Mesin Bottle Labeling

Mesin-Bottle-Labelling-Heavypack

Mesin Bottle Labeling

Konsumen di era modern sudah semakin cerdas. Konsumen saat ini memahami arti dari informasi yang disajikan di dalam label. Bahkan, banyak konsumen kini mempertanyakan keamanan produk jika tidak ada labelnya. Alat Pembuat Label di Botol sangat penting terutama bagi anda yang bergerak di bisnis makanan, minuman, maupun kosmetik dan kesehatan.

Peran Penting Mesin Bottle Labeling , Mesin pembuat label botol tidak hanya berfungsi sebagai media informasi bagi konsumen, namun juga bagi distributor, reseller, hingga retailer. Alat ini berfungsi memberikan label pada kemasan botol, yang dapat digunakan untuk:

  1. Sebagai Identitas Produk, Label biasanya dirancang tidak hanya semata-mata huruf dan angka. Teknologi labeling memungkinkan mesin mencetak label dengan desain grafis yang menambah daya tarik kemasan. Oleh sebab itu, label sekaligus menjadi identitas produk yang dipasarkan. Bahkan, label bisa dikaitkan langsung dengan produsennya.
  • Sebagai Alat Tracking, Label produk biasanya dilengkapi nomor seri yang memiliki banyak kegunaan. Selama proses distribusi, label dapat digunakan untuk melacak produk. Selain itu, retailer seperti minimarket atau swalayan juga dapat menggunakan label sebagai alat pelacak harga. Cukup dengan scan label berupa nomor seri produk, harga akan langsung ditampilkan.
  • Informasi bagi Konsumen, Label produk juga memuat tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa (expiry date).  Bagi pembeli, informasi ini menjadi alat bantu untuk mengetahui kelayakan produk untuk dikonsumsi maupun digunakan pada bagian-bagian tubuh. Konsumen yang cerdas akan menghindari produk yang sudah mendekati tanggal kadaluarsa.
  • Informasi bagi Distributor, Di sisi distributor, label juga menjadi petunjuk untuk mengatur stock (inventaris barang). Informasi ini digunakan untuk mengatur produk mana saja yang akan didistribusikan terlebih dahulu. Idealnya, distributor akan mendahulukan produk-produk yang masa kadaluarsanya lebih pendek.  Kekeliruan dalam mengatur inventory bisa berakibat fatal bagi distributor.  Tanggal produk dan kadaluarsa menunjukkan batas maksimum penyimpanan produk di gudang. Distributor dapat menandai kapan produk harus dikeluarkan dari gudang dan didistribusi ke retailer. Barang  yang sudah habis masa berlakunya tidak akan bisa dijual kembali.

Mesin Bottle Labeling

Memilih Alat Bottle Labeling Yang Sesuai

Mesin Bottle Labeling tersedia dalam berbagai tipe dan desain, sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan perusahaan. Secara umum, Produk label botol ini tersedia dalam desain manual dan otomatis. Mesin Bottle Labeling manual biasanya digunakan oleh industri kecil atau skala rumah tangga dengan kebutuhan labeling 500 label atau kurang setiap harinya. Untuk skala ini, manual biasanya masih cukup dapat diandalkan.

Namun untuk skala industri kecil-menengah, proses pelabelan biasa sudah mulai di-otomatisasi. Jika jumlah produk yang dilabel sudah mencapai ribuan setiap harinya, maka pengerjaan secara manual akan merepotkan. Mesin manual otomatis adalah pilihannya. Mesin ini dioperasikan dengan tenaga listrik, sehingga bekerja lebih cepat dan akurat. 

Dengan kata lain, label bukan hanya masalah keindahan kemasan produk. Namun, informasi keamanan dan kelayakan produk jauh lebih penting. Mengkonsumsi makanan atau menggunakan produk kosmetik yang telah habis masa berlakunya bisa membahayakan kesehatan. Dengan mencantumkan label sesuai ketentuan, maka perusahaan bisa terbebas dari tuntutan akibat kelalaian konsumen, distributor maupun retailer.

Label adalah sebuah elemen kemasan yang tidak dapat diabaikan. Bahkan, aturan hukum perlindungan  konsumen sudah mensyaratkan penggunaan label, terutama tanggal produksid an kadaluarsa. Konsumen yang cerdas biasanya menghindari produk tanpa label. Nah, jika anda ingin mendapatkan kepercayaan konsumen, maka bottle labeling machine adalah salah satu teknologi yang harus ada di perusahaan anda.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia