Serba-Serbi Usaha Rumahan yang Perlu Anda Ketahui

Di era sekarang ini, kita dituntut untuk lebih cermat dan cerdas dalam melihat peluang yang ada. Hal ini termasuk peluang usaha yang mungkin muncul. Anda tidak perlu pusing memikirkan tempat dan modal yang besar. Untuk memulainya, Anda perlu mempertimbangkan peluang usaha rumahan yang bisa jadi sangat menguntungkan.

Kelebihan Usaha Rumahan

Usaha rumahan memang banyak diminati sejak dahulu hingga sekarang, karena memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut:

  • Waktu yang fleksibel

Diantara banyaknya kelebihan yang diperoleh dari menjalankan usaha rumahan adalah waktu yang fleksibel. Ini adalah alasan yang paling sering Anda jumpai ketika bertanya kepada seseorang yang menjalankan usaha rumahan.

Karena proses produksi dilakukan di rumah, Anda dapat menjalankan usaha sambil mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Anda pun juga dapat mengerjakannya sambil menemani buah hati bermain di rumah. Anda adalah bos bagi diri Anda sendiri. Maka dari itu, Anda bebas mengatur jadwal kerja sendiri.

  • Biaya yang relatif murah

Karena usaha rumahan dapat Anda lakukan di rumah, maka Anda dapat memangkas biaya. Misalnya memangkas dana yang dianggarkan untuk menyewa toko dan menggunakan rumah sebagai tempat produksi. Tentu pengurangan anggaran seperti ini akan menekan modal produksi, sehingga Anda bisa mendapatkan laba yang lebih banyak.

  • Menambah penghasilan keluarga

Alasan ini juga merupakan alasan yang paling mendasari seseorang untuk membuka usaha rumahan sebagai bisnis sampingan. Anda masih bisa beraktivitas seperti biasanya, serta memanfaatkan waktu untuk menambah pundi-pundi rupiah.

  • Menjadi kebanggaan tersendiri

Seorang ibu rumah tangga seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Akan tetapi, jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang sukses menjalankan bisnis rumahan,  orang-orang akan berbalik berdecak kagum atas prestasi yang Anda torehkan.
bisnis makanan kecil rumahan

Kekurangan Usaha Rumahan

Setiap usaha pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan usaha rumahan. Berikut adalah kekurangan dari usaha rumahan:

  • Pengelolaan waktu

Seringkali para pelaku bisnis rumahan menyepelekan waktu. Alasannya tak lain karena mereka berpikir bahwa usaha tersebut fleksibel. Hal ini membuat mereka menunda-nunda mengerjakan usaha tersebut.

Belum lagi ada faktor hambatan lain yang sering dijumpai di rumah, seperti; mengerjakan pekerjaan rumah yang tidak kunjung selesai, atau tiba-tiba saja anak rewel yang menyebabkan proses produksi terhambat.

  • Susah untuk memasarkan produk

Kekurangan yang lain dari usaha rumahan adalah susahnya untuk memasarkan produk. Hal ini karena biasanya para pelaku usaha rumahan bekerja sendiri dari proses produksi hingga distribusi. Tidak banyak orang yang mengetahui produk Anda. Akan tetapi, kekurangan ini dapat disiasati dengan strategi marketing melalui media sosial. 

Usaha Franchise Roti Boy

Membangun bisnis pembuatan roti dengan skala rumahan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang masih mencari usaha yang menguntungkan.

Bisnis rumahan seperti ini masuk kedalam jenis home industri yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan dapat dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil cukup dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat dijalankan mengingat peralatan berupa mesin yang dibutuhkannya tidak berukuran besar.

Usaha Franchise Roti Boy rumahan seperti ini juga bisa dijalankan diberbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah memperhatikan di toko pinggir jalan roti seperti ini dijual dengan beraneka rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya.

Roti dijajakan dengan harga bervariasi dari mulai 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itulah salah satu hasil dari produk Usaha Franchise Roti Boy kelas rumahan ini, biasanya mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk memeriksa berapa roti yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti di kiosnya mulai berkurang.

Lingkup pemasarannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang dijalankan, jika daya produksi rotinya masih minim biasanya cakupan pemasarannya hanya disekitar tempat produksinya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti sepeda motor ataupun sepeda.

Sebaliknya untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang telah berskala cukup besar, cakupan pemasaran mereka umumnya lebih luas karena kapasitas produksi rotinya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala sebesar ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Usaha Franchise Roti Boy Rumahan

Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Mula-mula yang harus Anda persiapkan adalah keahlian atau keterampilan cara membuatnya baik itu dimiliki sendiri ataupun dengan mempekerjakan orang yang ahli dibidang pembuatan roti.

Setelah itu juga mesti disediakan berbagai alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam penyediaan mesin inilah yang paling memakan banyak modal bisnis karena harga tiap mesinnya lumayan mahal, diantaranya yang umum digunakan adalah:

  1. Mixer, yang berfungsi untuk membuat adonan utama pembuatan roti.
  2. Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berperan untuk mempercepat proses pemekaran adonan roti sebelum masuk oven.
  3. Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan membagi adonan roti biar ukurannya sama rata.
  4. Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.
  5. Berbagai macam alat penunjang lain juga dibutuhkan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain sebagainya.

Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merknya, sebagai gambaran harganya sekitar 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap memiliki seluruh mesin produksi roti ini, dana yang harus Anda persiapkan sekitar 30 sampai 50 jutaan.

Cukup besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dulu bersedih kalau modal usaha pembuatan roti rumahan Anda tidak sampai angka di atas.

Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membeli mesin pembuat roti yang bagus.

Sementara kenyatannya Anda bisa saja membuka bisnis ini hanya dengan cara lama yang bermodalkan oven roti saja, sedangkan peralatan lain bisa memanfaatkan peralatan yang biasanya sudah terdapat di dapur rumah seperti mixer dan alat lainnya.

Karena pada dasarnya mesin-mesin tadi hanya bertugas untuk membantu mempercepat proses produksi biarpun nantinya mesin ini tetap dibutuhkan jika kapasitas produksi roti Anda tidak mencukupi karena permintaan pasar sangat besar.

Baca juga  Peluang Bisnis kemasan Karton

Faktor Keberhasilan Usaha Rumahan

Usaha rumahan merupakan salah satu usaha yang tampak menggiurkan dan menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit. Tetapi, kunci keberhasilan dari semua itu tidak terlepas dari beberapa faktor berikut ini:

Mengelola keuangan secara profesional

Salah satu kunci sukses dari sebuah usaha adalah kemampuan untuk mengelola dan memiliki laporan keuangan yang baik dan benar. Hanya karena Anda sedang menjalankan usaha rumahan, bukan berarti Anda tidak memerlukan keterampilan untuk mengelola keuangan secara profesional.

Hal pertama yang perlu Anda ingat adalah, selalu pisahkan keuangan usaha dan keuangan pribadi Anda. Banyak sekali kasus usaha kecil dan menengah yang gulung tikar karena selalu mencampuradukkan keuangan pribadi dan usaha, sehingga jumlah laba dan modal usaha menjadi tidak jelas. Akhirnya modal tanpa sengaja terpakai untuk keperluan pribadi.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah untuk mencatat setiap arus kas yang ada, tidak peduli besar ataupun kecil. Hal ini untuk memonitor berapa besar keuntungan dan kerugian yang Anda peroleh. Catatan tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi. Adapun yang dicatat dalam catatan keuangan tersebut adalah jumlah pendapatan, pengeluaran, hutang, dan piutang.

Membentuk Tim Usaha yang Solid

Tim usaha yang solid sangat penting bagi kelangsungan usaha rumahan Anda. Hanya karena usaha tersebut dilakukan di rumah, bukan berarti Anda tidak memerlukan kerjasama tim, bukan?

Anda pasti akan kewalahan jika harus menangani semuanya seorang diri. Terlebih lagi jika usaha Anda semakin berkembang.

Membuat Skala Prioritas

Skala prioritas juga memegang peran penting demi keberhasilan usaha Anda. Mendaftar apa saja yang dibutuhkan, dapat meminimalisasi adanya pemborosan. Dengan membuat skala prioritas, Anda akan dapat mengetahui mana yang perlu untuk segera dibeli dan mana yang dapat ditunda. 

Faktor Kegagalan Usaha Rumahan

Anda telah mempelajari faktor keberhasilan suatu usaha rumahan. Ada baiknya Anda juga mengetahui faktor apa saja yang memicu kegagalan usaha rumahan. Adapun faktor kegagalan tersebut adalah sebagai berikut:

Tidak Punya Perencanaan dan Strategi Usaha

Jenis usaha apapun membutuhkan perencanaan yang matang. Beberapa usaha kecil menuai kegagalan karena usaha tersebut tidak memiliki visi dan misi serta motivasi. Dengan tidak adanya visi suatu usaha, maka usaha tersebut tidak terarah dan berjalan tidak semestinya.

Kurang Terampil dalam Pengelolaan Keuangan

Ini adalah hal yang banyak terjadi pada usaha kecil menengah yang akhirnya membuat usaha tersebut gulung tikar. Seringkali para pelaku usaha rumahan berpikir bahwa usaha yang mereka jalankan bukan usaha formal.

Cukup banyak yang berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan catatan keuangan yang rinci. Bahkan mereka tidak mencatat arus pemasukan dan pengeluaran sama sekali, sehingga tidak jelas apakah mereka mendapatkan laba atau rugi.

Cepat Merasa Puas

Ketika kesuksesan telah diraih, merasa puas terhadap apa yang Anda peroleh itu adalah manusiawi. Tetapi tak jarang para wirausahawan yang masih baru menjajaki dunia bisnis, menjadi cepat merasa puas. Apakah hal tersebut salah? Tidak sepenuhnya salah.

Yang menjadikan usaha tersebut gagal adalah ketika Anda merasa puas dan lupa untuk mengevaluasi produk dan keuangan, serta lupa untuk meningkatkan mutu produk. Anda mungkin bahkan lupa tujuan utama dari usaha yang sedang dijalankan.

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha rumahan, tetapi tidak tahu harus membuka usaha apa, maka jangan beranjak. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha yang dapat Anda lakukan di rumah.

Peluang Usaha Rumahan Bidang Kuliner

Usaha kuliner adalah usaha yang sangat menjanjikan. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pecinta kuliner.

Nah, bentuk usaha kuliner pun beraneka ragam, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jualan Kue dan Roti

Jika Anda gemar membuat kue, maka Anda dapat memanfaatkan bakat Anda tersebut untuk meraup keuntungan. Bisnis membuat kue dan roti ini membutuhkan modal yang relatif kecil. Anda hanya memerlukan mixer, oven, beberapa loyang, kompor, dan sedikit keterampilan serta kreativitas.

Namun jika Anda tidak terlalu mahir membuat kue, jalinlah kerja sama dengan beberapa produsen kue. Anda hanya membantu menjual kue tersebut dengan mengambil sedikit keuntungan.

  • Jualan Minuman Segar atau Dingin

Menjual minuman segar di tengah hari yang panas dan terik bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan. Minuman segar ini bisa berupa es kelapa muda, es sari tebu, es cincau, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak ingin merasa repot, Anda bisa membeli showcase untuk memajang minuman kemasan siap minum yang hendak Anda jual.

  • Jual Air Isi Ulang

Bisnis air isi ulang sekarang sudah semakin menjamur di Indonesia. Hal ini karena di beberapa tempat, khususnya kota-kota besar menghadapi kelangkaan air bersih yang digunakan untuk minum dan memasak.

Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan berjualan air isi ulang. Anda hanya memerlukan menyiapkan mesin depot air isi ulang yang harganya cukup terjangkau.

  • Menjual Gorengan

Sebagian masyarakat Indonesia gemar memakan kudapan yang satu ini. Apalagi kalau bukan gorengan. Hal ini karena gorengan memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, apalagi jika masih panas.

Anda dapat membuka usaha gorengan di rumah. Jangan meremehkan keuntungan yang kecil. Jika gorengan yang Anda jual laris manis, keuntungan yang didapatkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah dalam satu hari.

  • Jualan Kerupuk dan Rambak

Kecintaan masyarakat pada makanan yang gurih memang sudah mendarah daging. Makanan gurih yang lainnya adalah kerupuk dan rambak. Anda pun bisa membuat kerupuk dan rambak sendiri di rumah yang kemudian Anda jual.

Untuk membuka usaha kerupuk rambak (kerupuk kulit) yang Anda butuhkan adalah kulit sapi, oven, dan beberapa peralatan lainnya. Oven ini digunakan untuk mengeringkan kulit sapi ketika tidak ada panas matahari. Harga dari oven ini pun bervariasi.

  • Warung Sarapan Pagi

Pagi hari identik dengan jam yang sibuk dimana orang-orang sibuk mempersiapkan diri untuk berangkat bekerja atau sekolah. Tak jarang mereka harus melewatkan waktu sarapan karena tidak sempat untuk menyiapkan menu sarapan.

Anda juga dapat memanfaatkan peluang ini dengan membuka warung. Sediakan saja menu sarapan seperti nasi pecel, soto ayam, bubur ayam, nasu kuning, atau menu lainnya. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil. Anda hanya memerlukan meja, kursi, dan display kaca untuk memajang menu yang Anda sediakan.

  • Bisnis Katering

Bisnis katering juga merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Anda hanya membutuhkan kompor, gas elpiji, minyak goreng, dan keterampilan memasak. Untuk mempromosikan bisnis ini, Anda dapat menggunakan bantuan media sosial.

  • Rumah Makan

Bisnis rumah makan juga hampir sama dengan bisnis katering, hanya saja Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mempersiapkan tempatnya. Adapun hal yang perlu dipersiapkan adalah beberapa meja dan kursi serta peralatan makan dan memasak.
ramesia-mesin-kerjasama-sales

Baca juga  Cara Membuat Chocolate Crepes Lezat dan Lumer di Gigitan Pertama

Peluang Usaha Rumahan Bidang Jasa

Jika bisnis kuliner bukan bidang Anda, cobalah beberapa bisnis yang menawarkan jasa berikut ini:

  • Jasa Laundry

Jasa laundry juga menjanjikan keuntungan yang besar. Terlebih lagi jika Anda membuka bisnis ini di area kos mahasiswa atau karyawan kantor yang biasanya tidak memiliki banyak waktu luang.

  • Jualan Pulsa

Berjualan pulsa adalah bisnis yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kebutuhan masyarakat akan pulsa semakin meningkat. Hal ini adalah peluang usaha yang bagus buat Anda.

  • Jasa Penitipan Anak

Para orang tua yang bekerja tentu merasa kerepotan dan kebingungan ketika harus meninggalkan anaknya untuk pergi bekerja. Anda dapat menawarkan jasa penitipan anak kepada para orang tua.

  • Jasa Potong Rambut

Kebutuhan masyarakat akan penampilan yang menawan membawa peluang usaha untuk Anda. Anda dapat membuka usaha jasa potong rambut dan tata rias. Usaha ini memerlukan modal yang relatif kecil.

  • Jasa Tambal Ban

Membuka usaha jasa tambal ban juga akan menguntungkan, jika Anda membuka praktek tambal ban di daerah yang strategis.

  • Jasa Jahit Pakaian

Jasa jahit pakaian juga adalah jasa yang banyak dicari oleh masyarakat. Akan tetapi jika ingin membuka usaha ini, Anda harus mempersiapkan keterampilan khusus.

  • Kursus Bahasa Asing

Membuka kursus bahasa asing juga merupakan ide yang sangat bagus. Anda bisa saja mendayagunakan ruang tamu di rumah dan menyulapnya menjadi sebuah kelas. Tentu saja Anda juga membutuhkan keterampilan berbahasa asing.

  • Bimbingan Belajar

Ketatnya persaingan di sekolah membuat bisnis bimbingan belajar menjadi semakin diminati dan tidak pernah sepi. Anda bisa mencobanya. Anda hanya akan memerlukan beberapa buku dan sebuah papan tulis.

  • Jasa Fotokopi

Jasa fotokopi juga merupakan usaha rumahan yang tidak pernah sepi pelanggan. Akan tetapi, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli mesin fotokopi, kertas, dan peralatan penjilidan.

  • Agen Pembayaran

Agen pembayaran semakin populer dan diminati, karena jasa ini menawarkan kemudahan untuk membayar biaya listrik, telepon, dan sebagainya.

Peluang Usaha Rumahan Bidang Fashion

Bisnis fashion juga sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia maupun mancanegara. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan.

  • Busana muslim wanita

Sekarang ini, busana muslim mempunyai corak dan model yang beraneka ragam. Hal ini dimaksudkan agar para muslimah masih bisa tampil cantik dalam balutan busana yang syar’i. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk beejualan busana muslim wanita baik secara daring atau membuka gerai di rumah.

  • Pakaian muslim pria

Bukan hanya para wanita saja yang ingin tampil menarik, para pria juga menginginkan hal yang sama. Anda dapat menjual pakaian muslim pria secara daring untuk menambah penghasilan.

  • Baju olahraga

Tidak banyak toko pakaian yang menyediakan baju olahraga. Anda dapat mengambil peluang ini dan mengatur strategi penjualan.

  • Baju anak-anak

Peluang usaha berjualan baju anak-anak juga menjanjikan keuntungan yang lumayan. Terlebih lagi jika toko Anda dilengkapi dengan peralatan bayi lainnya.

Usaha Rumahan Daring

Peluang Usaha Rumahan Bidang Daring

Di zaman yang serba daring ini, ada banyak peluang usaha tersedia untuk Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Publisher adsense

Mungkin untuk sebagian orang, pekerjaan publisher adsense adalah pekerjaan iseng. Akan tetapi, jika sudah tahu “kuncinya” dan benar-benar ditekuni, bisnis ini dapat menggelontorkan puluhan hingga ratusan dolar per minggu.

  • Jasa pembuatan website

Di era digital ini, banyak pengusaha yang melebarkan sayapnya dengan memasang website resmi produk yang mereka tawarkan. Dalam hal ini, jasa seorang pembuat website sangat dibutuhkan.

  • Jasa penulisan artikel

Website yang bagus, harus memiliki artikel-artikel yang bagus dan informatif. Maka dari itu, jasa penulis artikel juga dibutuhkan. Pekerjaan ini sangat fleksibel. Anda dapat mengerjakannya di mana pun dan kapan saja, asalkan ada jaringan internet.

  • Usaha affiliasi

Semakin banyak toko daring bermunculan, usaha afiliasi pun semakin banyak mendapatkan peluang. Anda patut mencobanya.

  • Reseller produk

Menjadi reseller produk adalah bisnis yang paling aman, karena Anda tidak harus memiliki stok barang yang Anda jual.

  • Pengelola media sosial

Jika ada suatu fanpage yang disukai banyak orang, tentu dibutuhkan pengelola yang terorganisasi. Disinilah peluang usaha pengelola media sosial dibutuhkan.

Ternyata usaha rumahan sangat bervariasi dan menyuguhkan segudang peluang dan keuntungan, bukan? Kini Anda dapat mengisi waktu luang Anda di rumah dengan kegiatan yang positif serta menambah pundi-pundi rupiah Anda. Tertarik untuk mencobanya?

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares