manfaat-sosis-solo

Cara Membuat dan Manfaat Sosis Solo

Sosis adalah satu diantara kudapan yang populer di seluruh dunia. Sosis di produksi dari daging halus yang di kombinasi dengan campuran rempah-rempah yang di masukkan ke dalam usus hewan maupun bermacam-macam pembungkus lain.

Ada beberapa model sosis yang didasarkan pada komposisi utama nya, contohnya sosis sapi, sosis ikan, sosis ayam, sosis sayur, sosis kambing, dan lain-lain. Kata Sosis berasal dari aksen “Salsus” yang dalam kaidah Latin mengandung arti sebagai sebuah makanan yang diawetkan. Berdasarkan sejumlah catatan sejarah, olahan makanan Sosis diduga awalnya di buat oleh suku Sumeria kurang lebih pada abad 3 sebelum masehi.

Pada literarur kuno yang disimpan di Yunani, di ceritakan ketika itu orang-orang Sumeria yang saat ini merupakan wilayah Irak akan mengalami musim sulit, sehingga penduduk Sumeria mencoba untuk mencari jalan supaya dapat menyimpan cadangan komposisi pangan, khususnya daging. Kemudian mereka berhasil mengubah daging menjadi bentuk makanan siap saji yang dikenal sosis.

Bumbu sosis ini kemudian di tiru oleh berbagai bangsa masa itu dengan cita rasa mereka sendiri. Contohnya Sosis Bologna berasal dari wilayah Bologna di Italia Utara, selanjutnnya Sosis Lyon berasal dari kota Lyon di Prancis, dan Sosis Berkshire yang lahir di negara Britania Raya. Dalam pembuatan sosis, ada sejumlah langkah-langkah yang perlu di lakukan, diantaranya adalah:

Penyiapan Formula Sosis serta Perlengkapannya

Resep sosis tergantung dari jenis daging atau bahan dasar yang akan di buat, periksa komposisi yang Anda gunakan adalah bahan yang benar-benar fresh supaya konsumen tidak kecewa.

Sementara itu kefreshan bahan utama akan sangat mempengaruhi citra dari sosis yang akan Anda buat. jika Anda tertarik membuat sosis ayam, maka komposisi nya antara lain:

  • Daging bebek kurang lebih 500 gr
  • Tepung sagu kira-kira 50 gr
  • Susu skim kira-kira 50 gr

Pembungkus secukupnya. Pada Zaman dulu pelapis adonan berasal dari usus sapi atau domba dan Babi, bisa juga komposisi lain yang layak di buat untuk kebutuhan lapis-melapisi, seperti serat sellulosa, kolagen, dan plastik. Selongsong atau bagian luar sosis ini dapat di dapat di toko-toko di sekitar rumah Anda.

Bumbu sosis mencakup garam dapur sesuai selera, gula pasir sesuai selera biasanya 30gr, lada merica (10gr), bawang putih (10gr), lemak ayam secukupnya biasanya 100gr, garam nitrat (1gr), minyak goreng (50gr), cuka (20ml), penyedap rasa secukupnya, jahe serta pala (3gr), pengenyal phosmix Mp untuk bakso/sosis 1/2sdt, dan es batu sebanyak 200gr.

Sementara perlengkapan dapur yang wajib di sediakan diantaranya adalah: alat masak, seperti panci, baskom, pengukus, dsb, mesin peng giling (blender) daging, dan mesin pengisi sosis (filling sosis) agar proses produksi lebih cepat.

Cara Pembuatan Sosis

Daging yang sudah bersih, di potong-potong kemudian di giling dengan mesin penghalus khusus daging. Kala proses tersebut ber berjalan, masukkan juga garam, garam nitrat, phosmix MP, serta separuh bagian es batu. Kemudian, campurkan pula susu skim, tepung sagu, dan bumbu-bumbu.

Sisa es batu lainnya di masukkan lagi ke mesin penggiling supaya menghasilkan adonan yang cukup kenyal. Aduk terus agar adonan menyatu. Kemudian sebelum langkah pengadukan diakhiri, masukkan minyak goreng ke dalam adonan. Langkah berikutnya ialah mendiamkan adonan supaya agak dingin.

Tahapan ini berlangsung selama 15 menit. Setelah adonan lumayan dingin, selanjutnya adonan dibungkus ke dalam selongsong (casing). Langkah mem asukkan adonan sosis ke dalam selongsong yang berwujud pipa tersebut dapat di kerjakan secara manual atau dengan alat filling sosis yang dapat Anda pesan di Ramesiamesin.com.

Setelah Proses pengemasan sosis berakhir, Proses lebih lanjut yaitu pengukusan. Rebus sosis ke dalam air mendidih yang ber themperatur stabil 60 ° -70 ° C selama 50 menit. Jika Tahapan pengukusan telah berakhir, maka sosis telah siap di bungkus lagi untuk dipasarkan serta di simpan di lemari pendingin.

Langkah Marketing Produk

Proses pemasaran sosis ini bisa kita lakukan dengan mengunjungi ke toko-toko swalayan, atau ke pelanggan secara langsung.

Selain itu, Anda juga dapat mengolah nya sebagai kudapan siap santap contohnya sosis goreng, sosis bakar, serta sosis gulung mie. Supaya mampu ber kompetisi dengan sosis yang serupa, maka kelezatan rasa jadi kunci suksesnya.

Sejumlah pengusaha lokal mencampur komposisi lain, contohnya jamur tiram, kentang dan sayur-sayuran ke dalam adonan sosis jadi diperolehlah sosis jamur tiram, sosis kentang serta sosis sayuran. Langkah tersebut dilakukan dengan harapan menarik pelanggan. Demikanlah sekilas tentang peluang bisnis rumahan pengolahan sosis. Semoga bermanfaat.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru