Mengulik Potensi Usaha Susu Kedelai di Gresik Beserta Cara Mengawalinya

Peluang bisnis yang menjanjikan dengan modal kecil, seperti usaha susu kedelai mungkin pas dikerjakan oleh perorangan yang baru memulai usaha. Terlebih usaha ini tergolong rendah resiko sebab bisa dijalankan dengan modal kecil.

Walaupun peluang bisnis susu kedelai kecil-kecilan ini dipandang sepele, akan tetapi bila serius menekuninya, maka bisnis rumahan dengan modal kecil yang menggiurkan tersebut akan cukup membantu memperoleh penghasilan lebih. Usaha ini sudah banyak dijalankan di daerah-daerah seluruh Indonesia, karena potensinya yang besar.

Salah satu daerah yang kebanyakan masyarakatnya menggeluti usaha susu kedelai ini adalah Gresik. Di Gresik sudah banyak orang yang berjualan susu kedelai, meskipun banyak saingannya tapi usaha ini masih sagat layak untuk dilakukan mengingat permintaannya yang tinggi.

Susu kedelai adalah salah satu hasil pengolahan dari bahan baku kedelai. Susu kedelai banyak sumber protein dengan susunan asam amino yang mirip dengan kandungan protein pada susu sapi. Ini menjadikan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi, terutama untuk konsumen yang alergi terhadap protein dari susu sapi.

Susu kedelai ini sangat bagus untuk kesehatan serta jadi susu yang begitu populer bagi kalangan vegetarian. Banyak kalangan yang menyukai minum minuman ini dimulai dari anak kecil sampai dewasa. Susu kedelai ini mempunyai keuntungan bagi orang-orang yang meminumnya yakni mengandung sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh serta bagi tulang. Selain itu susu kedelai juga mampu menurunkan kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh.

Susu kedelai adalah minuman yang memiliki gizi yang tinggi terutama dari kandungan protein. Selain memiliki protein yang tinggi minuman ini juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Minum susu kedelai sama baiknya dengan minum susu sapi. Meskipun jika dibanding dengan susu sapi, harga dari susu kedelai ini cukup terjangkau.

Minuman ini bisa dibuat dengan cara yang simpel menggunakan alat serta teknologi sederhana. Ketika membuatnya juga tidak butuh ketrampilan khusus.

Dikarenakan segudang manfaat pada minuman kedelai ini, maka dapat dimanfaatkan untuk lahan bisnis untuk memperoleh pundi-pundi uang. Peluang dari usaha susu kedelai ini sangat menggiurkan bila dipraktekkan dan mudah untuk dipelajari. Bahan baku pembuatan minuman ini bisa dicari dengan mudah sehingga untuk memulai bisnis susu kedelai ini cukup simpel.

Persiapan dan Cara Mengawali Usaha Susu Kedelai

Secara umum tak perlu persiapan yang rumit dalam membuat susu kedelai. Sebab alat-alat yang digunakan biasanya ialah alat-alat dapur yang rata-rata ibu rumah tangga telah mempunyai peralatan tersebut. Bahkan kebanyakan sudah sering menggunakannya dalam kegiatan masak-memasak di rumah. Peralatan ini diantaranya:

Blender

Alat ini wajib dipunyai sebagai modal bisnis yang sifatnya untuk dipakai tiap akan membuat susu kedelai. Pastinya pilih blender dengan kualitas baik supaya penggunaannya dapat tahan lama. Dengan dana maksimal 500 ribu maka sudah diperoleh blender bermerek yang bagus dan tahan lama.

Baskom dan Penyaring

Hal ini juga sangat perlu untuk dipunyai. Saringan digunakan untuk alat menyaring susu kedelai agar lembut serta nikmat untuk diminum. Sedangkan wadah dipakai sebagai wadah simpanan sementara hasil penyaringan susu kedelai. Dengan dana kurang dari 100 ribu untuk bisa memperoleh dua alat tersebut.

Corong

Diperlukan corong untuk menyajikan susu kedelai yang telah jadi untuk meinimalkan tumpahnya susu kedelai.

Sendok sayur

Sendok sayur digunakan untuk menyendok bahan-bahan yang dipakai dalam proses produksi susu kedelai agar selalu higienis dan susu dapat tahan lama.

Perlengkapan

  • Meja
  • Tempat es
  • Plastik kemasan
  • Sedotan

Bahan-bahan

  • Kedelai 5 kg

Untuk usaha awal cukup sediakan kedelai sebanyak 5 kilogram. Harga kedelai termahal adalah 20 ribu/kilogram. Total 100 ribu terpakai untuk membeli bahan kedelai.

  • Gula dan bahan-bahan lain.

Siapkan dana sekitar 100 ribu untuk membeli gula dan bahan -bahan lain.

Jika dijumlah kesemua alat, perlengkapan serta bahan tersebut maka akan menghabiskan dana kurang dari 1 juta rupiah saja.

Proses Membuat Susu Kedelai

Merendam

Bersihkan biji kedelai dari kulitnya lalu setelah itu merendamnya dalam air bersih hingga 10-16 jam.

Menggiling

Setelah direndam, lalu menggiling biji kedelai menggunakan blender dan saringlah hasil gilingan tadi untuk mendapatkan air kedelainya yang berwarna putih. Sampai disini prosesnya sudah 75% selesai.

Merebus

Rebus air penyaringan kedelai ini dengan ditambahkan gula serta daun pandan untuk penyedap. Aduk terus-menerus hingga mendidih selama 10-15 menit lalu dinginkan. Susu kedelainya telah siap untuk dikemas dengan menggunakan plastik yang sebelumnya telah disediakan.

Dalam pembuatan susu kedelai ini dapat dipermudah dengan menggunakan mesin susu kedelai. Mesin susu kedelai tersebut bisa menggiling kedelai menjadi ekstrak kedelai juga memisahkan kedelai dari sepahnya. Mesin susu kedelai tersebut sangat simpel untuk digunakan serta memiliki harga yang hemat. Dengan adanya mesin ini pasti pembuatan susu kedelai dapat berjalan dengan mudah dan cepat.

Mesin pembuat susu kedelai ini bisa dibeli di Ramesia Mesin. Bisa dengan menghampiri showroomnya secara langsung, bisa juga via halaman Ramesia Mesin. Bagi para wirausaha yang akan menjalankan bisnis susu kedelai, kami rekomendasikan untuk menggunakan mesin susu kedelai ini. Mesin dirancang dari komponen yang terjaga bagi makanan atau food grade serta dapat mengolah susu kedelai yang steril.

Demikian informasi mengenai peluang usaha susu kedelai. Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin coba-coba membuka bisnis dalam hal ini usaha susu kedelai.

Sedikit tips agar bisa mendapatkan susu kedelai yang berkualitas, maka gunakan juga bahan baku kedelai dengan kualitas bagus.

   

     

Promo Pelanggan baru