Menu Buka Puasa – 20 Rekomendasi Pilihan

Menu buka puasa – buka puasa, adalah saat di mana para umat muslim dan muslimat membatalkan ibadah puasa yang mereka lakukan pada hari itu, pada magrib tiba. Selain niat berpuasa yang sudah dilakukan pada awal dan beberapa rukun puasa yang dilakukan lainnya, saat berbuka puasa juga menjadi salah satu rukun yang harus dilakukan para umat muslim dan muslimat.

Tidak sah puasa yang seorang muslim lakukan, jika dia tidak segera membatalkan atau berbuka puasa pada waktu yang tepat. Saat berbuka puasa sebenarnya adalah saat-saat yang umat muslim dan muslimat tunggu-tunggu. Berbagai jenis makanan, takjil dan minuman disediakan untuk menyambut berbuka puasa.

Nah, untuk memberikan Anda ide dan jenis-jenis makanan apa saja yang baik untuk berbuka puasa, kami akan memberikan Anda beberapa rekomendasi menu buka puasa yang baik, dan pastinya lezat untuk Anda. Tetapi harus tetap diingat, sebelum menyantap menu buka puasa ini, Anda harus membaca doa berbuka puasa dulu, ya!

Waktu memang berjalan diluar kendali kita, dan tidak terasa berjalan sangat cepat, tidak terasa kita sudah menyambut bulan puasa lagi. Bulan Ramadhan, adalah bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Amalan, doa, dan aktivitas sehari-hari di bulan Ramadhan akan besar pahala nya, dibanding dengan hari biasa diluar bulan Ramadhan.

Hal-hal yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan, biasanya seperti niat puasa, sahur, sholat, dzikir, buka puasa dan lain sebagainya. Selain mengamalkan rukun-rukunnya, Anda juga harus mempersiapkan fisik yang baik untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk itulah Anda harus memperhatikan asupan gizi saat menyiapkan menu buka sahur dan menu buka puasa.

Selain makanan, minuman pun harus Anda perhatikan kandungan gizinya, itu semua untuk menjaga asupan gizi untuk tubuh Anda. Jangan hanya mempentingkan kesegaran nya saja, tetapi gizi yang ada di dalam nya, seperti menambahkan buah pada minuman. Apa Anda sudah tahu, apa saja tips membuat menu buka puasa yang sehat dan praktis? Jika Anda belum tahu, berikut kami berikan tips membuat menu buka puasa yang sehat dan praktis untuk Anda.

Tips Membuat Menu Buka Puasa yang Sehat dan Praktis

Sebelum kita masuk ke rekomendasi menu buka puasa, kita harus tahu terlebih dahulu apa saja tips untuk membuat menu buka puasa Anda sehat dan pastinya praktis. Dengan mengetahui tips ini, diharapkan nantinya Anda lebih mudah dan mengerti apa saja yang harus dilakukan untuk menyiapkan menu buka puasa. Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah tips-tips nya:

  • Saat pertama kali minum untuk berbuka puasa, usahakan minuman dalam keadaan hangat. Karena tubuh setiap manusia memang dasarnya bersuhu hangat, jadi disaat berbuka dengan meminum minuman hangat, tubuh tidak perlu beradaptasi lagi.
  • Konsumsi makanan yang mempunyai cita rasa manis alami. Rasa manis alami yang dimaksud adalah rasa manis yang berasal dari alam, bukan berasal dari rasa manis gula buatan ataupun syrup. Cita rasa manis alami biasanya dapat Anda temukan di kurma atau buah, yang nantinya akan mengembalikan energy yang hilang pada siang hari.
  • Hindari berbuka dengan makanan yang mengandung banyak minyak, seperti gorengan dalam jangka waktu yang lama. Makanan ataupun cemilan yang digoreng memang mengundang selera, tetapi jika berbuka dengan mengkonsumsi gorengan, nantinya akan menganggu kesehatan tenggorokan kita sendiri.
  • Hindari berbuka puasa dengan meminum minuman yang mengandung soda ataupun kopi. Ini berlaku untuk semua orang, terutama untuk Anda yang mempunyai sakit maag, hal ini benar-benar harus dihindari.
  • Berbuka puasa lah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan serat yang tinggi. Hal ini dikarenakan, makanan yang mengandung kabohidrat dan serat yang tinggi akan membuat Anda tidak cepat lapar.
  • Patut diingat juga, jangan makan dan minum secara berlebihan, secukupnya saja.
  • Hal yang paling utama yang patut Anda ingat adalah, harus membaca doa terlebih dahulu sebelum Anda berbuka puasa.

