Membuat Kerajinan dari Botol Bekas yang Memiliki Nilai Jual

Kerajinan dari Botol Bekas

Anda memiliki tumpukan botol bekas di rumah yang semakin hari semakin bertambah dan tidak tahu mau diapakan? Lebih baik botol bekas tersebut tidak dibuang dulu, karena banyak sekali kerajinan dari botol bekas yang dapat Anda kreasikan dan bahkan memiliki nilai jual.

Kelebihan dan Kekurangan Botol Plastik vs Botol Kaca

Kemasan minuman memang beragam bentuknya. Ada yang bulat, ada yang panjang, dan berbagai bentuk lainnya. Akan tetapi, botol yang digunakan sebagai kemasan minuman atau kecap biasanya terbuat dari plastik atau kaca.

Botol plastik dan kaca ini memang merupakan kemasan yang sering dijumpai karena kegunaannya yang praktis dan mudah dibentuk menjadi kemasan yang menarik. Akan tetapi, botol plastik dan botol kaca tidak hanya memiliki segudang kelebihan lho. Kedua botol ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan dari kedua botol tersebut.

Botol Kaca

Botol kaca adalah kemasan yang terbuat dari pasir silika dan soda abu. Teksturnya lebih keras daripada botol plastik. Adapun kelebihan botol kaca adalah sebagai berikut:

kerajinan dari botol bekas minuman

Kelebihan Botol Kaca

  • Lambat terhadap reaksi kimia. Hal ini menghindarkan makanan dan minuman yang terdapat di dalamnya terkontaminasi oleh bau atau rasa dari luar.
  • Mencegah terjadinya penguapan sehingga kemasan berbahan kaca sangat sesuai untuk bahan makanan cair.
  • Gelas yang bersifat transparan dan seperti kristal akan memberikan nilai tambah terhadap produk makanan atau minuman yang terdapat di dalamnya.
  • Botol kaca bersifat kokoh atau keras, tahan terhadap tekanan, dan suhu tinggi sehingga sangat sesuai jika digunakan sebagai kemasan minuman berkarbonasi dan minuman beralkohol.
  • Kemasan berbahan dasar kaca sangat sesuai untuk mengawetkan makanan karena tahan terhadap suhu tinggi.
  • Kemasan botol kaca cenderung ramah lingkungan karena dapat digunakan kembali tanpa berisiko mengganggu kesehatan Anda.

Kekurangan Botol Kaca

Botol kaca juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut:

  • Botol kaca biasanya lebih berat dibandingkan botol plastik, sehingga tidak praktis untuk dibawa kemana-mana.
  • Kemasan berbahan dasar kaca cenderung mudah pecah sehingga Anda akan harus melapisin bagian luar botol dengan menggunakan kertas atau kain agar tidak pecah saat disimpan di dalam tas.

Botol Plastik

Botol plastik juga merupakan salah satu kemasan yang paling banyak digunakan untuk mengemas minuman jenis apapun karena botol plastik murah dan praktis yang dapat di daur ulang sampah. Berikut beberapa kelebihan dari botol plastik.

Kelebihan Botol Plastik

  • Botol plastik cenderung lebih ringan daripada botol kaca sehingga mudah dibawa kemana saja.
  • Kuat dan tidak mudah pecah.
  • Botol plastik biasanya tahan karat sehingga sangat aman untuk produk makanan atau minuman.
  • Beberapa jenis botol plastik merupakan isolator panas dan listrik yang baik.
  • Bahan plastik mudah dibentuk menjadi botol yang menarik atau untuk keperluan lainnya.

Kekurangan Botol Plastik

Selain beberapa kelebihan tersebut di atas, botol plastik juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

  • Bahan plastik memiliki beberapa jenis yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Botol plastik berkode 1 (PET), misalnya, biasa digunakan untuk mengemas minuman ringan dan air mineral. Botol PET ini hanya dapat digunakan sekali. Apabila dipergunakan kembali secara berulang-ulang akan mengganggu kesehatan.
  • Beberapa jenis botol plastik tidak tahan panas. Bentuknya akan berubah bila terkena panas, bahkan air panas.
  • Beberapa jenis plastik tidak ramah lingkungan karena baru bisa diuraikan setelah puluhan atau bahkan ratusan tahun.

15 Kerajinan dari Botol Plastik Bekas

Karena plastik merupakan limbah yang sulit untuk diuraikan, sampah plastik cenderung semakin bertambah dan menumpuk yang pada akhirnya dapat merusak lingkungan.

Daripada Anda membuang botol-botol plastik bekas yang berarti menambah jumlah limbah plastik di bumi ini, lebih baik Anda berkreasi dengan botol-botol bekas tersebut. Selain dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastik tersebut, hasil kreasi botol plastik juga dapat menambah pendapatan Anda.

Kerajinan dari botol plastik

Berikut 15 kerajinan yang dapat Anda kreasikan dari botol plastik bekas dan dapat Anda buat sendiri di rumah.

1. Lampu Hias yang Cantik

Jika Anda memiliki botol plastik bekas air mineral ukuran 1 liter atau galon air kecil dan beberapa sendok plastik yang tidak terpakai, jangan buru-buru untuk membuangnya karena Anda dapat menyulapnya menjadi lampu hias yang cantik. Cara membuatnya pun sangat mudah.

Siapkan botol atau galon plastik bekas dan beberapa sendok plastik yang sudah tidak digunakan lagi. Potong tiga per-empat bagian botol, berilah sayatan-sayatan kecil di seluruh permukaan botol menggunakan pisau atau pemanas. Pastikan sayatan tidak terlalu lebar. Kira-kira seukuran gagang sendok.

Kemudian potong gagang sendok dan selipkan pada sayatan yang telah dibuat dengan posisi sendok tertelungkup menghadap ke botol. Agar sendok lebih melekat pada botol, Anda dapat merekatkannya menggunakan lem tembak. Terakhir, pasang lampu didalamnya botol tersebut.

2. Pot Gantung

Apabila Anda ingin menanam tanaman hias akan tetapi tidak mempunyai cukup lahan untuk tanaman, Anda bisa menggunakan botol plastik bekas ukuran 1 liter sebagai pot untuk tanaman Anda.

Baca juga  Cara Menggiling Daging untuk Dibakar

Pertama-tama, posisikan botol secara horizontal kemudian potong bagian tengah botol seukuran telapak tangan sehingga ketika sudah dipotong, botol akan tampak seperti perahu.

Lubangi bagian atas dan bawah botol dengan paku, agar kawat yang digunakan untuk menggantung dapat masuk. Gunakan tutup botol untuk mengganjal bagian bawah botol agar botol tidak merosot. Buat lagi beberapa lubang kecil di bagian bawah botol agar air dapat meluncur ke bawah dan tidak menggenang.

3. Tempat Pensil

Botol plastik juga dapat digunakan sebagai tempat pensil yang cantik. Tidak akan ada lagi pensil yang tercecer dan berantakan. Cara membuatnya pun mudah.

Anda dapat menggunakan botol bekas minyak goreng ukuran 2 liter atau bekas cairan pembersih porselen. Cuci bersih botol tersebut. Potong setengah bagian dari bagian bawah botol yang tidak terdapat gagang. Jangan memotongnya hingga putus. Potonglah sebagian agar botol ini memiliki bagian yang terbuka lebar untuk tempat meletakkan pensil.

Anda juga dapat menggunakan botol minuman ringan atau air mineral. Potong botol dengan ketinggian 7 hingga 10 centimeter. Agar lebih rapi, tempelkan bekas potongan pada setrika. Agar lebih menarik, Anda dapat mewarnai tempat pensil tersebut sesuai dengan selera Anda. Mudah bukan?

4. Sapu Ijuk

Sapu ijuk dari botol plastik? Kenapa tidak.

Pertama-tama, siapkan tiga atau empat botol plastik bekas minuman ringan ukuran 2 liter, gunting, dan gagang sapu. Anda dapat menggunakan gagang sapu yang lama atau kayu bulat.

Ambil botol dan sisakan satu. Potong bagian bawah botol dan guntinglah bagian yang dipotong tadi hingga tersisa seperempat bagian botol. Gunting memanjang seperti disuwir-suwir. Lakukan pada semua botol. Kemudian, potong semua mulut botol dan sisakan satu botol yang tidak dipotong bagian mulutnya.

Masukkan botol yang masih ada mulutnya ke dalam botol-botol yang sudah dipotong bagian mulutnya. Ambil satu botol yang tidak disisir tadi lalu potong bagian atasnya hingga seperempat bagian. Masukkan botol-botol yang disisir ke dalam potongan tersebut. Rekatkan semua botol dengan paku. Pasang gagang sapu.

5. Dompet Unik

Dompet ini sangat unik dan serba guna. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan manik-manik, kancing baju, uang koin, atau berbagai benda kecil lainnya.

Caranya, siapkan dua botol minuman ringan ukuran 1 liter. Potong bagian bawah dua buah botol plastik tersebut sehingga menghasilkan bentuk seperti mangkok. Tangkupkan atas dan bawah kemudian beri ritsleting. Anda bisa menjahit ritsleting tersebut atau mengelemnya dengan jenis lem yang kuat.

6. Tutup Kantong Plastik

Ketika Anda mengemas sesuatu dengan kantong plastik, pasti sangat tidak praktis jika Anda harus menutupnya kembali dengan cara diikat menggunakan karet atau disimpul. Gunakan botol plastik untuk cara menutup kantong plastik dengan lebih cepat.

Potong bagian atas botol yang ada tutupnya. Masukkan kantong plastik melewati lubang. Tarik ujung plastik keluar. Selanjutnya, tutup kembali lubang tersebut dengan tutup botolnya.

7. Vas Bunga Mewah

Siapkan 1 botol minuman ringan ukuran 1 liter dan kepingan CD bekas. Pasang tutup botol plastik dan potong botol menjadi dua dengan pola potongan bergelombang. Lalu tancapkan potongan botol bagian atas secara terbalik pada kepingan CD. Anda dapat merekatkannya dengan lem.

Warnai permukaan botol dan CD dengan cat semprot berwarna emas atau perak.

Kerajinan dari botol bekas untuk vas

8. Pemberi Makanan Burung Otomatis

Bagi Anda pecinta burung, kini Anda tidak perlu lagi untuk memberikan makan kepada burung peliharaan secara rutin. Anda dapat menggunakan ini.

Siapkan sebuah botol plastik bekas ukuran apa saja. Tusuk botol tersebut dengan kayu atau entong. Isi botol dengan makanan burung, lalu gantung. Ketika burung memakan makanannya, maka makanan dalam botol otomatis turun dan keluar lagi menggantikannya yang ada di luar botol.

9. Wadah Permen

Wadah permen ini bisa menjadi hiasan ketika Hari Raya tiba disaat kerabat dan sanak saudara berkumpul.

Siapkan empat botol plastik ukuran 1 liter. Potong bagian kaki botol. Lubangi bagian tengahnya. Hubungkan dengan menggunakan baut panjang. Pasang kaki-kaki botol tersebut dan beri jarak satu dengan yang lain. Beri ring dan mur pada bagian bawah masing-masing kaki botol. Untuk mempercantik tampilan, Anda dapat mengecatnya.

10. Vas Bunga Cantik

Sediakan botol plastik bening. Potong tiga per-empat bagian dari botol. Buat potongan kecil dengan lebar 1 centimeter hingga sekeliling botol. Tekuk keluar potongan-potongan tersebut. Kemudian lipat potongan tersebut ke arah dalam. Isi air, lalu letakkab bunga.

11. Pot Bunga Gantung Cantik

Jika tadi pot bunga dibentuk secara horizontal, maka pot yang ini dibentuk secara vertikal atau pada posisi normal botol.

Anda hanya membutuhkan dua botol bekas minuman berkarbonasi ukuran 1 liter. Potong bagian bawah badan botol, lalu dibentuk dan digambar sesuai dengan keinginan Anda. Lebih baik lagi jika digambar tokoh kartun yang lucu.

Baca juga  Mengawali Bisnis Keripik Enak

12. Tempat Benang Jahit Susun

Daripada harus meletakkan benang jahit di dalam suatu wadah yang mengharuskan Anda mencari benang dengan susah payah, lebih baik Anda mencoba tempat benang jahit yang satu ini.

Anda hanya akan membutuhkan satu botol air mineral yang bening. Potong bagian bawahnya sebagai tempat masuknya benang. Lubangi beberapa sisi botol. Masukkan benang.

Ambil kayu kecil (bisa juga menggunakan tusuk sate yang dibagi menjadi 2 bagia) lalu masukkan kayu melalui lubang pada sisi botol, melewati bagian tengah benang, hingga ke lubang botol sisi yang satunya. Jangan lupa beri lubang kecil di bagian depan botol sebagai akses keluarnya benang.

13. Tutup Tisu Toilet

Untuk membuat tutup tisu toilet, Anda membutuhkan botol bekas yang berukuran besar. Potong bagian bawahnya. Lubangi sisi sampingnya. Masukkan tisu melalui bagian bawah yang dipotong. Lalu masukkan satu kayu kecil seukuran sumpit melalui lubang pada sisi-sisi botol.

14. Bunga Plastik Cantik

Botol plastik bisa Anda jadikan bunga yang cantik. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa botol air mineral. Potong bagian paling dasar botol sehingga terbentuk seperti kelopak bunga. Kemudian warnai sesuka hati dengan menggunakan spidol permanen.

Kerajinan dari botol bekas plastik bunga

15. Tempat Sikat Toilet

Anda bisa mengubah jeriken bekas menjadi tempat sikat toilet dengan cara memotong bagian depannya untuk tempat meletakkan sikat.

5 Kerajinan dari Botol Kaca Bekas

Tidak hanya botol plastik yang dapat dikreasikan untuk berbagai keperluan, botol kaca untuk display warmer ramesia juga tidak kalah menarik jika dikreasikan.

  • Meja Hias

Untuk membuat meja hias, Anda membutuhkan:

  • Botol Kaca
  • Papan Kayu
  • Bor
  • Gergaji
  • Cat Kayu

Cara Membuat:

  1. Potong papan kayu sesuai bentuk yang diinginkan.
  2. Haluskan dan cat dengan cat kayu. Tunggu hingga kering.
  3. Lubangi papan kayu dengan bor dengan ukuran lubang yang sama dengan ukuran mulut botol dan jumlah yang sesuai dengan jumlah botol.
  4. Pasang botol ke lubang-lubang yang telah dibuat.
  • Hiasan Meja

Untuk membuat hiasan meja yang cantik ini, Anda membutuhkan:

  • Botol Kaca
  • Pasir
  • Hiasan

Cara Membuat:

  1. Potong botol kaca setengah bagian
  2. Isi bagian dalamnya dengan pasir dan hiasan lainnya. Untuk hiasannya, Anda bisa menggunakan batu pualam, kerang, atau apapun yang Anda suka.
  • Frame Lampu

Percantik ruang tamu atau ruang makan rumah Anda dengan frame lampu yang cantik ini dan nikmati kilau lampu yang berpendar dari dalam botol.

Bahan:

  • Botol Kaca
  • Kawat Besi
  • Tang
  • Gabus/Plastik Penyumbat

Cara Membuat:

  1. Potong bagian bawah botol kaca
  2. Lubangi penyumbat sesuai dengan ukuran kabel yang terhubung pada lampu
  3. Masukkan kabel melalui bagian atas penyumbat. Tutup botol dengan penyumbat
  4. Masukkan lampu yang telah disediakan melalui bagia bawah yang sudah dipotong tadi. Kemudian hubungkan dengan kabel.
  • Frame lilin

Cahaya lilin yang temaram semakin menambah suasana romantis jika berada di dalam botol.

Bahan:

  • Botol Kaca
  • Kawat Besi
  • Tang
  • Stan Lilin

Cara Membuat:

  1. Potong bagian bawah botol kaca
  2. Pasang lilin ke stannya
  3. Lilit stan dengan kawat. Untuk bentuknya, Anda dapat menggunakan betuk sesuka hati.
  4. Masukkan kawat dan lilinnya ke dalam botol
  5. Sambungkan dengan kawat dari atas
  • Vas Bunga

Vas  bunga ini akan mempercantik ruangan Anda. Cara membuatnya pun mudah.

Kerajinan dari botol bekas kaca

Bahan:

  • Botol Kaca
  • Cat Warna
  • Selotip

Cara Membuat:

  1. Tutup sebagian permukaan botol dengan menggunakan selotip. Sesuaikan bentuknya dengan motif yang Anda inginkan.
  2. Cat seluruh permukaan botol yang sebagian telah ditutup selotip tadi. Tunggu hingga kering.
  3. Jika sudah kering lepas seluruh selotip. Bagian yang tertutup selotip akan tetap menunjukkan warna asli botol sehingga akan memberikan corak yang unik dan cantik.

Ternyata membuat kerajinan dari botol bekas itu mudah dan menyenangkan bukan? Anda dapat mempercantik ruangan di rumah dengan botol bekas yang murah. Selain cantik, Anda dapat membantu menyelamatkan lingkungan dari tumpukan sampah. Bahkan Anda juga dapat menjual kreasi yang cantik tersebut.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares