Mesin Kopi Vending Sebagai Pendukung Usaha Kuliner Anda

Mesin Kopi Instan Dispenser

MESIN KOPI VENDING

Menjalankan usaha di bidang kuliner adalah pilihan terbaik jika Anda tahu bagaimana memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu bentuk usaha yang tak pernah kekurangan peminat adalah kafe. Penyajian kopi tak melulu harus mengandalkan tenaga barista profesional. Berbekal mesin kopi vending yang mumpuni pun, Anda bisa meraih hati para penikmat kopi.

Pasalnya dengan memiliki mesin kopi vending, Anda bisa menyediakan lebih dari satu pilihan kopi dalam satu perangkat. Kegemaran konsumen terhadap kopi akan terpenuhi dan bisnis Anda dapat menjadi semakin populer.

Kegunaan Mesin Kopi Vending

Mesin Kopi Vending

Jika selama ini Anda baru mengenal mesin kopi drip atau roaster, maka ini saatnya mengetahui mesin kopi vending. Mesin kopi yang satu ini kerap disebut juga sebagai mesin kopi instan. Alasannya cukup sederhana, yakni karena mesin ini bisa meracikkan kopi yang langsung siap Anda reguk.

Konsumen bisa memilih sendiri jenis minuman yang diinginkan. Biasanya, satu mesin kopi vending bisa menghasilkan 3 hingga 4 rasa kopi yang berbeda. Bahkan jika konsumen hanya menginginkan air hangat, mesin ini bisa menyajikannya.

Jenis Kopi yang Bisa Dihidangkan Mesin Kopi Vending

Mesin kopi vending mempunyai fitur peracikan yang menyerupai tenaga barista. Untuk varian rasa pada mesin kopi ini, Anda bisa menentukannya berdasarkan bahan dasar yang dipersiapkan. Untuk bisa menghasilkan kopi, Anda tinggal menyiapkan bahan berupa air minum, biji kopi, creamer, dan cokelat.  

Lalu, apa saja varian rasa kopi modern yang bisa disiapkan oleh mesin kopi vending ini. Kami siapkan ulasannya berikut ini.

  • Americano

Meskipun jenis kopi ini dibuat tanpa kombinasi tambahan selain biji kopi, akan tetapi kadar kafeinanya terbilang lebih rendah ketimbang espresso. Alasannya karena, kopi americano menggunakan volume air yang jauh lebih banyak.

Kopi ini memang dibuat untuk orang yang ingin merasakan kopi secara murni tapi ingin meminimalisasi efek kafeina. Jadilah dengan porsi gelas yang lebih besar, americano aman untuk penikmat kopi.

  • Espresso

Paling kental dan juga sangat pekat. Itulah ciri khas dari espresso. Kopi modern yang satu ini dibuat dari biji kopi murni yang diekstrak. Jenis biji kopi akan menentukan tingkat kekentalan dan finishing taste dari kopi ini. Namun yang pasti, rasa pahit adalah yang mendominasi kopi espresso.

Untuk penyajiannya, secangkir espresso kerap disebut sebagai shot. Alasannya karena porsi espresso hanya secangkir kecil saja. Menghabiskannya pun bisa dengan sekali tenggak, bagi mereka yang kuat dan terbiasa mengonsumsinya.

Mesin Kopi Vending Espresso

Perlu diingat, karena kopi ini murni maka kadar kafeinanya pun sangat tinggi. Orang yang tak terbiasa berisiko merasa pusing atau mual. Namun, bagi penikmat kopi espresso justru memberikan kenikmatan tersendiri.

  • Cappuccino

Bisa dikatakan jenis kopi modern inilah yang paling populer diantara yang lain. Saking populernya, cappuccino merupakan kopi modern dengan merk instan terbanyak di tanah air.

Kopi ini memiliki asal usul penamaan yang cukup unik. Karena kopi ini memiliki campuran susu dan ditambahkan milk foam di atasnya, maka tampilan kopi seperti memakai topi (cap). Itulah mengapa kopi ini kemudian disebut sebagai cappuccino.

Pada kopi cappuccino, kadar susu, foam, dan kopi dicampurkan dengan perbandingan yang sama. Hasilnya, rasa creamy milk coffee yang cocok di lidah kebanyakan orang. Rasa inilah yang membuat orang yang tadinya kurang menyukai kopi seduh biasa, lambat laun menikmati cita rasa kopi setelah mencicipi cappuccino.

  • Mochaccino

Inilah kopi modern yang berasal dari kombinasi antara cokelat dengan kopi. Rasanya, manis dan pahit yang menggugah selera. Kopi ini secara khusus diracik untuk para penggemar cokelat untuk bisa merasakannya di dalam secangkir kopi.

  • Café Mocha

Pada dasarnya, minuman ini adalah mochaccino yang ditambahkan susu steam ke dalamnya. Campuran ini jauh lebih manis, karena paduan dari cokelat dan susu steam yang mengurangi kuatnya kopi. Jenis kopi ini snagat ringan dan cocok untuk mereka yang jarang mengonsumsi minuman berkafeina ini.

  • Café Latte

Sebutan lokal untuk jenis kopi modern ini adalah kopi susu. Sumber rasa susu dari latte adalah foam yang dihasilkan dari proses steam. Minuman kopi modern ini mungkin paling banyak disukai oleh kalangan wanita yang ingin mencicipi kopi tapi tak terlalu suka dengan rasa pahit.

Jadilah minuman café latte yang kerap disebut oleh kalangan barista sebagai very milky coffee. Alih-alih kafeina, justru kopi café latte memiliki kadar lemak yang tinggi. Rasanya didominasi oleh susu yang manis dengan sedikit rasa kopi.

  • Latte Macchiato

Kopi modern yang satu ini adalah modifikasi dari espresso. Sejatinya, ini adalah secangkir espresso yang diberikan tambahan dua hingga tiga sendok susu foam. Susu ini akan mengalami proses steam oleh mesin secara otomatis untuk kemudian dicampurkan ke dalam ekstrak kopi.

Dengan kadar susu yang rendah, Anda tetap bisa merasakan kuatnya kopi. Rasa susu dijamin tidak akan mendominasi minuman berkafeina ini.

Beberapa jenis kopi modern di atas bisa menjadi pilihan untuk ditawarkan kepada para konsumen. Dengan memakai mesin kopi vending, pelanggan pun tinggal memencet tombol bertuliskan ras akopi yang diinginkan tanpa perlu lama menunggu racikan barista.

Cara Menggunakan Mesin Kopi Vending

Produksi Mesin Kopi Vending

Mesin kopi vending sangat mudah untuk digunakan. Tak membutuhkan teknisi ahli apalagi barita untuk bisa mengoperasikannya. Bahkan jika Anda menganut sistem self service, maka konsumen Anda akan mengoperasikan sendiri mesin untuk memperoleh kopi yang mereka inginkan.

Untuk pemilik mesin, berikut adalah cara mengoperasikan mesin kopi vending.

  1. Siapkan kopi, bubuk cokelat, susu, dan suplai air dari galon atau air keran.
  2. Pastikan mesin dalam kondisi dalam yang sudah bersih.
  3. Masukkan bahan-bahan minuman yang tadi telah Anda persiapkan ke dalam wadah mesin.
  4. Nyalakan mesin dan biarkan mesin memproses bahan sesuai permintaan dari konsumen yang memencet tombol mesin.

Kopi yang diseduh langsung saat konsumen memencet tombol akan menjaga kesegaran minuman. Waktu penyeduhan juga hanya sebentar, jadi konsumen tidak perlu menanti lama.

Peluang Usaha dengan Mesin Kopi Vending

Jika Anda membayangkan bahwa mesin ini hanya akan dapat digunakan pada satu jenis usaha saja, maka itu salah. Mesin ini justru bisa difungsikan pada berbagai acara atau kebutuhan usaha Anda. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa Anda kembangkan dengan adanya mesin kopi vending.

1. Kedai Kopi

Tentu bukan kedai kopi bila tak mampu menyajikan beragam jenis kopi modern. Sudah hal yang lazim ditemui di berbagai coffee shop peran barista digantikan dengan keberadaan mesin kopi yang mumpuni.

Hal ini bisa menjadi strategi cerdas bagi beberapa pebisnis kecil dan menengah dalam menekan biaya operasional kedai. Tentunya bila kedai kopi Anda termasuk yang mengandalkan mesin kopi dalam penyajian minuman berkafeina ini, maka sebaiknya pilihlah mesin yang berkualitas tinggi.

2. Katering

Bisnis katering yang dilengkapi dengan mesin kopi vending jelas akan meningkatkan minat para calon konsumen Anda. Posisi katering Anda pun lebih bisa menjangkau kalangan eksekutif hingga masyarakat umum.

Bila tak membuka bisnis katering sendiri, Anda bisa menawarkan jasa sewa mesin kopi vending kepada vendor katering di lingkungan sekitar. Dengan demikian, Anda tetap bisa memperoleh pendapatan lebih dari mesin kopi ini dengan sistem kerjasama.

Mesin Kopi Vending Break
duensacatering.com

Tentunya sebelum memutuskan untuk bermitra atau menyewakan mesin, Anda wajib membuat perhitungan serta aturan seputar kerja sama. Jangan sampai mesin yang sedianya menjadi aset bisnis kemudian rusak dan tidak dipertanggungjawabkan oleh penyewa.

3. Kantin

Tidaklah lengkap kantin tanpa kehadiran mesin kopi di dalamnya. Terlebih hampir semua orang menyukai minuman berkafeina ini. Dengan kehadiran mesin kopi vending otomatis di kantin yang Anda kelola atau bermitra, pelanggan tentu akan lebih betah berada di kantin.

4. Kantor

Ruang tunggu kantor biasanya membutuhkan sajian yang cocok untuk sekadar menghabiskan waktu. Para tamu kantor Anda pun akan merasa dijamu dengan kehadiran mesin kopi vending ini. waktu menunggu tak akan terasa demikian membosankan. Bahkan, sangat mungkin dengan keberadaan mesin kopi ini kenyamanan kerja di kantor Anda akan semakin meningkat.

5. Hotel

Memilih minuman kopi sendiri ketika menanti kamar siap bisa membuat relaks para customer Anda. Alih-alih merasa jenuh, mereka mungkin malah merasa nyaman dan santai dengan kebebasan memilih kopi yang diinginkan.

6. Ruang Training

Bekerja sama dengan vendor atau penyelenggara training bisa menjadi pilihan menarik, tatkala Anda telah memiliki mesin kopi vending ini. Kehadiran secangkir kopi sebagai penyegar di waktu coffee break adalah rutinitas dalam setiap pelatihan. Dalam hal ini, Anda bisa menawarkan kerjasama penyediaan mesin kopi sekaligus makanan atau refreshment lain bagi peserta pelatihan.

Beberapa opsi peluang usaha di atas hanya sebagian dari sekian banyak kesempatan bisnis dengan memanfaatkan mesin kopi vending dari Ramesia. Peluang lain seperti meletakkan mesin kopi pada klinik, rumah sakit, hingga pusat kebugaran pun bisa Anda garap.

Keunggulan Mesin Kopi Vending Ramesia

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dari mesin kopi vending dari Ramesia. Beberapa kelebihan dari mesin kopi instan otomatis ini adalah:

Ukuran Mesin Relatif Kecil

Mesin kopi vending ini memiliki ukuran yang relatif kecil. Hal ini bisa menguntungkan Anda, karena mesin bisa dipindahtempatkan sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan mesin pada kedai atau kantin yang dikelola. Di lain waktu, Anda juga bisa menjalin kemitraan dengan katering dan menyewakan mesin kopi vending untuk digunakan.

Tidak hanya itu, penempatan mesin bisa diletakkan di atas meja, rak, atau kabinet. Posisi mesin bisa ditaruh berdekatan dengan sajian kue atau pilihan minuman selain varian kopi yang tersedia pada mesin.

Hal ini sangat mungkin dilakukan, mengingat mesin kopi ini juga memberikan opsi untuk mengeluarkan air panas saja. Pelanggan pun bisa membuat opsi minuman lain dengan air panas yang tersedia.

Banyak Pilihan Minuman dalam Satu Mesin

Anda bisa menawarkan 4 pilihan minuman sekaligus. Beragam dari varian kopi modern seperti; espresso, café latte, cappuccino, americano, mochaccino, café mocha, dan latte macchiato, bisa menjadi pilihan bagi konsumen Anda.

Bukan cuma itu, minuman cokelat hangat, susu cokelat, dan air hangat pun bisa dipesan melalui mesin kopi vending ini. Bila berhitung secara cermat, maka investasi dengan memiliki mesin ini sangat penting untuk kemajuan bisnis kuliner Anda.

Memiliki 3 Canister

Wadah atau canister ini dapat Anda gunakan untuk menaruh bubuk minuman instan. Masing-masing wadah mempunyai kapasitas 1600 gram. Mesin pun bisa meracik sendiri antara bubuk instan yang satu dengan lainnya, sehingga menghasilkan minuman kopi atau cokelat yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Mesin Kokoh dan Awet

Memiliki rangka mesin yang terbuat dari material stainless steel, menjadikan mesin kopi vending ini mudah dibersihkan sekaligus awet. Sebagaimana yang Anda ketahui, bahan stainless steel sangat resisten terhadap karat. Mesin pun tidak akan mengalami korosi meski terus terpapar dengan bahan-bahan minuman, gula, dan air.

Hemat Biaya

Ketimbang Anda menyewa jasa seorang barista profesional, tentu mesin kopi vending dapat menjadi opsi yang lebih ramah di bujet. Rasa kopi yang dihasilkan pun memenuhi standar cita rasa kopi modern yang cocok di lidah para penikmat kopi.

Tidak hanya mereka yang menggemari kopi, bahkan hasil racikan mesin kopi vending ini pun dapat dinikmati oleh orang yang sekadar ingin mencicipi minuman berkafeina ini. Alasannya karena rasa beberapa jenis kopi modern seduhan mesin ini terasa lebih ringan ketimbang racikan barista.

Kapasitas yang Besar

Mesin ini mampu menampung air hingga 2700 ml. Anda pun bisa menggunakan air galon dengan volume 18,9 liter untuk kebutuhan suplai air mesin kopi ini. Kapasitas yang mumpuni untuk kedai Anda, bukan?

Fitur Pengaturan Suhu dan Kekentalan Kopi

Tidak hanya dapat mengatur pilihan minuman kopi modern yang diinginkan, Anda juga bisa menyetel kebutuhan suhu yang diperlukan. Meskipun memiliki fitur ini, tetapi mesin kopi vending Ramesia tetap hemat daya listrik.

Menariknya lagi, mesin kopi vending ini juga bisa diatur tingkat kekentalan minuman yang dihasilkan. Rasa kopi tetap nikmat tapi lebih ringan dan sesuai dengan lidah segala usia.

Cup Otomatis

Satu lagi kemudahan untuk para pelanggan kedai kopi Anda. Anda tak perlu repot menyiapkan tempat khusus untuk meletakkan cup plastik, karena mesin ini bisa secara otomatis mengeluarkan cup saat konsumen menekan tombol.

Efisien

Anda tak perlu sibuk melakukan pencatatan jumlah cup kopi yang terjual. Mesin ini bisa melakukannya untuk Anda. Alih-alih menghabskan tenaga dan waktu mencatat, Anda bisa membiarkan mesin menunjukkan seberapa banyak jumlah cup yang sudah terpakai.

Mesin Bergaransi

Tentu Anda memahami alasan kenapa jangan pernah membeli barang tanpa adanya jaminan garansi. Alasannya jelas karena, garansi akan memberikan jaminan bila tanpa diduga terjadi kerusakan atau troubleshooting pada mesin.

Bukan hanya itu, adanya garansi juga akan meningkatkan keyakinan bahwa mesin kopi vending yang Anda beli awet dan berkualitas. Dalam hal ini, mesin kopi vending dari Ramesia Mesin tidak hanya menawarkan garansi selama  satu tahun. Ramesia Mesin juga memberikan pelayanan purna jual kepada Anda.

Harga Mesin Kopi Vending Ramesia dan Spesifikasinya

Mesin Kopi Vending Instan Dispenser

Mesin kopi vending SC 7903E yang ditawarkan oleh Ramesia mempunyai kapasitas air panas hingga 2,7 liter. Suhu mesin bisa Anda atur dengan rentang 680C sampai dengan 980C. Dilengkapi dengan tiga canister sebagai wadah bubuk minuman instan dengan masing-masing berkapasitas 1,6 kg dan empat tombol pilihan minuman.

Daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin adalah 1,6 kW dengan tegangan untuk 1 fase sebesar 220 Volt per 50 Hz. Mesin ini berukuran cukup kecil,yakni tinggi 630 mm, panjang 300 mm, dan lebar 380 mm. Mesin dengan bobot 16,5 kg ini dibandrol dengan harga Rp9.800.000,00.

Langkah selanjutnya untuk bisa memiliki mesin kopi vending ini sangat mudah. Anda cukup menghubungi kami melalui nomor kontak yang tersedia pada situs resmi Ramesia. Kami dengan senang hati akan membantu Anda untuk memahami lebih jauh penggunaan dan berbagai benefit dari mesin kopi vending ini.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia