Mesin Penutup Kaleng

Mesin Penutup Kaleng

Berbisnis makanan siap saji dapat menjanjikan keuntungan berlipat. Makanan siap saji ini praktis dan cara penyajiannya pun tidak memerlukan waktu yang lama. Namun, masalah timbul ketika Anda dihadapkan dengan bagaimana cara mengemas produk makanan Anda. Bila produk Anda merupakan makanan basah, maka Anda akan membutuhkan mesin penutup kaleng.

Apa Itu Mesin Penutup Kaleng?

Pada era sekarang ini, kemasan makanan sudah beralih fungsi sebagai penarik perhatian konsumen. Kemasan yang cantik dan bersih akan menarik lebih banyak konsumen. Maka dari itu sebagai produsen makanan, Anda hendaknya tidak mengesampingkan desain kemasan produk Anda.

Untuk makanan basah, sebaiknya Anda menggunakan kemasan yang kedap udara dan melindungi makanan tersebut dari paparan sinar matahari langsung. Kemasan kaleng adalah pilihan yang tepat karena kemasan kaleng dapat membuat makanan menjadi lebih tahan lama meskipun Anda tidak menambahkan bahan pengawet yang berbahaya.

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan kemasan kaleng, Anda otomatis akan membutuhkan mesin penutup kaleng atau biasa yang disebut juga sebagai mesin seamer kaleng.

Mesin penutup kaleng, seperti namanya, digunakan untuk menutup rapat kemasan kaleng sehingga tidak tumpah dan bocor. Mesin penutup kaleng banyak jenisnya. Maka dari itu, Anda harus mengenali mesin penutup kaleng yang akan Anda beli, jangan sampai membeli penutup kaleng untuk kemasan kaleng cat.

Mesin Penutup Kaleng Makanan

Proses Pengemasan Makanan dengan Mesin Penutup Kaleng

Memastikan kaleng tertutup rapat sempurna dan tidak ada bakteri yang dapat berkembang biak di dalamnya adalah suat keharusan karena dengan melakukannya secara tepat dapat memungkinkan makanan bertahan lebih lama.

Tetapi untuk memastikan kaleng higienis dan tertutup sempurna harus melalui beberapa proses diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tahap pertama

Kaleng kosong harus disterilkan dari debu dan bakteri terlebih dahulu.

  1. Tahap kedua

Setelah kaleng kosong tersebut steril, kemudian dilanjutkan dengan pengisian produk makanan atau minuman ke dalam kaleng.

  1. Tahap ketiga

Pada tahap ini, proses exhausting dilakukan. Proses exhausting adalah proses pembuangan oksigen. Hal ini dilakukan karena oksigen dapat memicu berkembang biaknya bakteri.

  1. Tahap keempat

Pada tahap ini, proses seaming mulai dilakukan. Proses ini meliputi penggunaan mesin penutup kaleng khusus makanan untuk menutup kemasan produk Anda secara sempurna.

  1. Tahap kelima

Pada tahap ini, sterilisasi kembali dilakukan. Kali ini kaleng yang sudah ditutup disterilkan dengan suhu 121 derajat celcius dan tekanan 2 atmosfer.

  1. Tahap keenam

Pada tahap ini, proses pendinginan dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memecah bakteri yang masih bertahan setelah proses sterilisasi dilakukan.

  1. Tahap ketujuh

Pada tahap ini, kaleng-kaleng yang sudah melalui proses pendinginan akan dikarantina selama 14 hari untuk mengetahui apakah kaleng-kaleng tersebut telah terbebas dari bakteri. Apabila bakteri masih ada dalam kaleng, maka kaleng akan mengalami perubahan bentuk. Apabila kaleng tidak mengalami perubahan bentuk, maka isi dalam kaleng dapat bertahan selama 2 tahun.

Baca juga  Mesin Expired Date - Mesin Kode Expired Terbaru Berkualitas
Mesin Penutup Kaleng Makanan
foter.com

Ciri-Ciri Makanan Kaleng yang Harus Dihindari

Makanan atau minuman yang dikemas dalam kaleng memang memiliki daya tahan yang cukup lama daripada makanan yang disimpan dalam kemasan plastik. Akan tetapi, hal ini tidak menjamin makanan tersebut selalu dalam keadaan baik. Proses pengalengan yang salah dapat mempengaruhi daya tahan makanan.

Berikut adalah ciri-ciri makanan kaleng yang harus Anda hindari. Jika menemukan salah satu dari ciri berikut, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan kaleng tersebut dan segera membuangnya.

  • Kondisi kaleng yang sudah rusak

Kemasan kaleng memang tidak transparan seperti kemasan plastik. Sangat tidak memungkinkan bagi Anda untuk mengetahui kualitas dari isi kaleng tersebut apakah masih layak untuk dikonsumsi atau tidak.

Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak dapat mengetahui hal tersebut. Layak atau tidaknya makanan kaleng dapat diketahui dari kemasannya. Jika Anda menemukan kaleng tersebut menggelembung, berkarat, terdapat lubang pada kemasan, atau label yang rusak, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi isi kaleng tersebut.

  • Timbul suara mendesis ketika kaleng dibuka

Makanan yang dikemas dalam kaleng tidak akan mengeluarkan suara mendesis ketika dibuka kecuali isi kaleng tersebut adalah minuman bersoda.

Apabila makanan kaleng berdesis ketika dibuka layaknya minuman bersoda, sebaiknya Anda membuang makanan tersebut karena dapat dipastikan makanan tersebut telah terkontaminasi dan bereaksi sehingga memunculkan gas.

  • Bentuk dan warna makanan yang tidak seperti biasanya

Makanan kaleng memang merupakan makanan olahan. Tetapi bukan berarti hasil olahannya akan membuat warna dan teksturnya berubah drastis dari bahan aku utamanya.

Jika Anda menemukan makanan kaleng yang hendak Anda konsumsi memiliki bentuk, warna, dan aroma yang tidak wajar, segera buang makanan tersebut. Makanan dengan ciri-ciri seperti itu tidak layak untuk dikonsumsi.

Mesin Penutup Kaleng Minuman
freeimages.com

Spesifikasi dan Harga Mesin Penutup Kaleng Ramesia

Untuk menghasilkan kemasan kaleng yang baik, Anda juga akan membutuhkan mesin penutup kaleng yang berkualitas pula. Jika Anda bingung di mana bisa menemukan mesin penutup kaleng yang berkualitas dan bergaransi, Ramesia Mesin siap membantu Anda.

Baca juga  Vacuum Vacook

RamesiaMesin menyediakan berbagai tipe dan merek mesin penutup kaleng. Berikut adalah spesifikasi dari mesin penutup kaleng yang Anda dapat temukan di Ramesia.

Mesin Seamer Manual NY-MS100

Mesin penutup kaleng yang satu ini adalah mesin seamer manual. Cara pengoperasiannya adalah dengan meletakkan kaleng sesuai lingkaran diameter pada tempat yang sudah disediakan, kemudian letakkan penutupnya.

Injak pedal untuk mendekatkan kaleng dengan tuas. Setelah itu, geser tuas ke samping kemudian tarik tuas ke atas dan tahan beberapa saat, sehingga penutup dapat menutup rapat secara sempurna.

Mesin penutup kaleng ini memiliki ukuran tinggi 550cm dengan lebar 36cm dan panjang 131cm serta berat 73kg. Dalam pengoperasiannya, mesin ini memerlukan daya sebesar 550 Watt dengan voltase sebesar 220V/50Hz.

Akan tetapi, tidak semua kaleng dapat ditutup dengan menggunakan mesin ini. Adapun kaleng yang sesuai untuk diproses dengan mesin ini adalah kaleng dengan tinggi 30 hingga 350mm dengan diameter 50 hingga 200mm.

Meskipun dioperasikan secara manual, mesin penutup kaleng ini sangat praktis, efisien, dan  mudah digunakan. Dengan latihan yang singkat, Anda atau karyawan Anda akan dapat menggunakannya dengan mudah. Mesin NY-MS100 ini juga bekerja dengan cepat. Anda dapat menutup kaleng sebanyak 600 hingga 1600 kaleng dalam satu jam.

Jenis kaleng yang dapat ditutup dengan mesin ini antara lain adalah aluminium can, tincan, PET can, serta papercan. Mesin seamerini bekerja dengan performa prima dan tanpa menimbulkan kebisingan yang berarti yang dapat mengganggu kenyamanan Anda ketika mengoperasikannya.

Apakah Anda tertarik untuk berbisnis makanan basah seperti sambal, sarden, atau gudeg yang berkualitas? Kemasan kaleng tentu akan menjadi solusi praktis untuk usaha Anda.

Jangan lupa untuk memesan mesin penutup kaleng dengan menghubungi cabang Ramesia Mesin terdekat di kota Anda. Dan jangan lewatkan penawaran  harga khusus dari Ramesia Mesin khusus untuk Anda.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares