usaha grosir modal kecil

25 Contoh Peluang Usaha Modal Kecil di Sekitar Anda, Salah Satunya Pasti Cocok

Banyak orang yang ingin berwirausaha, tetapi bingung memulainya. Biasanya, kebingungan ini disebabkan keterbatasan modal dan anggapan bahwa untuk membuka sebuah usaha dibutuhkan modal besar. Padahal, banyak usaha modal kecil yang bisa dipilih.

Uang bukan satu-satunya modal untuk mulai berbisnis. Keahlian, relasi, bahkan hobi bisa menjadi modal penting. Asalkan Anda memilih usaha yang tepat dan menjalankannya dengan serius, usaha modal kecil seperti di bawah ini pun bisa diandalkan sebagai sumber penghasilan.

1. Warung Khusus Sarapan

usaha modal kecil di desa

Di kota-kota besar, para pegawai dan anak sekolah sering kali harus sudah meninggalkan rumah sejak dini agar tak terjebak macet. Akibatnya, para ibu yang juga bekerja tidak sempat menyiapkan sarapan. Hal ini merupakan peluang untuk membuka usaha menu sarapan.

Ada banyak jenis sarapan yang bisa Anda buat, seperti bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, dan lontong sayur. Anda bisa menyediakan beberapa pilihan tersebut sekaligus atau fokus pada satu macam menu saja. Sesuaikan juga dengan kebiasaan dan makanan khas daerah setempat.

Membuka warung sarapan tergolong usaha modal kecil karena tidak perlu menyewa tempat atau membeli peralatan. Anda bisa memanfaatkan teras rumah dan peralatan memasak yang sudah ada. Modal hanya diperlukan untuk berbelanja bahan makanan, minyak goreng, dan gas.

2. Kue Kering

usaha modal kecil tapi menguntungkan

Kue kering merupakan salah satu produk kuliner yang cocok dijadikan usaha karena makanan ini relatif awet sehingga kerugian bisa diminimalkan. Hal ini berbeda dengan kue basah yang mudah basi sehingga potensi kerugiannya lebih besar jika kue tidak terjual dalam waktu cepat.

Usaha kue kering ini juga termasuk usaha modal kecil karena bisa dijalankan dengan mengandalkan peralatan yang ada. Yang terpenting adalah kreativitas Anda dalam menciptakan tampilan kue yang menarik dan varian rasa yang membuat orang penasaran.

Sebagai permulaan, Anda bisa membuat kue kering dalam jumlah terbatas lebih dahulu, misalnya satu atau dua stoples kecil. Tawarkan kepada tetangga, teman di tempat kerja, atau saudara. Jika target pasar sudah didapat Anda bisa mengembangkannya.

3. Aneka Minuman

modal usaha kecil an

Usaha aneka minuman juga tak kalah menarik. Untuk modal terbatas, Anda bisa memanfaatkan bubuk minuman sebagai bahan baku utama. Hanya bermodalkan blender dan es batu, Anda sudah bisa membuat aneka minuman segar yang praktis dan cepat.

Jika memiliki modal dan keterampilan lebih, Anda bisa juga mencoba membuat minuman kekinian yang sedang digemari, misalnya thai tea, bubble drink, cappuccino cincau, milkshake, dan masih banyak lagi.

4. Warung Kopi

usaha modal kecil bidang kuliner

Anda dan tetangga sekitar sering berkumpul menikmati kopi bersama? Kebiasaan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha, lo. Manfaatkan halaman, teras, atau atau ruang tamu untuk dijadikan warung kopi. Anda hanya perlu menambahkan beberapa meja dan kursi.

Meski namanya warung kopi, untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda juga bisa menyediakan aneka minuman lainnya yang mudah dibuat. Selain itu, tentu saja warung kopi akan lebih disukai jika dilengkapi aneka makanan, seperti roti bakar, gorengan, atau mi rebus.

5. Jasa Jahit Pakaian

usaha modal kecil buat anak muda

Jangan sia-siakan keterampilan Anda dalam menjahit busana. Meskipun sekarang produk pakaian membanjiri mal dan butik, tak perlu khawatir. Akan selalu ada pelanggan yang membutuhkan jasa tukang jahit untuk membuat pakaian baru atau memermak baju.

Ada beberapa alternatif cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan usaha ini. Anda bisa membuka usaha jahit di rumah atau menjajakan jasa menjahit dengan cara berkeliling kampung atau kompleks perumahan untuk menjaring konsumen lebih banyak.

6. Sayuran Segar

bisnis usaha modal kecil

Bagi sebagian orang, pergi ke pasar hanya untuk membeli sayuran dirasa terlalu menghabiskan waktu, apalagi jika letaknya cukup jauh. Sayuran yang didapat pun belum tentu bagus dan segar. Kehadiran penjual sayuran segar pasti akan mendapat respons yang baik.

Bagi Anda yang jeli, masalah yang dihadapi para ibu tersebut bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha modal kecil yang menguntungkan. Anda cukup berbelanja sayuran di pasar besar, kemudian menjualnya dengan cara membuka lapak depan rumah atau berkeliling.

7. Warung Mi Ayam

usaha modal kecil cepat berkembang

Makanan-makanan yang menjadi kegemaran banyak orang adalah produk yang memiliki peluang besar mendatangkan keuntungan. Salah satu yang bisa dicoba adalah mi ayam. Supaya menarik, buatlah kreasi yang membedakan mi ayam buatan Anda dengan lainnya.

Contoh kreasi yang bisa dicoba adalah menggunakan mi aneka warna-warni, mengganti ayam kecap dengan ayam serut, ayam goreng crispy, atau sayap ayam, Anda juga bisa menambah bahan pelengkapnya selain bakso dan pangsit, misalnya jamur dan cakwe.

8. Jajanan Kaki Lima

usaha modal kecil cepat untung

Orang Indonesia terkenal dengan hobi jajannya. Itu sebabnya, segala macam jenis kuliner yang ada selalu diserbu pembeli. Manfaatkan peluang ini untuk membuka usaha jajanan kaki lima. Meski kelihatannya sepele, usaha modal kecil ini bisa menghasilkan omzet jutaan rupiah, lo.

Untuk menu jajanannya sendiri banyak sekali yang bisa Anda pilih karena Indonesia sangat kaya akan kuliner khasnya. Agar tak salah pilih, lakukan pengamatan atau survei kecil untuk mengetahui camilan yang paling diminati di tempat Anda akan membuka usaha.

9. Jus Buah

usaha modal kecil di kota

Negara tropis seperti Indonesia dianugerahi buah-buahan yang melimpah dan beraneka jenis. Bila tiba musimnya, buah-buahan ini bisa didapat dengan mudah dan murah. Menjual jus buah adalah ide yang tepat untuk memulai usaha modal kecil milik Anda sendiri.

Anda membutuhkan modal untuk membeli peralatan, yaitu blender dan cup sealer. Kedua alat ini tersedia di pasaran dengan beragam jenis dan harga sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Bahkan, agar lebih hemat, Anda bisa membeli cup sealer bekas.

10. Cetak Foto dan Stiker

usaha modal kecil di kota besar

Punya komputer dan printer di rumah? Jangan biarkan menganggur, manfaatkan untuk mendapatkan tambahan pendapatan. Salah satu caranya adalah dengan membuka usaha modal kecil berupa jasa print foto dan stiker.

Usaha ini bisa dijalankan di rumah jika lokasi tempat tinggal Anda cukup ramai atau terletak di lingkungan kantor, kampus, atau sekolah. Jika tidak, akan lebih baik jika Anda mencari tempat yang lebih strategis. Lengkapi dengan kamera jika memungkinkan.

11. Makanan Ringan Kemasan

usaha di rumah modal kecilUsaha ini termasuk yang memiliki prospek bagus karena pangsa pasarnya sangat luas, terlebih lagi jika Anda bisa membuat beberapa jenis makanan ringan sekaligus. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun menjadi pasar yang potensial.

Dengan modal terbatas, Anda harus pandai-pandai memilih bahan baku yang harganya murah dan mudah didapat di sekitar. Anda bahkan bisa menghemat lagi dengan memanfaatkan hasil kebun sendiri, misalnya pisang atau singkong.

12. Berjualan dengan Sistem Dropship

usaha di mall modal kecil

Usaha modal kecil juga bisa dijalankan dengan memanfaatkan modal yang sudah Anda miliki berupa gawai dan kuota internet. Caranya adalah dengan menjadi reseller produk lain dengan sistem dropship. Dengan cara ini, Anda bisa berjualan tanpa harus menyetok barang.

Pilihlah produk yang mudah laku, misalnya makanan, pakaian, atau peralatan rumah tangga, lalu carilah supplier yang memberikan keuntungan lebih. Setelah mendaftar, tugas Anda adalah berpromosi di media sosial. Jika ada transaksi, barang akan dikirim langsung oleh supplier.

13. Aksesori Wanita

usaha modal kecil franchise

Tidak semua orang memiliki cita rasa seni dan kemampuan memadu-padankan aneka batuan, logam, dan bahan lainnya menjadi pernak-pernik cantik. Oleh karena itu, kreativitas dalam menciptakan perhiasan wanita adalah modal yang besar nilainya.

Anda bisa memulai usaha modal kecil ini dengan berburu perlengkapan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat aksesori yang menawan. Tentukan apakah Anda akan membuat perhiasan dari aneka bahan atau mengkhususkan diri pada bahan tertentu.

14. Kaos Pre-Order

usaha fashion modal kecil

Sejak beberapa tahun terakhir, distro menjadi salah satu jenis bisnis yang digandrungi anak muda. Namun, dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membuka sebuah gerai distro. Bagaimana jika Anda ingin menggeluti bisnis fesyen ala distro dengan modal minim?

Salah satu jawabannya adalah dengan membuka usaha pesanan kaos. Dengan sistem pre-order, tak banyak modal yang diperlukan karena kaos baru dibuat setelah ada pesanan dan pemesan membayar uang muka. Jika ditekuni secara serius, usaha modal kecil ini cukup menjanjikan.

15. Jasa Pengetikan

usaha modal kecil hasil gede

Pelajar dan mahasiswa tak bisa dilepaskan dari tugas yang dibuat dalam bentuk tulisan. Namun, tidak semua pelajar atau mahasiswa memiliki fasilitas untuk mengerjakannya. Menyewa komputer dan printer terlalu mahal, sementara pergi ke rental pun waktunya terbatas.

Sebagai solusinya, mereka memanfaatkan jasa pengetikan dan itu berarti peluang yang bagus bagi Anda yang memiliki komputer dan printer. Untuk mempromosikan usaha modal kecil ini, buatlah brosur sederhana dan sebarkan di sekolah atau kampus-kampus.

16. Angkringan

usaha grosir modal kecil

Tetap menjadi karyawan sambil memiliki usaha sampingan? Bisa. Mulailah dengan usaha angkringan mini yang dibuka setelah Anda pulang bekerja. Asalkan minuman dan jajanannya lezat, angkringan Anda akan menjadi tempat favorit untuk berkumpul.

Jika tempat tinggal Anda cukup ramai, bukalah warung angkringan di teras rumah. Sediakan meja dan kursi sederhana secukupnya. Sebaliknya, jika lingkungan relatif sepi, pilihlah angkringan gerobak dan cari tempat yang potensial untuk membuka angkringan.

17. Konter Pulsa dan Paket Internet

usaha modal kecil hasil melimpah

Tak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa saat ini, semua orang butuh pulsa. Kenyataannya, pulsa memang sudah menjadi kebutuhan yang sangat utama bagi sebagian besar masyarakat. Begitu juga dengan kuota internet, bahkan banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa internet.

Dengan fakta tersebut, niat Anda untuk membuka usaha modal kecil akan menemukan jalannya. Membuka konter penjualan pulsa dan paket internet adalah alternatif menarik untuk memiliki bisnis sendiri. Modalnya kecil, caranya mudah, keuntungannya lumayan.

18. Toko Kelontong

bisnis modal kecil hasil besar

Coba perhatikan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Dalam radius tertentu, sudah adakah toko yang menyediakan barang-barang keperluan rumah tangga sehari-hari? Jika tidak, segera ambil peluang ini untuk membuka usaha modal kecil  berupa toko kelontong.

Prospek usaha toko kelontong sangat cerah. Setiap hari, pasti ada orang yang membutuhkan barang kebutuhan harian tanpa harus pergi jauh ke minimarket atau supermarket, apalagi jika jumlah barang yang dibeli hanya sedikit. Dijamin, perputaran uang akan terjadi setiap hari.

19. Warung Bakso

usaha sampingan modal kecil ibu rumah tangga

Mungkin bisa dibilang, bakso adalah “makanan sejuta umat”. Tak heran jika usaha bakso, dari yang dijajakan keliling, warung kecil, hingga berbentuk kafe besar terus bermunculan. Siapa saja bisa menjadi pengusaha bakso, tetapi kunci kesuksesan utama terletak pada kelezatan rasanya.

Oleh karena itu, meski bisnis bakso bisa Anda jalankan dengan modal minim, jangan sepelekan soal rasa. Selain harus bisa menjamin kelezatannya, memberikan varian rasa unik juga bisa menjadi senjata agar usaha modal kecil ini bisa bertahan di tengah persaingan ketat.

20. Kedai Es Krim

ide usaha modal kecil untung besar

Tak perlu takut bangkrut jika Anda berniat membuka kedai es krim. Pasalnya, es krim merupakan salah satu produk kuliner yang pasarnya sangat besar. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sangat suka menikmati kesegaran dan kelezatan es krim yang lembut manis.

Modal utama yang diperlukan adalah freezer. Carilah merek dan ukuran yang sesuai dengan ketersediaan modal. Untuk membuat es krimnya sendiri tidak sulit karena sekarang sudah banyak dijual bahan es krim siap olah.

21. Air Isi Ulang

usaha modal kecil gaji besar

Air minum adalah salah satu kebutuhan utama semua orang dan harus dipenuhi setiap hari. Tren minum air mineral pun mengubah kebiasaan masyarakat dalam hal konsumsi air bersih.

Jika dulu air minum didapat dengan merebus sendiri air dari PDAM, kini air mineral lebih disukai.

Pergeseran kecenderungan tersebut membuka peluang untuk menjalankan usaha modal kecil berupa bisnis air isi ulang. Sebagai permulaan, Anda bisa membeli alat berkapasitas kecil, yaitu hanya 1 galon, dengan harga sekitar Rp4 juta.

22. Warung Sembako

usaha modal kecil jajanan

Sedikit berbeda dengan warung kelontong, warung sembako hanya menyediakan barang-barang yang termasuk kategori bahan pokok saja. Meski demikian, biasanya para pedagang hanya memilih bahan makanan yang awet, seperti beras, gula pasir, minyak, telur, juga elpiji.

Usaha modal kecil ini memiliki prospek yang sama bagusnya karena siapa pun membutuhkan bahan pokok. Sebaiknya Anda bekerja sama dengan pemasok besar sehingga bisa mendapatkan harga lebih murah.

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu menyiapkan modal sekitar Rp6 juta untuk membeli barang-barang yang akan dijual. Adapun potensi pemasukan yang diterima setiap hari adalah sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000.

23. Kerajinan Tangan

usaha modal kecil jaman now

Satu lagi peluang usaha modal kecil untuk Anda yang memiliki keterampilan dan kreativitas, yaitu bisnis kerajinan tangan. Selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual hasil kreasi yang dibuat.

Contoh kerajinan tangan yang bisa dijadikan produk usaha adalah anyaman bambu, tote bag, dan boneka kain. Bisa juga berupa pernak-pernik dekorasi rumah yang sedang menjadi tren, seperti wall decor, tempat lilin, tempat bumbu dari rotan, atau tatakan gelas dari kayu.

24. Jasa Fotografi

usaha modal kecil kaskus

Hobi dan keahlian mengabadikan momen-momen penting yang Anda miliki bisa dimanfaatkan menjadi sumber penghasilan. Banyak sekali event yang membutuhkan jasa fotografer dengan imbalan yang terjangkau.

Anda bisa menjalankan usaha modal kecil ini secara mandiri maupun bekerja sama dengan vendor lain, misalnya dengan jasa rias pengantin. Jika modal mencukupi, Anda bisa membuka studio foto di rumah.

25. Jasa Menulis

usaha modal kecil laba besar

Sering kali orang tidak menyadari potensi yang dimilikinya atau tidak tahu cara menyalurkan hobi tersebut dengan tepat, padahal bisa menjadi sumber penghasilan. Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, jangan ragu untuk menawarkan jasa menulis.

Ada banyak profesi yang bisa dilakoni sebagai seorang penulis. Anda bisa menjadi penulis konten, copy writer, atau bahkan ghost writer. Jika merasa kemampuan menulis Anda masih terbatas, carilah pelatihan-pelatihan menulis yang banyak bertebaran di dunia maya.

Contoh-contoh usaha modal kecil di atas menunjukkan bahwa sebetulnya peluang selalu ada di sekitar Anda. Hanya saja, dibutuhkan kejelian untuk bisa melihatnya. Bahkan, jika peluang itu tampaknya tidak ada, Anda-lah yang harus menciptakannya.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru