Mesin Mie

Mesin Mie | Mesin Gilingan Mie

Ramesia Mesin Indonesia

mesin pembuat mie

Mesin Mie / Alat Pembuat Mie Sederhana dari Ramesia

Siapa yang tidak mengenal Mie? hampir semua orang tahu panganan ini. Mie adalah salah satu sumber kabohidrat dan menjadi salah satu makanan pengganti nasi, mie sangat digemari dan digandrungi oleh masyarakat indonesia. Ini terbukti dengan banyaknya resto-resto dengan menu utama menjual masakan mie, selain itu hampir disemua tempat ramai ada yang menjajakan Mie Ayam "salah satu panganan yang terjangkau dan dapat sejenak menghilangkan lapar". Mie adalah salah satu panganan yang membumi dalam arti semua orang mencari dan setiap yang menjajakan dagangan dengan konsep mie biasanya akan sangat diterima oleh masyarakat. Karena ini berkaitan dengan lidah orang indonesia.

Dari apa yang dijelaskan diatas sangat jelas ini adalah sebuah peluang yang amat besar untuk berbisnis dengan menggunakan bahan dasar mie. Untuk dapat berjualan mie maka diperlukan suatu keahlian tersendiri untuk membuat mie dan menghasilkan mie dengan resep dan racikan khusus. Karena apabila kita lihat akhir-akhir ini, mie yang dijual dipasaran kebanyakan adalah mie yang tidak sehat karena menggunakanzat pengawet diatas ambang wajar. Maka pengusaha mie dituntut lebih cerdas dan memahami kebutuhan masyarakat dengan betapa pentingnya mie yang tanpa bahan pengawet atau biasa disebut "mie sehat".

Untuk membuat mie diperlukan alat tersendiri, dimulai dari membuat adonan yang membutuhkan alat pengaduk atau biasa disebut mixer, kemudian adonan yang jadi perlu diuleni dan setelah itu baru di cetak dengan menggunakan mesin khusus pencetak mie. Untuk kapasitas kecil anda dapat mensiasati dengan menggunakan perlengkapan dengan ala-alat manual dengan kapasitas disesuaikan kebutuhan anda, akan tetapi yang menjadi masalah tersendiri adalah apabila anda telah memiliki usaha yang membutuhkan mie dalam jumlah dan skala yang besar maka alat-alat dan mesin mie manual tidak dapat memenuhi kebutuhan anda.

Mesin mie merupakan peralatan yang sudah dikenal oleh banyak orang, terutama para pengusaha kuliner. Mesin ini membantu Anda dalam proses pembuatan mi, baik dalam hal membuat adonan hingga mencetak adonan menjadi mi siap pakai.

Disini ramesia mesin memberikan solusi untuk kemudahan anda para pengusaha mie dengan menyediakan mesin mie otomatis / listrik dengan kapasitas sedang sampai besar, harga yang kami tawarkan sangat bersahabat. Kami juga memberikan pelatihan kepada rekan pengusaha bagaimana membuat mie dengan menggunakan mesin pembuat mie kami dan juga memberikan garansi service selama satu tahun, dengan dukungan teknisi yang sangat handal dan spare part yang sangat memadai. Kami berusaha melayani dan mengerti kebutuhan anda.

Macam-macam Jenis Mi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Mi termasuk makanan yang terdiri dari banyak jenis, semua tergantung dari bentuk mi dan bahan baku pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa jenis mi yang cukup populer di masyarakat.

Jual Mesin Alat Pembuat Mie

1. Mi telur

Mi yang dibuat dari tepung terigu dan telur ini merupakan jenis mi paling umum dan mudah ditemukan di Indonesia. Mi instan yang biasa kita makan juga terbuat dari mi jenis ini. Mi telur paling cocok bila dimasak dengan cara digoreng atau direbus.

2. Mi hokkien

Mi ini biasa disebut mi hong kong dan mirip seperti mi telur. Bedanya, mi hokkien memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut ketimbang mi telur. Biasanya mi hokkien dijual dalam keadaan basah.

3. Soun

Soun umumnya terbuat dari tepung kacang hijau, bentuknya tipis dan transparan sehingga sering disebut sebagai glass noodle. Proses memasak mi ini biasanya relatif cepat karena soun termasuk mi yang mudah lunak dan hancur.

4. Bihun

Bihun adalah mi yang terbuat dari tepung beras, bentuknya mirip soun tapi memiliki warna yang lebih putih (tidak terlalu transparan). Sama seperti soun, bihun juga mudah matang bila terkena air panas.

5. Mi shoa/misoa

Misoa merupakan mi yang berasal dari Cina dan terbuat dari tepung beras. Bedanya dengan bihun, misoa sama sekali tidak transparan dan memiliki tekstur yang lebih halus.

6. Kwetiau

Kwetiau adalah mi yang sangat khas karena bentuknya yang lebar dan pipih. Kwetiau terbuat dari tepung beras dan sangat cocok dimasak dengan cara digoreng atau dijadikan mi kuah.

7. Ramen

Ramen merupakan nama masakan mi dari Jepang yang cukup populer di Indonesia. Mi ramen biasanya terbuat dari tepung gandum, berukuran kecil, dan agak pipih.

8. Somen

Sama seperti ramen, somen juga salah satu jenis mi dari Jepang yang terbuat dari tepung gandum. Mi ini berbentuk tipis dan biasa dijual dalam keadaan kering seperti lidi.

9. Soba

Soba merupakan mi yang terbuat dari tepung gandum kuda. Berbeda dari kebanyakan mi yang berwarna kuning atau putih, soba justru memiliki warna agak cokelat dan kusam.

Selain terdiri dari banyak jenis, mi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti yang kita tahu, makanan ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan bahan lain seperti telur, air, dan garam. Dengan demikian makanan jenis ini sebenarnya memiliki beberapa kandungan gizi yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, dan kalsium.

Kandungan gizi inilah yang membuat mi memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Karbohidrat, protein, dan lemak merupakan sumber energi yang sangat baik, sedangkan kalsium memiliki peran yang cukup besar dalam memelihara sel tulang dan otot.

Manfaat mi bagi tubuh bisa bertambah apabila mi dimasak dengan bahan-bahan lain seperti daging dan sayuran. Dua bahan ini diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat berlimpah sehingga sangat baik bagi kesehatan.

Cara Memilih Bahan Baku yang Berkualitas Untuk Pembuatan Mi

Mi merupakan makanan dengan bahan utama tepung. Tak hanya tepung terigu atau tepung gandum, beberapa jenis mi juga terbuat dari tepung beras, tepung kentang, hingga tepung kacang hijau. Selain tepung, mi juga dibuat dengan menggunakan beberapa bahan lain seperti telur, air, garam, dan minyak.

Bahan Baku Mesin Pembuat Mie

Mi yang baik tidak hanya ditentukan oleh rasa, tapi juga harus memiliki tekstur yang lembut dan agak kenyal. Untuk mendapatkan mi seperti ini, pemilihan tepung sangatlah menentukan, karena itu Anda harus pandai-pandai memilih bahan baku yang berkualitas dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Pilihlah tepung yang bermerek dan digunakan oleh banyak orang. Biasanya tepung seperti ini sudah terjamin kualitasnya.
  2. Pastikan tepung masih dalam keadaan yang baik, tidak menggumpal, dan bebas dari kutu. Apabila dibungkus dalam kemasan, jangan lupa untuk selalu memeriksa waktu kedaluwarsanya.
  3. Untuk pembuatan mi, sebaiknya pilih tepung yang memiliki protein tinggi agar mendapatkan kekenyalan yang pas.

Selain tepung, bahan-bahan lain seperti telur, air, dan minyak juga perlu diperhatikan kualitasnya. Anda harus memastikan agar semua bahan tidak kedaluwarsa dan dalam keadaan bersih. Dengan bahan baku yang baik serta mesin mie berkualitas, maka Anda akan mendapatkan mi bermutu tinggi. 

Macam-macam Mesin Pembuat Mi

Ramesia menyediakan dua macam mesin pembuat mi yang cocok dimiliki oleh para pengusaha kuliner. Berikut adalah dua jenis mesin mi yang bisa Anda dapatkan di Ramesia.

1. Mixer mi

Perangkat ini disebut juga sebagai dough mixer atau mesin pembuat adonan. Fungsinya untuk membuat adonan dengan cara mencampurkan semua bahan baku mi. Anda tidak perlu lagi membuat adonan secara manual dengan menggunakan tangan.

Mesin ini memiliki tabung dengan alat pengaduk di dalamnya. Dengan menggunakan listrik, mixer akan bekerja secara otomatis dan Anda tinggal menunggu hasilnya. Karena sangat mudah digunakan dan kapasitasnya yang cukup besar, mixer mi ini jadi salah satu alat yang wajib dimiliki pengusaha mi.

Mesin mixer ini sendiri masih dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung model dan kapasitasnya.

  • Mixer spiral

Mesin mixer ini memiliki pengaduk berbentuk spiral dengan posisi tegak atau vertikal. Saat mesin bekerja, wadah atau tabungnya akan ikut berputar sehingga bahan lebih cepat tercampur secara merata. Mesin ini tak hanya berguna untuk membuat mi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat adonan roti dan kue.

  • Mixer horizontal

Berbeda dengan mixer spiral, mesin jenis ini biasanya berbentuk kotak dengan pengaduk yang diposisikan secara horisontal. Tabungnya yang berukuran besar bisa menampung bahan dalam jumlah banyak sehingga proses produksi bisa lebih cepat.

2. Mesin cetak mi

Setelah membuat adonan dengan mixer, alat kedua yang Anda butuhkan adalah mesin cetak mi. Bila mixer menghasilkan adonan lembek yang tak berbentuk, mesin cetak akan mengubah adonan tersebut menjadi helai mi yang padat dan siap dimasak.

Ramesia menyediakan beberapa tipe mesin pencetak yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Setiap mesin memiliki kapasitas yang beragam, mulai dari 15-45 kg. Untuk ketebalan mi, mesin pencetak ini bisa menghasilkan mi berukuran 1-8 mm.

Cara Memilih Mesin Mie yang Tepat dan Berkualitas

Mesin pembuat mie merupakan salah satu peralatan yang penting bagi pengusaha kuliner, karena dari mesin inilah mi berkualitas tinggi dihasilkan. Akan tetapi, produksi mi tidak akan bisa maksimal apabila Anda menggunakan mesin yang salah. Mesin Pemasak Mie HGN-769 Soup Tank

Memilih alat pembuat mi bukanlah masalah sepele karena hal ini akan berpengaruh pada bisnis yang Anda jalankan. Saat memilih, pastikan dulu bahwa mesin yang akan Anda beli memiliki beberapa kriteria berikut ini.

  1. Mesin terbuat dari bahan berkualitas, tidak mudah rusak, dan mudah dibersihkan.
  2. Mesin memiliki kapasitas yang besar dan sesuai dengan jumlah produksi yang Anda hasilkan.
  3. Mesin mi harus praktis dan mudah digunakan.
  4. Dapat menghasilkan mi dengan berbagai ukuran/ ketebalan.
  5. Hemat listrik, atau setidaknya daya listrik yang dibutuhkan harus sesuai dengan kapasitas mesin.
  6. Pastikan mesin yang Anda beli memiliki garansi yang memadai.

Semua kriteria tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di Ramesia. Walau begitu, Anda tetap harus teliti dalam memilih tipe mesin mie. Pilihlah mesin mie yang sesuai dengan kebutuhan jumlah produksi Anda. Untuk bisnis skala kecil, sebaiknya pilih mesin yang juga berkapasitas kecil, begitu pula sebaliknya.

Mesin Pembuat Mie Listrik dan Manual dari Ramesia

Mesin Mie, mesin pembuat / penggiling mie

Perlengkapan mesin mie merupakan satu – satunya alat pembuat mie yang mempengaruhi daya tarik sebuah masakan kuliner khas Indonesia satu ini. Mesin mie / penggiling mie ini digunakan untuk memudahkan pedagang mie atau distributor mie dalam memproses bahan mentah menjadi bahan setengah jadi yaitu berupa mie yang mentah. Menu masakan yang berasal dari mie tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat.

Berbagai menu masakan mie yang banyak beredar dikalangan konsumen kuliner ini contohnya yaitu mie ayam, mie instan, mie goreng, mie capjay, omelet mie serta masih banyak lagi jenis olahan mie lainnya. Makanan olahan yang dikreasikan sedemikian rupa lezatnya itu tidak langsung bisa dinikmati hanya dengan sekesipan mata. Ada proses panjang yang harus dilakoni dalam menciptakan mutu makanan olahan bercita rasa kuliner asli Indonesia. Sebuah proses utama yang menentukan keunikan serta kualitas sebuah produk mie ini yiatu berada dalam proses penggilingan bahan – bahan mentah mie menjadi mie setengah jadi.

Setidaknya ada dua jenis mesin dari Ramesia yang bisa Anda gunakan untuk membuat mi, yaitu mixer mi dan mesin pencetaknya. Mesin mixer memiliki fungsi utama mencampur bahan baku hingga menjadi adonan, sedangkan mesin pencetak digunakan untuk mengubah adonan menjadi bentuk mi seperti yang biasa kita kenal.

Khusus untuk mesin cetak mi, alat seperti ini sebenarnya sudah sering digunakan sejak bertahun-tahun lalu. Bedanya dengan zaman sekarang, dulu penjual mi masih menggunakan mesin pencetak manual yang dioperasikan dengan tangan.

Untuk bisnis berskala kecil, sah-sah saja bila Anda menggunakan mesin penggiling mi manual. Namun untuk bisnis yang cukup besar dengan produksi mi dalam jumlah banyak, alat manual akan merepotkan. Oleh karena itu, Anda harus beralih menggunakan mesin pencetak mi otomatis dari Ramesia.

Mesin pencetak mie ini dioperasikan dengan listrik, sehingga lebih efisien. Anda pun tak perlu repot-repot menggiling adonan dengan tangan sehingga bisa lebih menghemat tenaga. Selain itu, mesin yang satu ini juga punya beberapa kelebihan lainnya, yaitu mudah digunakan dan bisa memproduksi mi dalam waktu yang relatif singkat.

Cara Menggunakan Mesin Cetak Mie Ramesia

Menggunakan mesin mie otomatis sebenarnya hampir sama dengan mesin penggiling biasa. Siapapun bisa menggunakan mesin ini karena caranya yang sangat mudah. Langkah-langkahnya sudah kami rangkum seperti di bawah ini.

  1. Siapkan adonan mi yang sudah siap digiling.
  2. Apabila mesin belum dilengkapi dengan wadah penampung, siapkan dulu wadah atau loyang yang bersih, kemudian taburi dengan sedikit tepung terigu agar mi tidak lengket.
  3. Sambungkan ke arus listrik dan mesin pun siap untuk digunakan.
  4. Masukkan adonan mi ke dalam penggiling. Mesin akan langsung bekerja membuat adonan menjadi lebih pipih. Pastikan agar adonan yang keluar dari mesin tidak menumpuk dan atur letaknya di atas wadah penampung.
  5. Biasanya pada penggilingan pertama, adonan masih agak lembek dan mudah putus. Ulangi proses yang sama hingga beberapa kali sampai adonan berubah menjadi lembaran yang lebih padat dan kaku.
  6. Bila adonan sudah berubah bentuk menjadi lembaran tipis, matikan mesin terlebih dahulu. Pasang roller yang berfungsi mencetak lembar adonan menjadi mi siap pakai. Roller juga bisa diatur untuk menentukan ketebalan mi yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk mengencangkan kunci pengaman roller.
  7. Bila roller sudah terpasang dengan baik, nyalakan mesin kembali.
  8. Masukkan lembar adonan ke dalam mesin mi. Penggiling akan bekerja memotong adonan tipis-tipis sesuai ketebalan yang diinginkan.
  9. Mi yang sudah dicetak siap menuju proses masak selanjutnya.

Nah, agar anda tidak penasaran dengan proses penggilingan mie atau sering disebut dengan pencetakkan mie ini, anda dapat memahaminya dalam ulasan sebagai berikut, yaitu:

mesin mie dari ramesia

-6%

Mesin Cetak Mie

Mesin Cetak Mie NOD-200

Rp2.725.000,00 Rp2.550.000,00
Modelmesin pembuat mie NOD200
Power550W | 1 Phase
Capacity20–25kg/h
Noodles Size2–4mm
Weight (kg)21kg
Machine Size (mm)380×320×380

Mesin Cetak Mie

Noodle Maker DHH-180C

Rp2.800.000,00
Modelmesin pembuat mie DHH180C
Power | Voltage370W | 220V
Capacity15–20kg/h
Roller Length | Ø (mm)180 | 60.5
Weight (kg)21.5kg
Machine Size (mm)355×330×365

Mesin Cetak Mie

Mesin Cetak Mie NOD-300P

Rp6.300.000,00
Modelmesin pembuat mie NOD300P
painted body
Power1.5kW
Capacity30–40kg/h
Noodles Size2–4mm
Weight (kg)72kg
Machine Size (mm)520×360×930

Mesin Cetak Mie

Noodle Maker TS-30

Rp6.500.000,00
Modelmesin pembuat mie otomatis
TS30
Power | Voltage1.1kW | 220V
Capacity25–30kg/h
Noodles Size Option2, 1, 3, 4, 8 mm
Weight (kg)21kg
Machine Size (mm)440×520×950

Mesin Cetak Mie

Noodle Maker TS-60

Rp7.600.000,00
Modelmesin pembuat mie otomatis
TS30
Power | Voltage1.1kW | 220V
Capacity40–45kg/h
Noodles Size Option2, 1, 3, 4, 8 mm
Weight (kg)83kg
Machine Size (mm)490×800×1020

Mixer Mie / mesin adonan mie dari ramesia

Mesin Mixer Mie ini digunakan untuk mencampurkan bahan – bahan mie mulai dari bahan utama hingga bahan tambahan makanan serta mulai dari yang padatan hingga yang berbentuk cairan. Komposisi mesin yang digerakkan oleh dynamo ini membuat adonan mie menjadi tercampur secara merata.

Rp6.000.000,00
ModelHMX-H15

Mixer adonan mie atau mesin / alat pembuat mie

Power | Voltage | Frequency1.5kW | 220V | 50/60 Hz
Capacity15kg/batch
Speed1400rpm
Weight (kg)50kg
Machine Size (cm)64×38×78
Rp7.100.000,00
ModelHMX-H25

Mixer adonan mie atau mesin / alat pembuat mie

Power | Voltage | Frequency2.2kW | 220V | 50/60 Hz
Capacity25kg/batch
Speed1400rpm
Weight (kg)65kg
Machine Size (cm)76×46×85
Rp10.175.000,00
ModelHMX-H08

Mixer adonan mie atau mesin / alat pembuat mie

Power | Voltage | Frequency1.1kW | 220V | 50/60 Hz
Capacity8kg/batch
Speed40rpm
Weight (kg)15kg
Machine Size (cm)84×46×75
Rp6.500.000,00
ModelWHB-15

Mixer mie atau mesin / alat pembuat mie, SKU: G-WHB-15

Power | Voltage750W | 220V
Capacity12kg/batch
Speed40rpm
Weight (kg)59kg
Machine Size (cm)68×52×73
Rp8.600.000,00
ModelWHB-25

Mixer mie atau mesin / alat pembuat mie, SKU: G-WHB-25

Power | Voltage1.5kW | 220V
Capacity23kg/batch
Speed40rpm
Weight (kg)88kg
Machine Size (cm)80×62×75
Rp13.000.000,00
ModelWHB-50

Mixer mie atau mesin / alat pembuat mie, SKU: G-WHB-50

Power | Voltage2.2kW | 380V
Capacity45kg/batch
Speed40rpm
Weight (kg)140kg
Machine Size (cm)95×70×95
Review Pelanggan
Tanggal
Paket Catering
Mesin mie dari ramesia sangat berkualitas
Author Rating
51star1star1star1star1star