulis. Usaha ini memiliki risiko kerugian yang sangat kecil. Alat tulis tidak mengenal masa kadaluarsa, sehingga bisa dijual kapan pun.

Kelebihan bisnis ini adalah sangat mudah untuk dijalankan. Modalnya pun tergolong kecil hingga menengah, bisa memanfaatkan komputer dan printer yang sudah ada. Untuk jasa fotokopi, memang diperlukan investasi awal sedikit besar untuk membeli mesin fotokopi, tetapi keuntungan yang didapatkan bisa mengembalikan investasi dalam waktu relatif cepat.

5. Usaha Kuliner

Dari sekian banyak jenis usaha yang digeluti anak muda, usaha kuliner adalah salah satu yang paling banyak digandrungi. Kalau dahulu mungkin banyak remaja yang merasa gengsi untuk berjualan kue, kini tidak lagi. Sering sekali kita menjumpai anak muda yang berbisnis aneka kue basah maupun kering, baik di desa, maupun di kota-kota besar.

Untuk menjalankan usaha ini, tidak perlu harus membuka kafe yang sudah pasti membutuhkan modal besar. Ada banyak cara yang bisa dipilih, misalnya dengan menitipkan ke warung, kantin, atau minimarket, atau menggunakan gerobak atau booth. Untuk mengatasi keterbatasan modal, pilih saja usaha jajanan dengan sistem waralaba yang sekarang sedang menjamur.

Mengingat tingkat persaingan dalam bisnis ini cukup tinggi, perhatikan beberapa hal penting yang memengaruhi kesuksesan, seperti menentukan target pasar yang tepat, memilih lokasi yang strategis, memilih supplier yang tepat, selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang dunia kuliner, dan rajin berkreasi dengan produk baru.

6. Berjualan Pulsa dan Kuota Internet

Peluang usaha yang kelihatannya remeh ini ternyata memiliki potensi besar menjadi usaha yang menguntungkan, loh. Di era sekarang, siapa sih yang tidak punya handphone? Begitu juga internet, karena saat ini, hampir semua fungsi handphone membutuhkan akses internet. Itu sebabnya, usaha pengisian pulsa dan kuota internet menjadi peluang usaha yang menarik.

Faktor menarik lainnya adalah modal yang dibutuhkan sangat kecil dan bisa dijalankan kapan saja, di mana saja. Bahkan, hanya dengan modal sebuah Hp sederhana dan sedikit uang untuk deposit, usaha ini sudah bisa dijalankan. Pilihlah distributor yang memiliki server sendiri, reputasinya bagus, serta memiliki sumber daya manusia, software, dan hardware yang andal.

7. Reseller dan Dropshipper

Sejak beberapa tahun ini, ketika bisnis online semakin menjamur, kedua istilah ini semakin sering terdengar. Namun, mungkin ada juga yang masih asing atau bingung dengan perbedaan keduanya. Jadi, apa sih sebenarnya reseller dan dropshipper?

Reseller maupun dropshipper adalah istilah yang sama-sama digunakan sebagai sebutan bagi orang yang menjual produk orang lain, bukan buatannya sendiri. Bedanya, jika reseller harus memiliki stok dan melakukan pengiriman barang sendiri, dropshipper tidak. Dropshipper hanya bertugasa menjual produk, sedangkan pengiriman dilakukan langsung oleh pihak produsen.

Perbedaan tersebut juga memiliki konsekuensi berbeda. Reseller harus mengeluarkan modal untuk membeli stok barang, sedangkan seorang droshipper tidak membutuhkan modal, hanya mengandalkan katalog yang disediakan oleh produsen. Baik reseller maupun drophsipper bisa diterapkan pada bisnis online maupun offline.

8. Penulis

Hobi dan keterampilan menulis adalah modal yang sangat besar untuk memiliki usaha sendiri. Selain bisa menyalurkan hobi dan menghasilkan karya yang bisa dikenal oleh orang banyak, menulis juga bisa jadi sumber penghasilan, loh. Asyik, bukan? Meskipun butuh perjuangan, tapi jika sudah berhasil, profesi menulis juga bisa diandalkan.

Apa pun jenis tulisan yang disukai, bisa menghasilkan uang. Bisa berupa tulisan pendek seperti cerpen, opini, reportase, resensi buku dan film, atau artikel lainnya. Kirimkan tulisan-tulisan pendek itu ke media massa, baik media cetak maupun online. Tulisan yang dimuat akan mendapat imbalan sejumlah uang.

Cara lainnya adalah dengan menulis buku, bisa berupa novel, kisah inspiratif, tips dan trik, komik, agama, atau buku-buku dengan beraneka tema yang sesuai dengan dunia anak muda. Menulis buku bisa dilakukan sendiri (buku solo) atau dengan mengajak teman-teman dengan hobi yang serupa untuk menulis bersama-sama (buku antologi).

9. Jasa Desain Grafis

Usaha jasa desain grafis memiliki prospek yang sangat baik, karena keahlian ini dibutuhkan dalam banyak bidang. Pemanfaatan desain grafis sangat luas, mulai dari desain website, pembuatan logo perusahaan, anime, toko online, undangan, ilustrasi buku atau majalah, kartu nama, brosur, poster, dan masih banyak lagi.

Usaha ini memang membutuhkan keahlian khusus. Namun, bukan berarti peluang untuk bisnis ini hanya bisa dimanfaatkan oleh orang yang memiliki bekal pendidikan formal di bidang desain grafis saja. Siapa pun bisa, karena keahlian ini bisa dipelajari secara otodidak. Jika memang menyukai atau memiliki hobi di bidang ini, hasilnya tentu tidak kalah dengan para profesional.

Ada banyak kelebihan dari usaha ini, di antaranya: hanya membutuhkan modal kecil, bisa langsung dijalankan tanpa banyak persiapan, target pasar sangat luas, bersifat jangka panjang, dan bisa menghasilkan hingga jutaan rupiah. Usaha ini juga sangat cocok bagi pemula, karena bisa dijalankan secara individu dan bisa dikerjakan di rumah, tanpa perlu menyewa kantor.

10. Penulis di Media Online

Seiring dengan semakin pesatnya kemajuan dunia internet, media online kini semakin menjadi acuan dalam mencari informasi tentang segala hal. Saat ini, media cetak mulai ditinggalkan karena semakin banyak orang beralih ke media online karena lebih praktis, cepat, dan murah. Tren ini membuka peluang bagi siapa pun yang hobi dan memiliki keahlian menulis.

Ada banyak peluang di bidang kepenulisan ini, seperti menjadi blogger, ghostwriter, penulis lepas di portal berita, penulis konten untuk website perusahaan, penerjemah, atau penulis cerita. Untuk menekuni bidang ini, dibutuhkan pengetahuan yang luas, kemampuan menulis yang baik, serta sarana seperti laptop atau smartphone dan koneksi internet.

Mengapa banyak orang tertarik menjadi penulis di media online? Ada beberapa alasan, di antaranya karena waktunya fleksibel, mudah dijalankan, dapat dikerjakan di mana saja tanpa terikat tempat, tidak membutuhkan modal besar. Jika dikerjakan secara profesional dan sungguh-sungguh, aktivitas menulis bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan, loh.

Selain sepuluh contoh usaha di atas, tentu saja masih banyak jenis-jenis usaha lainnya yang bisa ditekuni oleh para lulusan SMA/SMK. Apa pun usaha yang dipilih, diperlukan ketekunan dan kerja kerasa agar usaha tersebut bisa memberikan hasil seperti yang diharapkan. Pengalaman membuktikan, pencapaian dan kesuksesan besar selalu dimulai dari langkah-langkah kecil.

   

     

Promo Pelanggan baru