Mesin Expired Date | Mesin Coding

Mesin Expired Date | Harga Mesin Coding Manual & Otomatis | Ramesia

Mesin Expired Date adalah alat yang biasa digunakan untuk membuat kode yang menunjukan kode produksi, masa kadaluarsa produk dan kode lainnya pada sebuah kemasan. Mesin expired date banyak digunakan di industri pemasaran, semua industri besar maupun kecil sangat membutuhkan Mesin Coding ini, tergantung dari kapasitas industri dan juga kapasitas produksi.

Ramesia menjual mesin expired date atau mesin pencetak kode dan tanggal kadaluarsa untuk industri skala kecil dan menengah, dengan menawarkan produk yang berkualitas, awet dan dapat terus diandalkan sebagai alat pencetak kode usaha anda.

Deskripsi Produk Mesin Expired Date

Mesin Expired Date | Mesin Coding
Mesin Expired date dapat digunakan untuk mencetak angka, simbol dan karakter pada kantong plastik, kertas, kulit dan media lainnya. Mesin kami telah menggunakan mekanisme stamping dengan element pemanas panas untuk berbagai jenis dan karakter pita untuk mencetak. Pengoprasian dilakukan secara sederhana dan dapat meningkatkan efisiensi kerja anda.

Setiap produk mengalami yang namanya masa kadaluwarsa, terutama produk yang berbentuk makanan atau minuman. Akan membahayakan jika Anda mengkonsumsi produk yang sudah melewati batas kadaluwarsa, untuk itu sebaiknya jika Anda ingin mempergunakan suatu jenis produk untuk melihat tanggal pembuatan dan tanggal masa kadaluwarsa, umumnya terletak dibelakang kemasan produk. Anda harus teliti dalam melihatnya, karena menyangkut keselamatan Anda dengan keluarga, Anda bisa saja mengalami keracunan atau bahkan bisa mengalami kematian.

Oleh karena itu pentingnya sebuah mesin coding yang bekerja untuk mencetak tanggal kadaluwarsa. Mesin tersebut dinamakan Mesin Expired Date yang berfungsi untuk mencetak tanggal kadaluwarsa pada kemasan produk Anda. Jika Anda salah satu pengusaha yang bergerak dibidang produk makanan atau minuman, alangkah baiknya memiliki mesin tersebut, pertama untuk mengetahui tanggal masa kadaluwarsa isi pada kemasan, kedua mesin coding ini sangat membantu Anda untuk mencantumkan kode produk saat proses produksi.

Pentingnya Tanggal Kadaluarsa Pada Produk Kemasan

Hasil Mesin Expired Date

Masa kadaluwarsa pada produk pangan merupakan salah satu prosedur yang harus paling diperhatikan dan wajib dicantumkan oleh pemilik produk pada lebel kemasan produknya. Pencantuman masa umur simpan produk menjadi sangat penting dikarenakan terkait dengan keamanan produk pangan atau minuman dan agar memberikan jaminan kemasan produk yang bermutu saat produk sampai ke konsumen.

Mencetak masa kadaluwarsa pada produk kemasan menjadi kewajiban bagi para produsen karena sudah diatur dalam Undang-undang Pangan no. 7/1996 serta Peraturan Pemerintah No. 69/1999 tentang Label dan Iklan Pangan, dimana setiap industri pangan wajib mencantumkan tanggal kadaluarsa (expired date) pada setiap kemasan produk pangan.

Penentuan masa kadaluwarsa produk pangan atau minuman dapat dilakukan dengan menyimpan produk pada kondisi tempat penyimpanan yang baik. Cara tersebut memungkinkan menghasilkan hasil yang tepat, tapi memerlukan waktu banyak dan biaya yang cukup besar untuk melakukan proses tersebut.

Kendala yang paling sering dialami para industri pangan yaitu menentukan waktu/ masa kadaluarsa pada suatu produk, karena menurut produsen hal tersebut mempengaruhi jadwal launching suatu produk. Oleh karena itu dibutuhkan mesin coding yang dapat membuat metode pendugaan umur simpan cepat, mudah, murah dan mendekati masa kadaluarsa yang sebenarnya.

Informasi masa kadaluarsa tidak hanya penting bagi pemilik produk/ produsen melainkan sangat penting bagi para konsumen agar mengetahui kelayakan produk saat dikonsumsi dan juga memberi petunjuk adanya perubahan cita rasa, tekstur produk dan kandungan gizi produk tersebut.

10 Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi Setelah Lewat Expired date

Expired Date
bustle.com

Meski tidak disarankan, beberapa makanan ternyata masih aman untuk dikonsumsi meski telah melewati tanggal kedaluwarsanya. Hanya saja, pastikan kemasannya tidak rusak. Berikut 10 makanan yang masih aman dikonsumsi setelah lewat expired date:

  1. Ayam utuh dengan expired date 10 Mei masih bisa dimakan hingga 12 Mei, dengan catatan tidak ditemukan lendir, bau, dan perubahan warna yang mencolok.
  2. Pisang dengan tanggal best before 6 Mei masih boleh dikonsumsi sampai tanggal 20 Mei, asalkan tidak busuk, atau berjamur.
  3. Selai dengan tulisan best before Februari 2013, masih bisa bertahan hingga 100 tahun kemudian. Namun, pastikan kemasannya masih rapat, tidak rusak dan tidak terkontaminasi udara.
  4. Roti bertuliskan best before 7 Mei, masih baik dikonsumsi hingga 14 Mei. Meski secara umum roti bisa dimakan hingga tiga hari setelah lewat tanggal kedaluwarsanya, sebenarnya masih aman hingga 7 hari ke depan, asal tidak ditemukan jamur, dan bau menyengat. Hanya saja teksturnya bisa menjadi lebih keras.
  5. Tomat dengan tanggal best before 6 Mei masih aman dikonsumsi sampai dua bulan kemudian. Meski demikian, kemungkinan tomat akan mengkerut dan tidak segar lagi.
  6. Susu bertanggal expired date 15 Mei masih boleh dikonsumsi sampai dengan 17 Mei, dengan catatan disimpan dalam kulkas dengan suhu 5˚C. Namun, jika susu berubah menjadi lebih kental, berbau, dan asam, sebaiknya dibuang.
  7. Keju dengan expired date 14 Juli masih bisa dikonsumsi sampai 14 September asal kemasannya tidak dibuka. Jika sudah terbuka, sebaiknya disimpan dalam kulkas dalam keadaan tertutup rapat. Jangan mengonsumsi keju yang permukaannya berjamur.
  8. Pasta spageti, gula, garam, dan tepung dengan tanggal best before januari 2013, aman dikonsumsi hingga tahun 2023, asalkan disimpan dalam kemasan kedap udara.
  9. Telur dengan tanggal best before 12 Mei, harus segera dibuang. Telur hanya boleh disimpan tak lebih dari 21 hari, untuk mencegah berkembangnya bakteri Salmonella.
  10. Daging sapi dengan expired date 7 Mei, masih bisa dikonsumsi hingga dua hari kemudian asalkan kemasannya belum dibuka.

Macam-Macam Jenis Mesin Coding

Ada tiga jenis mesin expired date yang beredar di pasaran, yakni:

1. Mesin Expired Date Manual

Mesin ini banyak digunakan di kalangan pebisnis UKM pemula. Selain mudah digunakan, harga mesin jenis ini juga cukup terjangkau. Energi listrik yang dibutuhkan juga relatif kecil, yakni 50 watt, sehingga sangat ekonomis. Menggunakan sistem pita berwarna, mesin ini menghasilkan cetakan yang jelas dan cepat kering, sehingga memperkecil risiko tinta meleber pada permukaan kemasan.

Mesin jenis ini juga dilengkapi dengan temperatur suhu yang konstan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Meski dioperasikan secara manual, mesin ini mampu menghasilkan hingga 100 cetakan per menit.

Ada dua jenis mesin expired date manual. Mesin pertama bisa mencetak 3 baris huruf, sedangkan yang kedua hanya bisa mencetak 1 baris saja setiap kali mencetak. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan tentu saja bujet.

2. Mesin Expired Date Semi Otomatis

Sama seperti mesin manual, mesin jenis ini juga dilengkapi dengan sistem pita berwarna yang menghasilkan cetakan yang jelas, rapi dan cepat kering. Mesin ini secara otomatis akan mencetak kode jika diletakkan di sekitar area percetakan. Namun, Anda juga bisa mengoperasikannya secara manual dengan pedal kaki yang tersedia.

Dilengkapi dengan pengaturan suhu analog, mesin semi otomatis ini bisa mencetak hingga 100 cetakan per menit. Dalam sekali cetak, mesin ini bisa mencetak 3 baris huruf, masing-masing hingga 15 karakter. Harga mesin jenis ini biasanya dua atau tiga kali lipat dibanding mesin manual, demikian juga dengan energi listrik yang diperlukan.

3. Mesin Expired Date Otomatis

Mesin jenis ini biasanya dipakai pada industri skala besar. Sistem kerja mesin ini menggunakan solid ink, yang menghasilkan cetakan tajam dan jelas, cepat kering, dan berwarna. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi photoelectric yang secara otomatis bisa menghitung dan mengontrol suhu. Teknologi ini mampu mencegah terjadinya kerusakan bahan akibat panas yang berlebihan.

Berbeda dengan mesin coding manual dan semi otomatis, mesin jenis ini memiliki kemampuan mencetak hingga 300  cetakan per menit. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan tinta ribbon yang sangat ekonomis, serta aksesoris untuk mencetak huruf dan angka hingga 10 karakter.

4 Hal tentang Expired Date yang Jarang Diketahui Orang

Kegunaan Mesin Expired Date
flickr.com

Rata-rata, orang mengenal expired date yang tercantum pada makanan kemasan sebagai batas tanggal kedaluwarsa. Artinya setelah melewati tanggal yang tercantum, maka makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi lagi.

Akan tetapi, apakah hal tersebut sepenuhnya benar? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan mengenai istilah-istilah tentang expired date yang mungkin belum Anda ketahui berikut ini.

1. Istilah untuk menyebut tanggal kedaluwarsa

Tanggal “sell by”

Tanggal ini adalah tanggal terakhir produk berada pada level kualitas terbaiknya. Sell by juga menunjukkan sampai kapan produk tersebut boleh dipajang di toko.

Selama disimpan dengan benar dan kondisinya masih baik (termasuk kesegaran, bau, dan tekstur), produk ini masih bisa dikonsumsi sampai beberapa hari setelah tanggal yang tercantum. Meski demikian, konsumen tidak disarankan membeli produk yang telah melewati tanggal jatuh tempo.

Tanggal “best before (BB)” atau best “if used by”

Ini berarti makanan tersebut baik dikonsumsi sebelum tanggal yang tercantum  pada kemasan. Kesegaran, tekstur, dan rasa produk berada pada tingkat tertingginya sebelum jatuh tempo.

Namun, Anda masih bisa mengonsumsinya meski sudah melewati beberapa hari dari tanggal best before, dengan catatan selama kondisi produknya masih baik. Misal tidak ada jamur, bau tengik, atau perubahan warna yang mencolok.

Tanggal “use by”” atau best “if used by”

Tanggal ini adalah batas akhir konsumsi produk. Setelah melewati tanggal jatuh tempo, makanan akan mengalami penurunan kualitas dan sebaiknya jangan dikonsumsi lagi.

Tanggal kedaluwarsa atau “expiration (exp)”” atau best “if used by”

Tanggal kedaluwarsa lebih tegas mengatur tentang batas akhir konsumsi produk, karena berkaitan dengan keamanan produk. Tanggal kedaluwarsa biasanya dicantumkan pada makanan kaleng dan kemasan.

Makanan kemasan yang sudah melewati tanggal ini artinya sudah tidak layak konsumsi dan sebaiknya segera dibuang karena bisa mengakibatkan keracunan.

2. Cara membaca tanggal best before

Banyak orang yang tidak tahu bahwa tanggal best before pada produk makanan hanya berlaku untuk produk yang masih tersegel. Jika kemasan sudah dibuka, Anda tidak disarankan mengacu pada tanggal ini karena makanan sudah terkontaminasi udara. Hal ini bisa menyebabkan penurunan kualitas makanan, terlebih jika makanan tidak disimpan dengan benar.

Untuk mencegah timbulnya jamur serta perubahan rasa dan aroma pada makanan, sebaiknya segeralah mengonsumsi produk begitu dibuka. Jika tidak, simpanlah sisa produk dengan benar atau sesuai petunjuk pada kemasan.

3. Menentukan makanan yang masih bisa dikonsumsi meski sudah melewati tanggal best before

Sebenarnya, makanan yang sudah melewati tanggal best before masih bisa dikonsumsi hingga beberapa hari setelahnya asalkan kemasannya belum dibuka dan kualitasnya masih baik. Hal ini karena tanggal best before lebih mengacu pada kualitas produk, bukan pada keamanan pangannya.

Namun sebaiknya, selalu periksa kondisi dan kualitas produk sebelum mengonsumsinya. Jika Anda ragu atau menemukan perubahan warna, rasa atau tekstur, sebaiknya produk dibuang.

4. Ciri-ciri yang harus diwaspadai terkait label best before

Beberapa jenis makanan cenderung rentan terkontaminasi, misalnya daging dan ikan segar. Makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi setelah melewati tanggal best before yang tercantum pada kemasannya, karena rentan terjadi perubahan warna, tekstur, dan aroma. Selain itu, perhatikan pula kemasannya. Jika terdapat kerusakan pada segel atau kemasan produk, sebaiknya segera dibuang.

Berikut Fitur Mesin Expired Date

Suhu Kontrol Mesin Expired Date

Mesin ini memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu dengan memutar tombol kontrol suhu. Untuk mencetak pada bahan yang berbeda, tingkat yang berbeda dari setiap permukaan yang berbeda karena suhu dapat diatur-atur sesuai kebutuhan anda.

Karakter Jenis Cetakan

Seiring dengan mesin, kami menyediakan jenis karakter yang mencakup 0-9 digit: salinan beberapa digit yang digunakan antara lain
English karakter: MFGLOTEXP
Simbol: /.

3 Line Printing

Anda dapat dengan mudah mengatur kombinasi jenis karakter dengan maksimum 3 baris sehingga Anda dapat mencetak semua 3 baris di satu kali cetak saja. Sebagai contoh, Anda dapat mencetak berikut dalam satu tujuan:
MFG20100518
EXP20101226
LOT3456789

Bahan: Plastic, PP, PE, Kertas, Kulit

Keunggulan Mesin Expired Date Ramesia

Untuk pelaku bisnis di industri makanan, mesin expired date sangat diperlukan agar produk yang dijual terlihat lebih profesional dan berkualitas. Mesin ini juga akan membuat bisnis Anda lebih optimal dan efisien. Untuk itu, Anda bisa berinvestasi pada mesin label keluaran Ramesia yang memiliki beberapa kelebihan. Hal ini pastinya akan sangat menguntungkan.

Pengoperasiannya sangat mudah

Tidak diperlukan keahlian khusus untuk mengoperasikan mesin ini. Siapa saja bisa melakukannya. Mesin ini juga bisa bekerja dengan cepat dan efisien, sehingga tidak butuh waktu lama untuk mencetak. Anda bisa mencetak hingga 3 baris dalam sekali cetak saja. Hasil cetakannya juga jelas, rapi dan melekat sempurna pada kemasan.

Perawatannya tidak ribet

Anda hanya perlu menyimpannya dengan benar dan membersihkannya secara teratur,untuk menjaga mesin ini tetap berfungsi dengan baik.

Suku cadangnya mudah ditemukan

Ramesia selalu siap menyediakan aneka suku cadang untuk mesin-mesin keluarannya, termasuk mesin expired date ini. Hubungi service resmi Ramesia untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan suku cadang dengan harga terjangkau.

Terbuat dari bahan berkualitas

Mesin keluaran Ramesia ini terbuat dari bahan stainless steel kualitas terbaik, sehingga tidak mudah rusak, sangat awet, dan tahan lama. Dengan begitu, Anda akan memiliki marjin keuntungan yang lebih besar. Cukup sekali beli, Anda bisa mempergunakannya dalam jangka waktu lama.

Bisa diaplikasikan pada semua jenis bahan

Mesin expired date Ramesia bisa diaplikasikan pada bahan kertas, plastik, kain, hingga kulit. Anda tinggal mengatur tombol pengontrol suhu pada mesin untuk menyesuaikan dengan bahan yang akan diberi label. Keunggulan mesin coding ini adalah memiliki suhu panas yang konsisten, sehingga tidak akan merusak bahan kemasan.

Pencantuman tanggal kedaluwarsa yang kurang baik pada kemasan, bisa membahayakan konsumen. Hal ini tak akan terjadi jika Anda menggunakan mesin expired date Ramesia. Anda tidak hanya menambah nilai jual produk tapi juga melindungi konsumen agar terhindar dari bahaya keracunan.

Cara Menggunakan Mesin Cetak Tanggal Kadaluwarsa

Cara pengoperasian mesin expired date Ramesia sangat mudah, sebab alat ini telah dilengkapi dengan teknologi canggih yang bisa dioperasikan oleh siapa saja. Anda cukup menyambungkannya ke sumber listrik, lalu menekan tombol ON.

Setelah itu, aturlah suhu sesuai dengan permukaan yang akan diberi label tanggal kedaluwarsa. Selanjutnya, letakkan kemasan yang akan diberi tanggal kedaluwarsa dan tekan tombol check up.

Mesin coding akan mencetak tanggal pada kemasan yang diinginkan. Jika sudah selesai, matikan tombol dan tarik kemasan keluar. Tanggal kedaluwarsa sudah tercetak dengan jelas dan rapi pada permukaan kemasan. Produk pun siap dipasarkan dengan tampilan yang profesional dan tepercaya.

Intinya, untuk menggunakan mesin expired date sangat mudah. Karena fitur mesin yang telah dilengkapi berbagai teknologi terkini sehingga memudahkan untuk penggunan. Anda hanya perlu menyambungkan mesin pada sumber listrik, kemudian tekan tombol ON. Setelah itu letakan kemasan yang ingin diberikan tanggal kadaluwarsa, tekan tombol dan selesai. Lebih jelasnya bisa dilihat di video di bawah ini.

Daftar Harga Mesin Expired Date Ramesia

-8%
Rp 925.000 Rp 850.000
-7%
Rp 3.750.000 Rp 3.475.000
-8%
Rp 3.275.000 Rp 3.025.000
-7%
Rp 3.100.000 Rp 2.875.000
-8%
Rp 600.000 Rp 550.000

Mesin Coding

Hot Code Printer DY-8

Rp 975.000
-7%
Rp 3.100.000 Rp 2.875.000
-8%
Rp 8.975.000 Rp 8.275.000

Pelanggan Kami

Customer Ramesia