Sejarah dan Potensi Bisnis Es Krim yang Menggiurkan

peluang usaha bisnis es krim yang menggiurkan

Siapa yang tidak mengenal es krim? Lebih penting lagi, siapa yang tidak menyukai es krim kecuali orang yang sakit? Es Krim merupakan makanan kesukaan banyak orang. Mirip dengan cokelat yang juga nyaris disukai semua orang.

Makanan yang dingin dan manis ini lebih disukai lagi oleh anak-anak. Tetapi apakah Anda kenal keuntungan, kimia, dan sejarah di balik pembuatan es krim? Mari kita ulas.

Kimia dari Es Krim

Es krim berasal dari bahasa inggris yaitu ice cream. Kata “ice cream” sendiri memiliki asal, yakni iced cream. Kalau diperhatikan, maka iced cream bermakna krim yang dibekukan. Memang biasanya bahan baku utama es krim adalah susu.

Lalu susu krim ini dicampur buah-buahan atau perisa lainnya. Di samping itu es krim juga ditambahkan pemanis seperti sirup jagung, sukrosa, dan beberapa macam pemanis lainnya.

Sejarah Es Krim

Sebelum kita melihat es krim yang serupa saat ini, manusia telah memakan es krim sejak masa pra sejarah. Tapi es krim yang dikonsumsi bukanlah es krim sebetulnya, melainkan salju yang dikombinasikan dengan bermacam-macam bahan makanan lainnya.

Semisal pada abad ke-5 sebelum masehi, Hippocrates menyarankan pasiennya untuk mengkonsumsi salju yang dikombinasikan dengan buah dan madu. Di tempat lain, yakni Cina, campuran antara susu dan nasi beku digunakan pada waktu 200 sebelum masehi.

Perkembangan es krim hingga menjadi es krim yang seperti sekarang ini terjadi dari abad ke-16 hingga 19. Es krim kemudian menyebar di penjuru dunia berlangsung waktu abad ke-20-an. Yaitu ketika kulkas jadi hal yang biasa.

Pada waktu itu berlangsung ledakan toko es krim dengan bermacam-macam jenis dan rasa. Satu di antaranya yakni Baskin-Robbins, yang tetap hidup sampai saat ini. Bisnis itu menciptakan 31 macam es krim. Sekarang, mereka mempunyai kurang lebih seribu variasi.

Es Krim Zaman Ini

Salah satu inovasi penting pada es krim waktu abad ke-20 ialah diciptakannya soft-served ice cream. Soft-served ice cream adalah es krim yang mempunyai lebih banyak udara. Oleh karena itu es krim ini lebih lembut bila dibandingkan es krim pada umumya. Es krim ini menjadi pilihan lainnya di samping es krim keras.

Baca juga  Membuka Usaha Sosis Otak-otak

Sebelum perkembangan freezer modern, es krim lumayan susah didapatkan dan langka. Ini dikarenakan es krim umumnya cuma bisa didapatkan waktu musim salju atau di tempat yang benar-benar bersuhu dingin.

Di abad ke-19 dan awal abad ke-20 pemrosesan es krim dilaksanakan dengan freezer-freezer khusus. Saat ini produksi es telah memakai mesin. Mesin es krim umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang dipakai untuk memproduksi hard-served ice cream dan yang untuk membuat soft-served ice cream. Salah satu mesin tersebut dapat didapatkan di Ramesia Mesin.

Potensi Usaha Es Krim

Tidak cuma produknya saja yang enak. Potensi peluang usaha es krim juga cukup menggiurkan. Mirza Akbar mendirikan Yogya Ice Cream pada April 2008. Pada saat itu dia masih berumur 20 tahun dan adalah mahasiswa semester 4.

Waktu mendirikannnya Mirza mendapatkan modal 40,7 juta dari kedua orang tuanya. Modal itu ia dapatkan dengan syarat ia tak menerima uang saku bulanan lagi setelah. Kemudian dia memulai usaha es krim dengan menggunakan tenda dengan biaya sewa 300.000 rupiah setiap tahun.

Saat ini Yogya Ice Cream mempunyai tak kurang 120 freezer yang tersebar di pelbagai resto di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu Yogya Ice Cream membukukan omset 300 juta rupiah setiap bulan bahkan bisa lebih.

Itulah sekilas info pembahasan peluang usaha es krim. Bila Anda hendak berbisnis dan suka bisnis yang produknya enak dikonsumsi & sudah mempunyai pasar yang luas, berarti usaha es krim ini adalah keputusan yang bagus.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares