Mesin Skin Blister

Mesin Skin Blister

Jika Anda menjalankan bisnis di bidang kesehatan atau otomotif, mesin skin blister mungkin bukan merupakan hal yang asing lagi. Karena obat dan onderdil motor atau mobil membutuhkan pengemasan yang higienis dan kedap udara, agar tidak terkontaminasi benda-benda asing lainnya. Hal inilah yang membuat mesin skin blister sangat penting.

Apa Itu Mesin Skin Blister?

Pernahkah Anda memperhatikan kemasan baterai atau onderdil kendaraan bermotor yang terdiri dari kertas karton dan plastik yang dibentuk menyerupai bentuk produk yang ada di dalamnya dengan cara dipres? Itulah kemasan yang dibentuk menggunakan mesin skin blister.

Mesin skin blister bekerja menggunakan prinsip pemuaian, sehingga plastik yang telah sengaja dipanaskan dapat memuai. Kemudian plastik divakum agar bentuknya sesuai dengan kontur produk yang dikemas.

Tujuan dari penggunaan mesin skin blister ini adalah agar produk tetap terjaga dan tidak terkontaminasi oleh benda-benda yang lain. Dengan kemasan yang masih rapat seperti itu menandakan bahwa barang tersebut masih baru dan belum pernah digunakan sama sekali.

Mesin Skin Blister untuk Obat
vix.com

Berbagai Jenis Mesin Pengemas untuk Mempercantik Produk Anda

Selain skin blister, terdapat beberapa mesin pengemas yang menggunakan prinsip kerja yang sama yaitu memafaatkan pemuaian dan kedap udara. Berikut adalah mesin pengemas yang menggunakan sistem kedap udara.

Mesin Hand Sealer

Mesin ini biasanya digunakan untuk mengemas produk makanan ringan yang dihasilkan oleh industri rumah tangga atau usaha kecil menengah. Mesin ini menggantikan pengemasan cara tradisional yang memanfaatkan panas api pada lilin untuk melelehkan kemasan plastik agar dapat menempel dengan baik.

Mesin ini juga memanfaatkan energi panas yang dihasilkan oleh listrik. Kemudian plastik yang akan dikemas dijepit pada mesin ini, sehingga plastik akan sedikit meleleh dan menempel satu sama lain. Cara ini lebih cepat dan rapi daripada cara tradisional yang memanfaatkan panas api.

Mesin Vakum

Mesin vakum ini juga biasa digunakan pada industri makanan, tetapi bukan industri dalam skala kecil melainkan industri makanan yang sudah dalam skala besar bahkan nasional.

Prinsip kerja mesin ini adalah menghampakan udara (vakum) yang ada dalam kemasan, sehingga tidak tersisa udara sama sekali. Ketika tidak terdapat udara dalam kemasan, maka tidak ada bakteri dan proses oksidasi yang terjadi yang dapat menyebabkan pembusukan pada makanan.

Mesin vakum ini biasa digunakan untuk mengemas makanan basah seperti baso, sosis, atau udang agar bisa bertahan lama dan tidak mengalami pembusukan.

Baca juga  Mesin Pengemas Sachet

Mesin Carton Sealer dan Carton Erector Otomatis

Mesin ini biasa ditemukan pada industri berskala besar yang produknya dipasarkan baik secara nasional maupun internasional.

Mesin ini digunakan untuk melipat karton agar membentuk kotak kardus yang kemudian digunakan untuk mengemas barang sebelum dipasarkan. Carton sealer berperan sebagai pengemas akhir yaitu penyegel bagian atas kardus yang telah diisi oleh produk yang akan dipasarkan.

Penggunaan mesin ini dapat memaksimalkan kegiatan produksi dan memangkas biaya pengemasan. Anda tidak perlu lagi untuk menggaji karyawan hanya untuk melipat dan menyegel kardus yang tentunya akan memakan waktu cukup lama, dibandingkan dengan penggunaan mesin carton erector dan carton sealer ini.

Mesin Strapping

Mesin ini hampir sama dengan mesin carton sealer yang berfungsi untuk mnyegel karton yang sudah diisi dengan produk. Yang membedakan mesin ini dengan carton sealer adalah mesin ini menggunakan metode strap yang dapat mengikat seluruh bagian kardus agar tidak mudah terbuka meskipun jika diangkat dengan alat berat sekalipun.

Mesin Capping

Mesin ini digunakan untuk menutup botol minuman baik berupa botol plastik maupun botol yang terbuat dari kaca. Dengan menggunakan mesin ini, minuman akan terjaga kualitas dan kebersihannya hingga di tangan konsumen.

Mesin Skin Blister Ramesia
alibaba.com

Cara Kerja Mesin Skin Blister

Mesin skin blister memanfaatkan energi panas dalam pengoperasiannya. Pertama-tama, plastik yang akan digunakan untuk mengemas produk dipanaskan terlebih dahulu agar memuai. Kemudian, plastik ditempelkan pada produk sehingga bentuk plastik akan menyerupai produk tersebut.

Lalu, plastik tersebut akan divakum sehingga tidak ada udara yang tersisa disekitar produk. Ketika divakun, secara otomatis plastik tersebut akan mengikuti bentuk produk sehingga memberikan kesan kemasan yang rapat dan kedap udara serta menyerupai proses laminating.

Spesifikasi dan Harga Mesin Skin Blister Ramesia

Jika Anda tertarik untuk memesan mesin skin blister tetapi tidak tahu di mana bisa mendapatkan mesin skin blister dengan kualitas yang baik serta bergaransi, jangan beranjak. Anda dapat menghubungi cabang Ramesia Mesin terdekat di kota Anda.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membeli mesin skin blister ini, ada baiknya Anda mempelajari spesifikasi mesin skin blister  yang tersedia di Ramesia Mesin.

Mesin Skin Blister Obat
wisata-kota-malang.blogspot.com

Mesin Blister XBF-500

Mesin skin blister  yang satu ini memiliki postur yang lumayan besar yaitu panjang 1.000mm dengan lebar 510mm dan tinggi 1.410mm serta berat mencapai 70kg. Dengan postur yang lumayan berat seperti ini, Anda tidak perlu khawatir jika ingin memindahkannya. Karena mesin ini dilengkapi dengan empat roda kecil yang memudahkannya untuk dipindahkan.

Baca juga  Mesin Penutup Botol

Dalam pengoperasiannya, mesin ini membutuhkan daya sebesar 1500 Watt dengan voltase sebesar 220 Volt. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama-tama, Anda harus menyalakan mesin ini, lalu tempatkan cetakan produk pada meja lingkaran yang dapat diputar. Letakkan plastik, produk Anda, lalu kertas karton pada cetakan. Lalu tempatkan cetakan di bawah pressure board  yang berukuran 500x300mm.

Turunkan pressure board sehingga menimpa cetakan selama kurang lebih 10 detik. Panas dari pressure board  akan melekatkan plastik dengan karton secara sempurna. Mesin ini sangat sesuai jika digunakan untuk mengemas spare part  kendaraan bermotor atau mainan.

Skin Pack Machine TB-390

Mesin skin blister  ini memiliki ukuran yang lebih besar mesin Blister XBF-500. Mesin ini memiliki ukuran panjang 1.500mm dengan lebar 600mm dan tinggi 1.350mm serta berat 135kg. Mesin ini terbuat dari besi yang kokoh sehingga kuat dan tahan lama. Mesin ini juga dilengkapi dengan elemen pemanas infra merah untuk pemanasan yang lebih cepat dan merata.

Dalam pengoperasiannya, mesin ini memerlukan daya sebesar 7,5 Watt dengan voltase sebesar 380 Volt. Cara mengoperasikannya pun juga sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan plastik pada tempat yang disediakan. Kemudian plastik tersebut akan diangkat. Ketika plastik sudah diangkat, letakkan beberapa kertas karton dengan produk yang ingin Anda kemas di atas karton tersebut.

Setelah itu, timpakan plastik tadi di atas karton dan secara otomatis udara akan tersedot sehingga plastik tersebut merekat erat pada karton dan produk. Mudah, kan?

Jika Anda ingin memesan mesin skin blister ini, Anda dapat mengunjungi gerai Ramesia Mesin di Jl. Dr Saharjo No 107A, Tebet, Jakarta Selatan. Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui layanan telepon Ramesia Mesin pada 1500-616.

Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan email kepada Ramesia Mesin melalui [email protected]. Dengan cara-cara di atas Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut terkait mesin skin blister yang Anda cari.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares