Pecinta Burung Wajib Tahu Jenis Makanan Lovebird Biar Gacor

Lovebird adalah salah satu jenis burung peliharaan yang popularitasnya dari tahun ke tahun tak pernah surut. Burung jenis paruh bengkok ini menjadi buruan bukan saja karena warna bulunya indah, tapi terutama karena suaranya. Rahasia agar si burung cinta ini mau berkicau merdu ada pada makanannya. Nah, sudah tahu apa saja makanan lovebird biar gacor?

Mengenal Lebih Jauh tentang Lovebird

Lovebird memiliki keunikan berupa warna bulunya yang sangat beragam, bisa mencapai ratusan. Karena sifatnya mudah bermutasi, warna bulu burung bernama latin Agapornis ini bisa dibuat sesuai keinginan penangkarnya. Di beberapa negara Asia, terdapat lovebird warna-warna khusus yang tidak beredar di pasaran, seperti merah, biru, hitam, putih, atau kuning polos.

Dari sekian banyak jenis yang ada, burung lovebird yang banyak diincar di Indonesia masih terbatas pada empat jenis saja, yaitu lovebird lutino, hijau, holand, dan kacamata. Jika Anda tertarik untuk memelihara burung cinta ini, ada baiknya kenali lebih dulu masing-masing jenis burung ini.

1. Lovebird Lutino

Jenis lovebird ini adalah jenis yang paling sering disertakan dalam lomba kecantikan warna bulu dan keindahan suara. Tubuh burung ini didominasi perpaduan warna kuning dan merah yang sangat cantik. Dengan warnanya yang indah, tidak heran jika harganya pun cukup tinggi, yaitu di kisaran 400 ribu hingga 700 ribu, tergantung usia burung.

2. Lovebird Muka Salem

Banyak dijumpai di bagian selatan Afrika, Namibia, dan Angola, lovebird jenis ini memiliki ciri bulu berwarna salem (peach) di bagian belakang mata, pipi, leher dan dadanya. Sementara tubuhnya berwarna hijau kekuningan dengan ujung sayap berwarna kebiruan.

3. Lovebird Biru Violet

Dinamakan demikian karena burung ini didominasi warna biru keunguan yang menghasilkan siluet berwarna violet. Warna violet terutama terletak pada bagian sayap dengan ujung berwarna hitam.  Warna violet ini beradu dengan warna putih di bagian perut, hitam pada bagian kepala, dan paruh berwarna putih pucat atau oranye tua.

4. Lovebird Pipi Hitam

Meskipun keseluruhan tubuhnya didominasi warna hijau kekuningan, namun warna gelap di bagian pipi terlihat menonjol. Karena itulah, jenis ini dinamakan Lovebird Pipi Hitam.

5. Lovebird Cobalt

Sekilas, burung ini mirip lovebird Biru Violet. Bedanya, bulu tubuh Lovebird Cobalt didominasi warna biru dan hanya menyisakan bagian kepala yang berwarna sedikit abu-abu.

6. Lovebird Muka Merah

Meskipun terdapat sedikit warna hijau kekuningan di bagian wajahnya, warna merah tetap mendominasi. Itulah sebabnya burung ini dinamai Lovebird Muka Merah.

7. Lovebird Topeng

Jenis yang satu ini ditemukan pertama kali di Timur Laut Tanzania, namun  dibudidayakan untuk pertama kalinya di Kenya. Jenis kelamin Lovebird Topeng sangat sulit dibedakan. Warna gelap yang mendominasi bagian wajah membuat jenis ini dinamakan Lovebird Topeng. Sedangkan tubuhnya didominasi oleh warna hijau dengan sapuan warna kuning di bagian dada.

8. Lovebird Batman

Dari namanya, bisa ditebak bahwa secara keseluruhan, burung ini mirip seperti tokoh rekaan Batman. Saat masih mudah, tidak seluruh tubuhnya didominasi warna gelap, melainkan ada sedikit abu-abu dan putih. Namun saat dewasa, tubuhnya akan sangat mirip dengan superhero Batman, karena sayapnya yang besar berubah menjadi berwarna hitam pekat.

9. Lovebird Madagaskar

Berbeda dengan lainnya, burung ini tidak dinamakan dari warna bulunya, melainkan dari tempat tinggalnya, yaitu Pulau Madagaskar. Dengan berat hanya 30 gram, Lovebird Madagaskar dinobatkan sebagai lovebird terkecil. Dihiasi warna hijau dan abu-abu, burung bertubuh mungil ini terlihat sangat menggemaskan.

10. Lovebird Nyasa

Salah satu keunikan jenis ini adalah mesikipun didominasi warna hijau, jika disilangkan dengan jenis lain akan menghasilkan warna baru menjadi Lovebird Biru dan Lovebird Lutino. Burung ini memiliki nama lain Lovebird Lilian.

11. Lovebird Abisinia

Kebalikan dari Lovebird Madagaskar, Janis Lovebird Abisinia merupakan lovebird dengan ukuran paling besar di antara jenis lainnya. Bulu tubuhnya didominasi warna hijau dan hitam dengan sedikit warna orange kemerahan pada bagian dahinya.

12. Lovebird Fischer

Inilah jenis yang cukup banyak ditemui di Indonesia. Burung yang dinamai dengan nama orang yang menemukannya pertama kali, yaitu Gustav Fischer, jenis lovebird yang satu ini memiliki kombinasi warna yang paling indah. Perpaduan antara warna kuning, hijau, orange, dan merah menjadikan burung yang berasal dari Afrika ini sangat menarik.

Cara Merawat Lovebird

Pada dasarnya, merawat lovebird yang memiliki habitat asli hutan Afrika ini relatif mudah, karena sifatnya yang mudah beradaptasi dengan segala cuaca. Dengan perawatan yang baik, si burung cinta ini akan semakin indah. Tiga hal penting dalam perawatan lovebird adalah pemilihan sangkar, perawatan harian, dan pemberian makanan.

1. Pemilihan Sangkar

Syarat pertama dalam membuat sangkar adalah harus berukuran cukup besar, agar lovebird bebas bergerak. Sangkar bisa berbentuk kotak maupun silinder. Untuk sangkar kotak, buatlah dengan ukuran 25 cm x 35 cm x 40 cm, sedangkan sangkar silinder bisa dibuat dengan ukuran diameter 40 cm dan tinggi 40 cm.

Buatlah sangkar dari besi atau logam lainnya untuk mengantisipasi kebiasaan lovebird yang suka mematuk benda-benda yang ada disekitarnya. Jika dibuat dari bambu atau kayu, sangat besar kemungkinan sangkar cepat rusak dan burung bisa kabur. Sediakan tempat bertengger dari kayu bulat, namun pastikan tidak ada bagian tajam yang berbahaya bagi burung.

2. Perawatan Harian

Perawatan lovebird sehari-hari juga sangat penting agar burung dapat tumbuh sesuai dengan yang diharapkan. Lakukan beberapa tips berikut ini:

Perawatan Pagi Hari:

  • Bawalah burung ke luar rumah selama 30 menit agar burung mendapatkan udara segar.
  • Mandikan burung dan pastikan seluruh tubuhnya basah karena itu akan membuat burung gacor.
  • Saat burung dimandikan, bersihkan kandang, periksa makanannya, dan ganti air minumnya. Jangan lupa, sediakan buah-buahan serta sayuran segar di sekitar kandang.
  • Setelah dimandikan, keringkan bulu burung dengan cara menjemurnyaselama setengah hingga 1 jam, di antara pukul 8 pagi sampai 11 siang.
  • Setelah dijemur, gantung sangkar di sekitar halaman rumah selama 10 menit sebelum dimasukkan ke dalam rumah. Periksa air minum kembali karena pasti sedikit menguap akibat terkena matahari.

Perawatan Sore Hari:

  • Pada siang hingga sore hari, putar suara master burung.
  • Jika diperlukan, burung dimandikan lagi di sore hari. Namun, mandi sore ini harus dilakukan dengan konsisten.
  • Periksa kembali persediaan makan dan air minum dalam sangkar.
  • Tutup kandang dengan sarung dan masukkan ke dalam rumah. Perdengarkan master suara hingga pagi menjelang.

3. Berikan Makanan yang Tepat

Makanan utama lovebird terdiri dari biji-bijian, buah, dan kangkung. Berikan setiap jenis makanan tersebut dengan porsi yang tepat. Jika akan diikutkan dalam lomba, seminggu sekalli berikan multivitamin yang dicampurkan ke dalam air minum. Perhatikan beberapa hal penting dalam pemberian makanan lovebird, yaitu:

  • Untuk lovebird anakan, berikan makanan harian dengan komposisi milet putih, beras merah, dan biji kenari dengan perbandingan 5:2:1. Setiap dua minggu sekali, berikan jagung muda dan cacahan daun kangkung. Makanan tambahan tidak diperlukan oleh burung anakan. Cukup berikan makanan yang wajar agar pertumbuhannya juga natural.
  • Untuk lovebird dewasa, makanan harian yang diberikan terdiri dari milet putih, milet merah, dan biji kenari dengan perbandingan 2:1:2. Lovebird dewasa membutuhkan makanan tambahan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kwaci agar lovebird cepat bertelur, wortel dan sawi agar burung memiliki warna bulu yang indah.
  • Jenis makanan tambahan yang sering diberikan untuk lovebird adalah kecambah atau tauge, kwaci, apel merah, dan kangkung. Kecambah atau tauge dan apel merah mengandung nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan stamina. Kwaci biji bunga matahari diberikan jika lovebird sedang mengalami drop birahi, begitu juga kangkung, karena kangkung akan membuat lovebird muda cepat birahi sehingga memiliki gacor yang sangat bagus.
  • Makanan yang tidak boleh diberikan untuk lovebird: alpukat, susu, cokelat, kopi, makanan berlemak tinggi, makanan berminyak, dan navy bean. Pemberian makanan-makanan ini akan menyebabkan obesitas atau keracunan.

Makanan Lovebird Biar Gacor

Keindahan warna bulu dan merdunya kicauan adalah dua hal yang membuat lovebird sangat dicari. Semakin indah warna dan semakin merdu kicauannya, harganya pun semakin mahal. Apalagi, peminat kontes burung betina lovebird pun semakin meningkat tiap tahunnya.

Supaya si burung cinta mau berkicau lama dan dengan suara nyaring, dibutuhkan perawatan khusus, terutama dalam hal pemberian makanan. Apa saja makanan yang diperlukan supaya burung lovebird gacor lebih lama?

1. Milet

Milet merupakan salah satu makanan pokok yang harus diberikan setiap hari untuk lovebird. Selain lovebird, milet juga disukai oleh beberapa jenis burung lain, seperti kenari dan blackthroat. Milet putih bersifat netral, sedangkan milet merah berfungsi menjaga kestabilan birahi lovebird. Anda bisa memberikan keduanya secara terpisah atau dengan mencampurnya.

2. Biji Kenari

Biji kenari merupakan makanan andalan untuk membuat lovebird gacor lebih lama. Manfaat pemberian biji kenari pada lovebird adalah untuk memperbaiki suara burung yang semula serak menjadi nyaring kembali. Selain itu, biji kenari juga bermanfaat untuk menambah stamina, menyegarkan tubuh.

Pilhlah biji kenari yang sudah tua, berikan dalam porsi secukupnya saja, dan sesekali dicampur dengan milet. Makanan yang satu ini juga bisa membuat lovebird yang semula mogok makan mau membuka paruhya. Bukan hanya lovebird, biji kenari juga menjadi salah satu pakan favorit berbagai jenis burung.

3. Biji Oat atau Haver

Pemberian biji oat pada lovebird, terutama yang sedang sakit, memiliki banyak manfaat. Kandungan protein, kalori, dan karbohidratnya sangat baik bagi tubuh. Biji oat juga membuat burung tidak stres, memperbaiki pertumbuhan bulu, menghindarkan kulit dari iritasi, menjaga pencernaan, mencegah kolesterol, dan mempercepat pertumbuhan anakan.

4. Jagung Manis

Kandungan vitamin B dan C, crypthoxanthin dan beta karoten dalam jagung sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, penglihatan, dan otot lovebird. Sebelum diberikan kepada burung, hancurkan jagung lebih dahulu dengan mesin pembersih biji-bijian yang sekaligus bisa membuang kotoran dan bahan yang bisa membahayakan pencernaan burung.

Dengan  semua kelebihan yang dimilikinya, memelihara burung lovebird tidak hanya berguna untuk menyalurkan hobi, tetapi juga bisa menjadi sumber rezeki. Latihlah sesering mungkin, lakukan perawatan yang seharusnya. Jangan lupa untuk memberikan jenis-jenis makanan lovebird biar gacor lebih lama dan merdu seperti yang telah diuraikan di atas.

   

     

Promo Pelanggan baru