Food Pan digunakan untuk meletakkan potongan buah-buahan atau daging yang diiris tipis-tipis. Sementara itu, food pan berukuran besar digunakan untuk menyimpan potongan ayam, daging berukuran sedang.

Showing all 19 results

Bagi Anda yang membuka warung atau restoran cepat saji, kehadiran food pan sangat penting. Food pan merupakan loyang yang terbuat dari plastik atau stainless-steel, cekung, dan biasa digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan yang telah dipotong.  Karena harga food pan cukup terjangkau, maka benda ini banyak diminati masyarakat. Bila dibandingkan dengan baskom atau mangkuk kaca, food pan lebih disukai oleh orang-orang karena bahannya yang kuat dan tidak mudah pecah. Terlebih lagi, food pan dengan bahan dasar stainless-steel layaknya yang bisa Anda temui di Ramesia. Food-pan jenis ini dapat lebih lama menahan suhu baik panas maupun dingin.

Food pan hadir dengan berbagai ukuran. Food pan dengan dimensi yang kecil biasanya digunakan untuk meletakkan bumbu-bumbu dapur atau topping pada makanan. Kemudian, food pan sedang biasanya digunakan untuk meletakkan potongan buah-buahan atau daging yang diiris tipis-tipis. Sementara itu, food pan berukuran besar digunakan untuk menyimpan potongan ayam, daging berukuran sedang. Bahkan pan berukuran besar bisa digunakan untuk penyajian makanan pokok seperti nasi atau pasta. Food pan juga dapat digunakan untuk menyajikan makanan secara prasmanan. Biasanya, food pans dengan berbagai macam ukuran diletakkan pada sebuah tempat yang ada pada etalase makanan dan disinari dengan lampu penghangat makanan.

Perawatan Food Pan yang Benar

Merawat food pan sebetulnya tidaklah sulit, karena food pan bukan mesin pembuat makanan elektrik yang terdiri atas berbagai kabel dan komponen elektronik lainnya. Namun, kebersihan food pan haruslah diperhatikan. Bila tidak, maka makanan-makanan yang diletakkan di dalam food pan dapat terkontaminasi jamur dan bakteri. Bila menggunakan food pan berbahan dasar plastik, maka Anda harus selalu menggosoknya dengan kencang. Pasalnya, kotoran dan aroma tak sedap mudah membekas pada permukaan plastik dan cenderung sulit hilang.  Selain itu, jangan menyiram food pan dengan air yang terlalu panas karena hal itu berpotensi menyebabkan keretakan pada permukaannya. Cukup bilas food pan berbahan dasar plastik dengan air hangat. Hindari memanaskan food pan plastik di dalam microwave karena dapat meleleh.

Sementara itu, perawatan food pan stainless steel sebetulnya lebih mudah. Itulah alasan mengapa harga food pan yang terbuat dari material stainless steel cenderung lebih mahal daripada food pan yang terbuat dari plastik.  Layaknya food pan plastik, gosoklah food pan stainless steel dengan spons yang telah diberi air dan sabun usai digunakan. Bagaimana bila timbul kerak pada food pan? Alih-alih mencungkil kerak tersebut, Anda dapat menggunakan baking soda yang dicampur air untuk membersihkan kerak.

Caranya, oleskan pasta baking soda pada bagian berkerak yang sulit untuk dibersihkan. Diamkan selama kira-kira sepuluh hingga lima belas menit, kemudian gosok dengan sikat dan bilas dengan air bersih. Simpan food pan, baik yang berbahan dasar plastik maupun stainless steel di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Meletakkan food pan di tempat yang terlalu lembap dapat membuat food pan menjadi beraroma apak dan hal tersebut akan berpengaruh pada makanan yang disimpan dalam food pan.

Membeli Food Pan Berkualitas

Anda memang harus sedikit kritis saat membeli food pan. Pastikan food pan yang Anda beli berkualitas tinggi, terbuat dari bahan yang tidak beracun, dan bukan merupakan food pan bekas.  Dewasa ini, banyak pihak tak bertanggung jawab yang mengolah food pan bekas agar terlihat seperti food pan baru. Hal tersebut berbahaya karena akan menimbulkan bakteri pada makanan yang disimpan.  Anda bisa mendapatkan food pan berkualitas dengan harga terjangkau di Ramesia. Ramesia merupakan importir dan distributor peralatan makanan yang lengkap dan tepercaya.  Di Ramesia, bisa memilih food pan dengan berbagai bentuk dan model sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak perlu ragu dengan harga food pan yang tersedia, karena Ramesia selalu memberikan diskon dan promo yang menggiurkan. Jadi, segera beli food pan terjangkau dan berstandar tinggi, hanya di Ramesia.