Nah, setelah Anda tahu tips-tips menu buka puasa. Selanjutnya kita akan membahas hal utama dalam artikel ini, yaitu beberapa rekomendasi menu buka puasa. Menu buka puasa biasanya banyak macamnya, seperti dari resep daging sapi, ayam, telur dan lain sebagainya. Dengan mencoba berbagai macam menu buka puasa, Anda akan tidak akan merasa bosan.

Yang paling penting dari menu buka puasa, adalah makanan dan minuman tersebut harus sehat dan memiliki gizi yang tinggi. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa rekomendasi menu buka puasa untuk Anda. Simak dengan seksama, ya!

Rekomendasi Menu Buka Puasa

  1. Kurma Ditemani Segelas Teh Hangat

menu buka puasaBerbuka puasa memang tidak afdol jika tidak menyantap 3 atau 4 butir kurma, apalagi ditambah dengan segelas the hangat untuk menghilangkan rasa haus sehari berpuasa. Kandungan gula alami yang berasal dari makanan dan minuman tersebut, akan mengembalikan energy Anda untuk kegiatan selanjutnya.

  1. Kolak Biji Salak

Kolak biji salak bisa Anda jadikan bahan menu takjil untuk berbuka puasa. Makanan yang satu ini sudah terkenal enak dan sehat, karena mengandung karbohidrat dan terbuat dari ubi, yang nantinya akan memberikan Anda tenaga yang dibutuhkan. Perpaduan rasa yang manis dan gurih santan, akan membuat Anda ketagihan untuk menyantap nya, sehingga pas untuk dijadikan makanan pembuka.

  1. Bubur Sumsum

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Bubur sunsum memang menjadi salah satu makanan untuk berbuka puasa yang banyak disukai. Tekstur dari makanan yang satu ini lembut dan memiliki cita rasa gurih santan, ditambah dengan manisnya saus gulanya. Kombinasi dari semua itu, membuat bubur sunsum menjadi menu buka puasa yang pas untuk berbuka.

  1. Pancake

Pancake bisa menjadi salah satu menu buka puasa yang pas, itu dikarenakan pancake mengandung protein dan kabohidrat, yang bagus untuk kebutuhan tubuh saat berbuka puasa. Selain kandungan nya yang baik untuk tubuh, untuk membuat makanan yang satu ini pun terbilang praktis dan sederhana.

  1. Es Kelapa Muda

Siapa yang tidak pernah berbuka puasa dengan minuman yang satu ini? Pasti nya semua orang sudah mencoba berbuka puasa dengan es kelapa muda. Selain menyegarkan, ternyata es kelapa muda juga menyehatkan. Itu dikarenakan minuman ini dibuat dari air kelapa asli, yang akan mengembalikan ion tubuh Anda selama puasa seharian.

Ada beberapa macam es kelapa muda yang bisa Anda buat dirumah, diantaranya seperti es kelapa muda gula merah, kelapa muda kopyor dan masih banyak lagi.

  1. Nasi Goreng

Pasti Anda semua sudah tahu dengan makanan yang satu ini. Yap, makanan yang satu ini memang bisa dijadikan menu buka puasa yang praktis dan sehat. Memang, tidak bisa dipungkiri jika kita warga Indonesia, tidak lengkap jika tidak makan menggunakan nasi. Nasi memang menjadi makanan yang sering digunakan warga Indonesia, untuk menghilangkan rasa lapar. Selain mengenyangkan, Anda bisa menambahkan berbagai makanan lain, seperti bakso, daging ayam goreng, sosis, udang untuk menambah gizinya.

  1. Sop Ayam

Menu makanan yang satu ini memang paling komplit, itu dikarenakan tidak hanya lezat dan enak, tetapi makanan ini juga mengandung gizi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan tidak sedikit diantara kita, yang menggunakan makanan yang satu ini untuk menyembuhkan sakit flu ringan.

Kuahnya yang gurih dan lezat, memang pas sekali untuk dijadikan santapan, apalagi ditemani dengan nasi putih. Banyak kandungan yang menyehatkan dalam makanan ini, diantaranya seperti vitamin, mineral, protein dan lainnya yang bisa Anda dapatkan.

  1. Sayur Bayam

Sayur bayam memang mengandung gizi yang baik untuk kesehatan kita, seperti zat besi dan vitamin, sehingga ketika Anda berbuka dengan makanan ini, Anda akan mendapatkan kesegaran tubuh Anda kembali. Selain menyehatkan, untuk membuat sayur bayam pun terbilang mudah. Anda bisa membuat sayur bayam bening, atau juga bisa ditambah dengan santan.

  1. Resep Capcay Kuah

Dengan memadukan udang, ayam, kuah kental dan bermacam sayuran di dalam makanan ini, dijamin akan mengembalikan kondisi tubuh Anda. Apalagi setelah berpuasa seharian, dimana tidak makan dan minum, makanan yang satu ini pas sekali untuk dijadikan menu buka puasa yang sehat dan bergizi. Untuk membuat makanan yang satu ini tidak terlalu sulit, Anda cukup mencampurkan bahan-bahan dan bumbu, setelah itu dimasak dengan menggunakan kompor.

  1. Resep Sop Ceker

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak meragukan lagi, kelezatan dan kandungan gizi dalam makanan ini. Selain menyehatkan, ternyata untuk membuat makanan yang satu ini terbilang mudah, dan pas sekali untuk dikonsumsi saat bulan Ramadhan. Di dalam makanan ini, Anda bisa menambahkan beraneka sayuran untuk menambah nutrisi dan vitaminnya.

  1. Opor Ayam

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan makanan berkuah kuning satu ini. Yap, opor ayam bisa dijadikan salah satu menu buka puasa yang lezat dan enak, untuk disantap seluruh keluarga. Kandungan gizi yang terdapat pada opor ayam, akan memenuhi kebutuhan gizi Anda setelah seharian berpuasa.

Tetapi, untuk Anda yang mempunyai penyakit maag, jangan mengkonsumsi makanan ini terlebih dahulu, lebih baik diberi jeda waktu untuk makanan cemilan sehat yang lain sebelum memakan makanan ini.

  1. Opor Telur

Makanan yang satu ini memang mempunyai bumbu yang sama seperti opor ayam, tetapi dengan bahan utama yang berbeda. Jika opor ayam dibuat dengan bahan utama ayam, sedangkan opor telur dibuat dengan bahan utama telur. Karena bahan utama nya adalah telur, berarti kandungan gizi yang terdapat pada makanan ini sudah tidak usah dipertanyakan lagi. Apalagi jika Anda kombinasikan dengan kentang, ayam, wortel atau bahan sehat lainnya, pasti makin tambah lezat dan menyehatkan.

  1. Sayur Lodeh

Walau makanan yang satu ini terkesan sederhana, tetapi masih bisa dijadikan menu buka puasa Anda di rumah. Apalagi ditambah dengan cara pembuatan nya yang mudah dan sederhana, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang banyak untuk membuat makanan ini. Sayur lodeh memang lebih mantap jika dimakan bersamaan dengan ayam goreng, atau tempe goreng.

  1. Pepes Ayam

Makanan yang satu ini patut Anda coba untuk berbuka puasa dengan keluarga. Dengan Anda mengkonsumsi makanan ini, berarti Anda akan mengurangi kolesterol yang terdapat pada masakan yang digoreng. Selain dapat dijadikan menu buka puasa yang lezat, pepes ayam juga bisa Anda jadikan menu sahur.

  1. Ayam Rica-rica

Setelah Anda mengkonsumsi takjil dan sholat tarawih berjamaah, tidak ada salah nya Anda menyicipi makanan yang satu ini, apalagi Anda adalah orang yang suka dengan masakan yang pedas. Cita rasa pedas dari bumbu rica dipadukan dengan gurih nya cita rasa ayam, membuat makanan ini pantas untuk dijadikan menu buka puasa bersama keluarga. Tetapi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan ini saat sahur.

  1. Soto Ayam

Dengan mendengar nama nya saja, Anda pasti sudah tahu bagaimana kelezatan dari masakan yang satu ini. Kuah soto ayam berwarna kuning cerah, dengan cita rasa yang gurih dan lezat. Selain bisa dijadikan menu buka puasa yang lezat, masakan ini juga bisa Anda jadikan sebagai menu sahur.

  1. Sambal Goreng Kentang

Masakan yang satu ini memang sederhana, tetapi bisa Anda jadikan pilihan dan inspirasi untuk menu buka puasa bersama keluarga tercinta. Apalagi cara membuat sambal goreng kentang sangat mudah dan sederhana, pantas untuk dijadikan menu berbuka yang lezat. Jika masakan ini tidak habis dimakan saat berbuka, Anda bisa menghangatkan nya lagi untuk dijadikan menu sahur.

  1. Soto Betawi

Waktu berbuka puasa memang adalah waktu yang spesial dan ditunggu-tunggu. Oleh karena itu, Anda pasti menginginkan menu berbuka yang enak dan lezat, bukan? Nah, menu berbuka yang lezat selanjutnya adalah soto betawi. Soto betawi memang sudah terkenal lezat, kuahnya yang gurih dan kental ditambah dengan cita rasanya yang mantap, pasti akan mengembalikan semangat Anda setelah seharian berpuasa.

  1. Rendang Daging

Ada banyak variasi masakan yang terbuat dari daging sapi untuk dijadikan menu berbuka puasa, dan salah satunya adalah masakan yang satu ini. Rendang daging adalah salah satu masakan yang paling enak dan lezat. Selain enak dan lezat, rendang daging juga mempunyai kandungan gizi dan protein yang bagus untuk kesehatan.

Apalagi Anda menkonsumsi rendang daging dengan ditemani oleh nasi hangat, pastinya akan menambah kelezatan dari masakan ini. Jadi, menu berbuka yang satu ini memang pasa untuk Anda jadikan sebagai menu berbuka puasa.

  1. Rawon

Selain rendang daging yang berbahan utam daging, adalagi masakan yang terbuat dari daging, yaitu adalah rawon. Rawon atau lebih kerennya disebut black soup ini, adalah salah satu masakan berbahan daging yang pas untuk dijadikan menu berbuka puasa. Kuah rawon yang lezat dan kental, membuat masakan ini pas sekali untuk dinikmati bersamaan dengan nasi putih yang hangat.

Untuk membuat rawon yang lezat, terletak di kluwak yang dipakai. Kluwak yang dipakai tidak boleh pahit dan harus matang.

Nah, bagaimana? Apa Anda sudah mendapatkan menu buka puasa yang pas untuk keluarga nanti? Penulis sendiri lebih menyukai rendang, karena selain mengenyangkan, masakan tersebut mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

Demikian artikel tentang menu buka puasa. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda bisa mendapatkan inspirasi menu berbuka puasa untuk keluarga nantinya. Terima kasih telah membaca dan selamat memilih!

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru