Under Counter Chiller sering juga disebut dengan kulkas mini. Fungsinya sama seperti kulkas kebanyakan, yaitu menyimpan makanan agar tetap awet dan segar. Bentuknya saja yang berbeda.

Showing all 4 results

Mesin pendingin saat ini beraneka macam bentuknya. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pasar yang kian kompleks dan beragam. Under-counter chiller adalah salah satu bentuk improvisasi dari mesin pendingin tersebut. Banyak tempat yang jual under-counter chiller, Anda tinggal menemukan mana yang paling direkomendasikan.  

Material pembangun mesin pendingin ini umumnya terbuat dari stainless steel. Karena itu, kesan elegan sekaligus kokoh langsung tampak pada pandangan pertama. Under-counter chiller juga memiliki interior door panel dan pintu yang didesain dapat menutup sendiri. Seperti halnya kulkas, bagian dalam mesin juga memiliki rak untuk menyimpan makanan dan minuman.  Tidak seperti lemari es umumnya, di mana mesinnya ada di bagian bawah, mesin under-counter chiller terletak di bagian samping. Guna melindungi bagian evaporator dan motornya, terdapat mesin spaser. Anda juga dapat melihat suhu si mesin pendingin ini, karena pengukur suhunya terpajang di bagian luar.

Fungsi dan Manfaat Under-Counter Chiller

Under-counter chiller sering juga disebut dengan kulkas mini. Fungsinya sama seperti kulkas kebanyakan, yaitu menyimpan makanan agar tetap awet dan segar. Bentuknya saja yang berbeda. Dengan adanya display suhu, Anda dapat mengukur suhunya sesuai keinginan.  Under-counter chiller banyak dipilih karena bentuknya yang kecil, sehingga tidak memakan banyak tempat. Namun kelemahannya, mesin pendingin yang satu ini tidak dapat menampung banyak barang. Perangkat ini banyak dipakai hotel-hotel berbintang untuk menyimpan makanan dan minuman ringan di dalam kamar.

Industri kuliner kekinian juga sudah banyak yang memanfaatkan mesin ini. Banyak restoran memilih menggunakan mesin pendingin ini karena fleksibel dalam peletakan. Sesuai namanya, “under-counter”, mesin ini dapat diletakkan di bawah meja dapur atau menjadi satu bagian dalam kabinet kitchen set. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk restoran dengan ruang dapur yang terbatas.

Cara Merawat Under-Counter Chiller

Agar mesin awet, Anda tentu perlu merawatnya. Untuk membersihkan under-counter chiller, caranya sama seperti membersihkan kulkas pada umumnya.  Namun yang perlu Anda waspadai adalah permasalahan yang kerap muncul pada mesin ini. Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi pada under-counter chiller dan cara mengatasinya:

Kotoran Menumpuk pada Kondensor

Penumpukan kotoran ini biasa terjadi pada kumparan kondensor. Masalah ini dapat berakibat pada proses pendinginan, sehingga dapat merusak makanan yang tersimpan. Untuk mengatasinya, Anda cukup membersihkan kondensor secara berkala. Caranya bisa dengan membersihkannya secara manual atau menggunakan penyedot debu.

Evaporator Kurang Bersih

Permasalahan berikutnya adalah kurang bersihnya bagian evaporator. Tanda evaporator yang kurang bersih adalah banyak kotoran dan bunga es. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi proses pendinginan pada chiller.  Cara mengatasinya adalah dengan membersihkannya secara berkala. Untuk mencairkan bunga es, cukup dengan mematikan mesin. Bunga es akan mencair dengan sendirinya. Tidak perlu menggunakan kekerasan karena akan merusak evaporator.

  • Chiller Tidak Berfungsi

Ini merupakan masalah utama, karena chiller merupakan jantungnya mesin ini. Hal pertama yang harus Anda lakukan jika masalah ini terjadi adalah dengan mengecek aliran listrik. Ketiadaan aliran listrik biasanya menjadi penyebab utamanya.

Pengecekan ini bisa berlangsung dari mulai sumbernya, yaitu lubang stop kontak. Kemudian berlanjut pada sambungan-sambungan kabel. Periksa secara detail, termasuk apakah ada kabel yang sobek ataupun terputus.

Jika aliran listrik tidak bermasalah, cobalah untuk menengok daya dan ampere mesin. Apabila mesin bekerja di bawah tegangan atau angka yang tertera pada plat kompresor, maka segeralah melakukan perbaikan di service centre.

Terakhir, periksalah thermostat. Fungsi bagian ini adalah untuk mengatur suhu dalam chiller. Lakukan pengujian dengan multimeter. Apabila tidak terbaca kontinuitas pada multimeter, itu tandanya thermostat harus segera diperbaiki.

  • Masalah pada Tutup Gasket

Tutup gasket yang kendor tidak akan bisa menyegel udara dengan rapat. Ini juga dapat menyebabkan suhu chiller tidak dingin. Jika tutup ini rusak, maka harus diganti secara keseluruhan.

Harga Under-Counter Chiller

Under-counter chiller dibanderol dengan harga beragam, tergantung kapasitasnya. Untuk keperluan rumah tangga memang tergolong mahal. Mesin pendingin ini dipasarkan dari harga 16,1 juta rupiah. Jika masih dalam kondisi bagus, harga jual under-counter chiller juga masih tinggi.