Merintis Bisnis dengan Mesin Pembuat Tahu yang Ekonomis

Tahu adalah salah sumber protein nabati yang cukup akrab bagi orang Indonesia. Pembuatan tahu secara manual dan tradisional sudah dikenal sejak dahulu. Namun, cara tersebut tidak dapat memenuhi permintaan yang terus meningkat. Dibutuhkan inovasi berupa mesin pembuat tahu untuk menaikkan produksi sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Mengenal Mesin Pembuat Tahu

Dalam urusan lauk-pauk, tahu dan tempe menduduki peringkat pertama sebagai menu utama sebagian besar masyarakat Indonesia. Menurut Sosial Ekonomi Nasional, konsumsi tahu orang Indonesia pada tahun 2012 adalah kurang lebih 7 kg/kapita/tahun. Hasil olahan kedelai ini menjadi makanan favorit karena rasanya gurih, bergizi tinggi, dan harganya murah meriah.

Berbeda dengan tempe, tahu memiliki banyak jenis. Ada tahu kuning, tahu putih, tahu susu, tahu Sumedang, dan sebagainya. Olahannya pun beraneka macam. Tidak hanya sebagai teman makan nasi, tahu juga banyak diolah menjadi jajanan. Mulai dari tahu krispi, tahu jeletot, tahu bumbu aneka rasa, bakso tahu, dan masih banyak jenis jajanan berbahan tahu lainnya.

Maraknya bisnis kuliner berbahan tahu menjadikan bisnis produksi tahu menarik untuk dilirik. Tentu saja, untuk menjalankan bisnis ini diperlukan investasi utama yang wajib ada, yaitu mesin pembuat tahu. Mesin ini sangat berguna untuk menghasilkan tahu yang berkualitas. Selain itu, kelancaran produksi tahu juga bisa dijaga.

Proses pembuatan tahu memang cukup panjang, dimulai dari perendaman, pencucian, dan penggilingan kedelai. Selanjutnya, kedelai yang sudah menjadi bubur direbus, disaring, diendapkan, kemudian dicetak. Mesin pembuat tahu dirancang untuk mampu memproduksi tahu sejak dari tahap pertama hingga tahap terakhir.

Adapun proses pembuatan tahu menggunakan mesin pembuat tahu adalah sebagai berikut:

  • Kedelai direndam selama 24 jam.
  • Kedelai dimasukkan ke dalam mesin pemisah kulit ari kedelai. Mesin ini membuat proses pengupasan kulit ari kedelai menjadi jauh lebih cepat.
  • Kedelai yang sudah bersih dari kulit ari kemudian dimasukkan ke dalam mesin penggiling kedelai dan ditambah dengan air. Kedelai akan digiling hingga halus dan menjadi bubur.
  • Proses selanjutnya adalah merebus bubur kedelai yang masih berupa campuran antara susu kedelai dan ampasnya. Selama perebusan, bubur kedelai harus ditambah air setiap kali muncul busa di permukaan. Proses ini dilakukan sampai busa hilang sama sekali.
  • Bubur kedelai kemudian didiamkan hingga dingin, lalu disaring untuk memisahkan cairan dan ampas. Cairan lalu direbus kembali, tetapi tidak sampai mendidih.
  • Ke dalam cairan kemudian ditambahkan cuka makan dan didiamkan selama 30 menit sampai terbentuk calon tahu yang terpisah dari airnya.
  • Calon tahu ini kemudian disaring menggunakan saringan tahu dan didiamkan kembali sampai menjadi tahu.
  • Langkah terakhir adalah memasukkan tahu ke dalam wadah yang terdapat pada mesin pencetak tahu, kemudian tahu dipotong-potong dan siap dipasarkan.

Keunggulan Mesin Pembuat Tahu

Bagi para pengusaha tahu, kecepatan produksi dan kualitas produk sangatlah penting. Cara manual tidak dapat diandalkan untuk mendapatkan tahu dalam jumlah banyak secara cepat dan dengan bentuk serta ukuran yang sama. Mesin ini juga akan menghemat biaya, waktu, dan tenaga untuk memproduksi tahu.

Selain itu, dilihat dari sisi alatnya sendiri, mesin pembuat tahu memiliki banyak keunggulan lain, yaitu:

  • Mudah dioperasikan karena tidak membutuhkan keahlian khusus.
  • Mudah dibersihkan dan dirawat.
  • Terbuat dari bahan baja antikarat (stainless steel), serhingga aman, tahan lama, dan tahu yang dihasilkan lebih higienis.

Spesifikasi dan Cara Kerja Mesin Pembuat Tahu

Ada beberapa jenis mesin pembuat tahu, tergantung dari kapasitas produksi yang diinginkan, yaitu.

1. Mesin Berukuran Lebih Kecil

Ukuran mesin: 60x45x120 cm

Kapasitas produksi tahu: 12 kg per jam

2. Mesin Berukuran Besar

Ukuran mesin: 53,5×53,5×109 cm

Kapasitas produksi tahu: 12 kg per jam

Kedua jenis mesin tersebut dioperasikan secara manual, dengan cara kerja sebagai berikut:

  • Letakkan adonan tahu yang akan dipotong ke dalam wadah yang tersedia.
  • Pasang wadah yang sudah berisi tahu di bawah pisau pemotong dengan posisi yang benar, kemudian kencangkan kuncinya sehingga wadah tidak mudah bergeser.
  • Putar tuas yang ada pada mesin hingga pisau turun dan memotong tahu.
  • Setelah tahu selesai dipotong, putar kembali tuas ke arah berlawanan untuk mengangkat pisau kembali ke posisi semula.
  • Lepaskan kunci wadah, pindahkan tahu-tahu yang sudah terpotong ke wadah lain.

Peluang Usaha Menggunakan Mesin Pembuat Tahu

Tahu berasal dari Cina dan pertama kali dikenal pada masa Dinasti Han, kira-kira 2.200 tahun yang lalu. Nama tahu diambil dari nama aslinya, tauhu, yang berarti kedelai yang difermentasikan.

Saat ini, bisnis kuliner tahu semakin beragam dan tak pernah sepi peminat. Setiap kreasi baru selalu mendapat sambutan baik dari konsumen. Pangsa pasar tahu yang memang sudah luas pun semakin bertambah luas dengan adanya kreasi-kreasi baru ini. Siapa yang tidak tertarik menikmati jajanan berharga murah tapi bisa menggoyang lidah?

Bukan hanya kreasi produk, pemasaran produk tahu pun berkembang. Kalau dulu tahu hanya ditemukan di pasar-pasar atau pedagang keliling, kini semakin mudah menemukan tahu. Usaha kuliner tahu dijalankan dengan membuka kedai, rumah makan, maupun dengan menggunakan booth atau gerobak. Bahkan, bisnis jajanan tahu juga ditawarkan dalam bentuk waralaba.

Fakta-fakta tersebut menunjukkan bahwa peluang usaha kuliner tahu masih sangat besar. Selain itu, karena tahu juga merupakan makanan yang sudah sangat dikenal sejak lama, bisnis tahu akan tetap bertahan dalam jangka waktu panjang. Namun, peluang usaha yang besar tidak akan berarti apa-apa jika pelaku bisnis ini tidak memiliki strategi jitu dalam menjalankannya.

Bagi para pengusaha tahu, efisiensi sangat penting karena akan berdampak pada banyak hal, terutama omzet dan keuntungan. Dengan semakin banyaknya orang yang bergerak di bidang usaha tahu, persaingan pun semakin ketat. Karena itu, penting sekali bagi para pengusaha tahu untuk mempertahankan dan meningkatkan produksinya dengan cara yang lebih efisien.

Salah satu cara meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi adalah dengan menggunakan mesin pembuat tahu. Mesin ini terbukti telah memberikan sumbangan yang besar dalam mengembangkan bisnis tahu di Indonesia. Tanpa mesin ini, proses pembuatan tahu pasti jauh lebih lambat dan tidak bisa mengimbangi permintaan akan tahu.

Selain meningkatkan produksi, penggunaan mesin ini akan memangkas biaya operasional karena hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja. Dengan biaya yang lebih hemat, Anda bisa memberikan harga yang lebih ramah kepada konsumen. Dengan demikian, peluang usaha menggunakan mesin pembuat tahu akan semakin terbuka lebar.

Untuk memulai bisnis tahu, Anda tidak perlu langsung membuka pabrik dalam skala besar. Anda bisa memulai dengan skala yang lebih kecil atau skala rumahan. Karena itu, penggunaan mesin pembuat tahu sangat disarankan untuk pemula. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar, tetapi akan mendapatkan banyak keuntungan.

   

     

Promo Pelanggan baru