Mesin gas griddle adalah alat untuk memasak yang menggunakan pelat lebar. Pelat lebar ini dipanaskan dengan kompor yang menggunakan bahan bakar gas. Mesin ini dapat digunakan untuk menggoreng maupun memanggang makanan. gas griddle menggunakan bahan stainless steel.

Showing all 22 results

Mesin gas griddle adalah alat untuk memasak yang menggunakan pelat lebar. Pelat lebar ini dipanaskan dengan kompor yang menggunakan bahan bakar gas. Tidak heran bila banyak yang jual gas griddle. Mesin ini dapat digunakan untuk menggoreng maupun memanggang makanan. Variasi menu pun tercipta.

Mesin gas griddle menggunakan bahan stainless steel. Selain tidak mudah berkarat, bahan ini dapat langsung dipanaskan oleh kompor berbahan bakar gas. Ingin mengolah daging stik, burger, telur, dan menu lain yang biasa ada di restoran? Tidak perlu jauh-jauh. Cukup gunakan mesin ini. Gas griddle juga ringan dibawa, jadi lebih mudah dipindah-pindahkan bila perlu. Selama masih ada gas yang menjadi sumber pemanas tidak jadi masalah.

Manfaat Gas Griddle?

Apa manfaat gas griddle? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa membuat menu makanan seperti yang ada di restoran. Contoh: daging stik, burger, telur, ayam panggang, sosis, dan masih banyak lagi. Proses pemanggangan maupun penggorengan dengan mesin gas griddle juga dapat berlangsung efektif. Makanya, banyak restoran yang menggunakan mesin ini. Anda bisa memasak berbagai jenis makanan dalam jumlah banyak dan waktu lebih singkat. Konsumen pun senang karena pesanan mereka cepat diantarkan.

Suhu untuk memasak makanan juga dapat dikontrol sesuai kebutuhan bila menggunakan mesin ini. Berkat gas griddle, Anda tidak perlu berurusan dengan asap dan risiko dapur lebih kotor dan berantakan. Tanpa menggunakan arang seperti pembakaran tradisional, makanan tidak perlu sampai hitam. Yang pasti, selain lebih sehat, Anda tidak perlu takut mudah terkena kanker akibat zat karsinogen dari pembakaran makanan dengan arang.

Cara Merawat Gas Griddle

Lalu, bagaimana cara merawat gas griddle? Persiapkan alat-alat di bawah ini:

  • Pembersih pemanggang (atau pembersih lain).
  • Selang bertenaga tinggi (pilihan).
  • Seember air sabun cuci yang hangat. (Pilih sabun cuci beraroma lemon atau jeruk untuk melenyapkan bau.)

Langkah pertama tentu saja memisahkan semua bagian mesin gas griddle sebelum mulai mencuci. Anda bisa mencelupkan beberapa bagian sekaligus ke dalam baskom besar. Setelah itu, barulah Anda membilas tiap bagian satu-persatu. Yang pasti, Anda harus menggosok-gosok bagian alat dengan lembut. Untuk bagian-bagian tertentu, seperti: stainless steel atau besi, sebaiknya gunakan produk anti lengket. Panas saat menggoreng maupun memanggang makanan membuat sisa makanan tertinggal menempel di sana. Rendamlah dulu bagian stainless steel dalam air panas. Biarkan selama beberapa saat hingga sisa makanan terlepas dengan sendirinya.  Setelah itu, bersihkan sisa minyak dan bumbu yang masih menempel dengan air sabun. Bilas dengan spons lembut agar tidak cepat karatan. Kemudian, keringkan dengan kain lembut. Pastikan setiap inci gas griddle benar-benar kering.

Jangan terlalu lama membiarkan mesin gas griddle kotor. Sisa makanan, bumbu, dan minyak yang terlalu lama hinggap akan lebih menyusahkan Anda. Makanan dan bumbu yang menempel akan mengeras. Walaupun berhasil dikorek, bekasnya masih akan tertinggal dan berisiko menyebabkan karatan. Satu lagi hal yang bisa merusak mesin Anda adalah aroma bekas masakan. Terlalu lama membiarkan mesin gas griddle bisa menyebabkan bau tidak sedap. Jangan sampai air sabun beraroma lemon atau jeruk jadi percuma.

Mesin gas griddle memang punya stamina cukup tinggi untuk dipakai berkali-kali dalam waktu lama. Biasanya setelah jam buka restoran selesai, Anda punya waktu untuk mencuci dan mendiamkan mesin hingga esok hari. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya lagi.

Mencari Mesin Gas Griddle

Bila ingin usaha restoran lancar, mesin gas griddle memang sangat diperlukan. Untuk mencari yang cocok, baik dari segi harga, ukuran, maupun daya, Anda bisa melakukan riset dulu.Banyak tempat yang menjual gas griddle. Untuk rentang harganya, Anda bisa memilih antara dua hingga 12 jutaan rupiah. Ukuran pelat masing-masing pasti berbeda, berikut daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya.