Hand Sealer l Mesin Sealer Plastik l Alat Press Plastik

Hand Sealer Plastik Banner

Hand Sealer | Mesin Sealer Plastik & Alat Press Plastik Terbaik | Ramesia

Hand Sealer merupakan salah satu jenis mesin prees plastik yang digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga ataupun home industri. Jenis alat perekat plastik ini sangat mudah digunakan untuk mengemas berbagai jenis produk makanan ringan serta berbagai jenis bahan makanan yang menggunakan kemasan plastik.

Tujuan pengemasan tentu agar produk tampil lebih rapi dan juga higienis karena dibungkus dengan plastik yang telah ditutup dengan rapat. Dahulu para pengusaha kecil menggunakan lilin untuk merapatkan plastik kemasan, karena belum adanya alat perekat plastik yang bisa digunakan di skala industri rumah tangga.

Mengenal Macam-macam Sealer

Ingin tahu tentang macam-macam sealer? Sebelum memutuskan untuk membeli, cek dulu satu-satu di bawah ini:

Impulse Hand Sealer

Sesuai dengan namanya, hand sealer yang satu ini memang langsung digerakkan oleh tangan. Meskipun termasuk unit manual, mesin ini masih membutuhkan tenaga listrik. Mesin Sealer Plastik banyak digunakan untuk kebutuhan industri rumahan, seperti: membungkus bahan pangan.

Dalam sehari, mesin ini dapat menghasilkan 200 kantong plastik yang terekat dengan sempurna. Tentu saja, Anda dapat menggunakannya di mana saja, selama mendapatkan daya atau tenaga listrik yang cukup untuk mengoperasikannya.

Foot Pedal Sealer

Hand Sealer GetraMendengar namanya, mungkin Anda jadi terbayang mesin jahit kuno yang menggunakan pedal untuk mengoperasikannya. Mesin ini berjenis semi-manual dan dapat membantu Anda melakukan dua pekerjaan sekaligus atau multitasking. Ingin membungkus makanan sembari mengisi kantong plastik lain sekaligus? Foot pedal sealer memang jagoannya.

The Automatic Sealers

Sesuai namanya, mesin ini memang otomatis. Fungsinya untuk pabrik atau perusahaan yang menghasilkan kemasan dalam jumlah besar atau banyak. Dengan pedal elektrik dan sistem perekatan (sealing) yang dapat diatur secara berkala, waktu pengerjaan barang malah bisa lebih efektif lagi.

Dengan kemampuan mesin otomatis seperti itu, Anda bisa menciptakan jadwal pengerjaan dan target produksi per jam atau per hari bagi karyawan pabrik. Bahkan, bila menyetel alat agar dapat mengemas bahan dalam interval lima atau sepuluh detik, pedal elektronik pada mesin sudah tidak perlu digunakan lagi.

Rapid Sealer atau Band Sealer

Hand sealer otomatis ini dapat memproduksi kemasan paling banyak dari ketiga temannya di atas. Bila dalam semenit saja bisa mengemas sebanyak 70 kantong plastik berdaya rekat, maka dalam sejam berarti bisa sampai sekitar 4000 kantong. Luar biasa sekali, bukan?

Ternyata ada dua jenis hand sealer yang bisa Anda pilih. Ada yang manual dan juga yang otomatis. Yang mana yang ingin Anda gunakan? Semua tergantung pilihan dan kebutuhan masing-masing. Namun, apa bedanya mesin yang manual dengan yang otomatis? Kita akan mengetahuinya pada bagian berikut.

Perbedaan Hand Sealer Manual dan Otomatis

Hand sealer atau mesin perekat plastik memang terdiri dari dua jenis, yaitu: manual dan otomatis. Namun, apa saja perbedaan mereka?

Hand Sealer Otomatis

Namanya juga otomatis, jadi kemungkinan mesin ini gagal mengemas barang secara sempurna nyaris nihil. Tentu saja, kecuali bila mesin ini rusak. Tidak hanya plastik, hand sealer otomatis juga dapat digunakan untuk membungkus aluminium foil.

Bila membungkus secara manual dapat merobek foil, maka mesin ini dapat menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan, mesin ini juga bisa sekalian untuk mencetak kode kedaluwarsa produk pada pembungkusnya. Ada fitur embosser untuk membuat bagian ini.

Kelebihan lainnya, mesin sealer plastik otomatis dapat digunakan bila Anda ingin mengemas dalam posisi horizontal maupun vertikal. Bahan-bahan yang dibungkus juga tidak terbatas. Anda bisa menggunakan mesin ini untuk membungkus bahan-bahan padat (seperti produk camilan), bahan cair (seperti pupuk cair atau cat), hingga bubuk (kopi atau cokelat). Pabrik atau perusahaan yang ingin menghemat waktu sekaligus menambah jumlah produksi, biasanya memilih mesin ini.

Hand Sealer Manual

Bagaimana dengan hand sealer versi manual? Meskipun tidak bisa menghasilkan sebanyak yang versi otomatis, kelebihan mesin ini juga tidak bisa dianggap remeh. Banyak pengusaha industri rumahan yang memilih mesin jenis ini. Selain tenaga atau daya listriknya tidak boros, mesin ini juga bisa dipindahkan ke mana saja. Bobotnya tidak berat lagi.

Para ibu rumah tangga yang juga membuka usaha warung atau katering di rumah pasti juga senang dengan kehadiran mesin ini. Daya segel plastik yang rapat sempurna rasanya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan industri rumah tangga. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu antara Rp250.000,00 hingga Rp500.000,00. Tentu saja, ini juga tergantung dari panjang perekat (sealer) yang terdapat pada mesin ini.

Sayangnya, hand sealer manual tidak bisa digunakan untuk pengemas yang terlalu tebal. Mesin dapat cepat rusak karena bekerja lebih keras dari seharusnya. Selain itu, selama tidak perlu memproduksi kemasan banyak dalam waktu singkat, sepertinya Anda tetap bisa menggunakan mesin ini.

Jual Hand Sealer - Mesin Press Plastik

Hand Sealer l Mesin Sealer Plastik l Alat Press Plastik

Dengan menggunakan bantuan mesin press plastik, produk yang diproduksi dapat terlihat lebih higienis dan menarik sehingga dapat meningkatkan nilai jual produk itu sendiri.

Selain itu pengemasan menggunakan hand sealer tentu saja dapat memperpanjang masa kadaluarsa produk, maka produk dapat lebih tahan lama berada pada kemasan plastik dalam keadaan baik. Hal ini karena mesin press plastik merekatkan plastik dengan kuat.

Disamping itu, mesin press plastik ini amat praktis untuk dipindah-pindahkan karena ukuran nya yang relatif kecil. Dengan demikian, dapat mempermudah proses produksi sehingga bisa dilakukan dimana saja dan tidak memerlukan banyak ruang saat disimpan ketika tidak digunakan.

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis hand sealer yang bisa dipilih berdasarkan ukuran, kecepatan, dan kegunaan berdasarkan kebutuhan. Cara Menggunakan alat press plastik cukup mudah, yakni dengan menempelkan kemasan pada alat.

Keunggulan Menggunakan Hand Sealer Dibandingkan Alat Press Plastik Manual

Mempermudah Pengemasan Plastik

Hand Sealer Alat Press Plastik

Biasanya industri skala kecil atau UKM mengemas plastik dengan cara menempelkan pada lilin. Tetapi cara ini bisa dibilang sangat tidak efektif dan menguras banyak waktu bagi pebisnis pemula.
Hal tersebut berbanding terbalik bila mengunakan mesin hand sealer. Untuk mengemas dan merekatkan plastik Anda cukup menempelkan pada mesin kemudian menekan plastik sampai menempel.

Mengurangi Resiko Pengemasan

Bila menggunakan lilin tentu akan sangat beresiko tinggi, terlebih lagi bagi pemula hasil kemasan biasanya tidak bisa cepat dan masih harus berhati – hati, karena sedikit kecerobohan akan menyebabkan kebakaran.
Bila Anda menggunakan Hand Selar maka cukup dengan menempelkan plastik ke pemanas kemudian menekannya sampai plastik merekat sempurna.

Hasil Pengemasan Lebih Rapi

Merekatkan kemasan dengan cara tradisional selain direkatkan menggunakan api biasa menggunakan ikat karet ataupun tali. Hasilnya tentu akan berantakan dan terlihat kurang rapi. Berbeda bila menggunakan Hand Sealer, hasil yang didapat akan lebih rapi.

Harga Jual Produk Lebih Mahal

Dengan menggunakan sealer plastik kemasan akan lebih rapi dan higienis. Selain itu produk juga dikemas dengan desain yang menarik sehingga menaikan brand dan nilai jual produk tersebut. Hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan bila masih menggunakan pengemas plastik tradisional.

Cara Penggunaan Alat Press Plastik atau Hand Sealer Ramesia

Hand sealer adalah mesin yang dipakai untuk menekan atau melakukan pressing pada bahan plastik. Sebutan lainnya adalah alat untuk merekatkan plastik. Mesin ini banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga maupun kebutuhan industri rumahan.

Manfaat dari menggunakan hand sealer adalah agar makanan yang terbungkus oleh plastik dapat lebih higienis dan terlindungi. Misalnya, untuk membungkus makanan basah seperti daging merah, buah-buahan segar, atau makanan lainnya yang tidak bertahan lama.

Bagaimana cara menggunakan mesin ini? Anda cukup mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Bungkuslah makanan yang ingin Anda bungkus di dalam plastik. (Contoh: buah lemon.) Gunakanlah plastik bening yang tipis dan mempunyai daya lekat, bukan kantong plastik yang biasa ditawarkan pasar atau supermarket.
  2. Setelah makanan dibungkus dengan plastik, sisakan bagian kosong/tutup plastik untuk di Sebaiknya jangan terlalu penuh mengisi kantong plastik dengan makanan. Rapatkan bagian ini agar menyatu.
  3. Rapikan bagian kosong/tutup plastik sebelum diletakkan di antara ‘moncong’ hand sealer. Biarkan moncong mesin ini dalam keadaan terbuka.
  4. Seperti menyeterika pakaian, turunkan moncong mesin sealer plastik perlahan-lahan hingga menjepit plastik. Tekan agak lama sampai Anda yakin bahwa plastik sudah terekat dengan sempurna. Bila belum yakin, Anda bisa mengulangi proses ini sekali lagi.
  5. Bila masih ada bagian lain dari kantong plastik tersebut yang perlu dilekatkan, cobalah dari sisi tersebut. Yang penting, makanan di dalamnya terbungkus dengan sempurna dan aman terlindungi.

Tidak hanya makanan, Anda bisa menggunakan hand sealer ini untuk membungkus perangkat lain yang termasuk rapuh. Misalnya: cakram digital atau compact disc (CD). Lebih lengkap tentang cara penggunaannya, Anda dapat melihat dalam video berikut.

Hand Sealer merupakan mesin pengemas yang digunakan untuk mengemas berbagai kemasan plastik. Misalnya untuk mengemas keripik, makanan ringan, bawang goreng, dll. Pengoperasian alat press plastik dilakukan menggunakan tangan secara manual dan sangat mudah.  Yaitu dengan cara meletakan plastik kemasan diantara mesin press plastik tersebut, lalu di tekan layaknya mesin press.

Cara Merawat Hand Sealer Agar Awet dan Tahan Lama

Lalu, bagaimana cara merawat hand sealer agar lebih awet dan tahan lama? Beberapa cara di bawah ini termasuk yang dapat dilakukan:

1. Perawatan Preventif

Sesuai namanya, perawatan ini berarti untuk mencegah kerusakan pada mesin. Perawatan ini termasuk inspeksi, reparasi kecil, pelumasan, hingga penyetelan.

2. Perawatan Korektif atau Untuk Perbaikan

Bila memungkinkan, modifikasi rancangan mesin dapat dilakukan agar mesin hand sealer yang Anda gunakan bisa bekerja lebih baik daripada sebelumnya.

3. Perawatan Berjalan

Saat mesin sedang digunakan, sebaiknya ada yang mengawasi proses kerja mesin tersebut. Apakah lancar seperti biasa atau ada masalah? Bila ada kerusakan yang segera dideteksi, maka penanganannya juga bisa lebih cepat dilakukan.

4. Perawatan Prediktif

Sekilas memang hampir mirip dengan perawatan berjalan. Bedanya, perawatan ini dilakukan dengan cara mengetahui kemungkinan kerusakan yang dapat terjadi. Misalnya: perubahan atau kelainan pada mesin. Tidak hanya dengan mata awam manusia, beberapa alat canggih pendukung pun dapat dikerahkan untuk perawatan prediktif hand sealer.

5. Perawatan Sesudah Kerusakan atau Breakdown Maintenance

Jual Hand Sealer

Jenis perawatan ini mungkin yang paling sering terjadi dan dilakukan. Lebih mudahnya, Anda langsung tahu masalah yang terjadi pada mesin tersebut. Namun, lebih baik memang mencegah daripada mengobati. Bila terlalu sering terjadi, lama-lama mesin tidak dapat digunakan lagi dan Anda harus membeli yang baru.

6. Perawatan Darurat atau Emergency Maintenance

Apa bedanya dengan perawatan sesudah kerusakan atau breakdown maintenance? Biasanya perawatan ini dilakukan karena kerusakan atau kemacetan yang terjadi pada mesin dan benar-benar di luar dugaan. Misalnya: tadinya mesin baik-baik saja, lalu mendadak rusak.

Perawatan darurat juga lazim dilakukan bila hand sealer yang ada hanya satu dan Anda sedang dikejar target harus memproduksi kemasan dalam jumlah banyak pada saat itu. Namun untuk amannya, lebih baik Anda punya mesin ini lebih dari satu. Bahkan, lebih bagus lagi bila punya versi manual dan otomatisnya.

Daftar Harga Hand Sealer Ramesia

Rp 200.000
-11%
Rp 325.000 Rp 290.000
-10%
Rp 525.000 Rp 475.000
-8%
Rp 625.000 Rp 575.000
-16%
Rp 250.000 Rp 210.000
-7%
Rp 350.000 Rp 325.000
-10%
Rp 350.000 Rp 315.000
-17%
Rp 600.000 Rp 500.000
-9%
Rp 1.125.000 Rp 1.025.000
-10%
Rp 1.200.000 Rp 1.075.000
-6%
Rp 1.300.000 Rp 1.225.000
-11%
Rp 1.400.000 Rp 1.250.000
-8%
Rp 300.000 Rp 275.000

Pelanggan Kami

Customer Ramesia