mesin abon Terbagi menjadi 3 yaitu Drawing Machine, Meat Floss Fryer
, dan Fluffy Machine digunakan mencabik-cabik daging, lalu penggorengan dan melembutkan gumpalan-gumpalan daging. Dalam sejam saja, Anda sudah bisa langsung menghasilkan 100 kilogram abon.

Showing all 4 results

Abon adalah salah satu menu favorit banyak orang yang praktis. Makanan kering ini dapat disimpan dalam waktu lama. Namun, pernahkah Anda penasaran dengan cara pembuatannya? Seperti apakah mesin abon? Lalu, di mana Anda bisa menemukan toko yang jual mesin abon?

Sebelum menemukan jawaban di atas, sebaiknya Anda berkenalan dulu dengan mesin yang satu ini. Mesin abon sendiri adalah salah satu dari mesin daging. Mesin ini dapat membantu membuat daging suwir yang pastinya digunakan untuk bahan abon. Selain daging sapi, abon juga bisa dibuat dari daging ikan dan ayam. Bahkan, abon juga bisa ditambahkan dengan bumbu pedas hingga manis pedas sesuai selera. Untuk bahan abon dari ikan, Anda bisa memilih ikan tuna, tenggiri, tongkol, salmon, hingga lele. Umumnya, ikan yang dipilih punya tekstur daging yang padat. Untuk menu terkini, juga ada abon khusus vegetarian. Abon ini dibuat dari bahan jamur. Selain pedas, abon juga lazim ditambahkan bawang goreng agar lebih gurih dan menggugah selera. Sesuai dengan tahapan proses pembuatan abon, mesin abon terdiri dari:

  • Drawing Machine

Drawing machine adalah mesin abon yang digunakan untuk menarik atau mencabik-cabik daging dalam rangka melenyapkan seratnya. Bayangkan, hanya dalam waktu sejam, Anda bisa menghasilkan 1000 kilogram daging.

  • Meat Floss Fryer

Sesuai dengan namanya, meat floss fryer berfungsi sebagai penggorengan untuk cabikan-cabikan daging dari drawing machine.Dengan mesin ini, Anda bisa langsung memproduksi 25 hingga 50 kilogram dalam tiga jam.

  • Fluffy Machine

Fluffy machine berfungsi sebagai mesin untuk melembutkan gumpalan-gumpalan daging yang sebelumnya digoreng dengan meat floss fryer. Dengan fluffy machine, gumpalan-gumpalan daging yang semula kering dan kasar menjadi lembut seperti kapas. Inilah proses terakhir pembuatan abon. Bila sudah ditangani oleh fluffy machine, maka abon sudah terbentuk dengan sempurna. Dalam sejam saja, Anda sudah bisa langsung menghasilkan 100 kilogram abon.

Manfaat Mesin Abon

Tentu saja, manfaat mesin abon adalah untuk memproduksi abon dalam jumlah banyak. Apalagi, abon sudah terbukti banyak manfaatnya, seperti:

  • Awet namun masih lebih sehat daripada mi instan.
  • Lebih mengenyangkan dan dalam waktu lama.
  • Bisa dikombinasikan dengan karbohidrat selain nasi, seperti: bubur.
  • Menjadi salah satu lauk menu tradisional, seperti nasi begana.
  • Membuat tubuh lebih berenergi.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat abon dalam jumlah banyak, mesin ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda dan sekeluarga. Selain itu, Anda juga bisa membuka usaha menjual abon beraneka rasa.

Cara Merawat Mesin Abon

Lalu, bagaimana cara merawat mesin abon? Beberapa langkah di bawah ini dapat diikuti dengan mudah:

  1. Bacalah buku panduan yang tersedia setelah membeli ketiga mesin abon yang ada.
  2. Sebelum membeli, pastikan dulu daya listrik yang dibutuhkan mesin abon cocok dengan kapasitas listrik di rumah Anda.
  3. Selesai dipakai, jangan lupa cabut kabel dari stop kontak.
  4. Berhubung adonan daging mudah menempel dan cepat bau, jangan tunda bila sudah saatnya mencuci mesin. Bila adonan daging sampai mengeras, akan sulit menyingkirkannya dengan sekali lap.
  5. Saat membersihkan mesin, gunakan kain yang lembut dan lembab, serta air sabun cuci. Pilihlah aroma jeruk atau lemon untuk menghilangkan bau tidak sedap.
  6. Jauhkan mesin dari jangkauan tangan anak-anak.
  7. Jangan sampai mesin terbanting atau jatuh.

Mencari Mesin Abon

Setelah membaca informasi di atas, tentunya sekarang Anda sudah tahu bahwa diperlukan lebih dari satu mesin untuk membuat abon. Ada tiga mesin abon yang masing-masing punya fungsi berbeda. Mengingat usaha menjual abon masih termasuk menguntungkan, anggaplah ini investasi jangka panjang.

Anda bisa melakukan riset dulu untuk mencari tempat yang jual mesin abon. Drawing machine harganya sekitar 40 jutaan rupiah, sementara meat floss sekitar 40 hingga 60 jutaan rupiah.Fluffy machine sendiri mungkin yang harganya paling tinggi, yaitu sekitar 60 jutaan rupiah. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pilihlah tempat yang jual mesin abon berkualitas, terjangkau, sehingga Anda tidak akan menyesal.