Mesin Pasteurisasi | Harga Alat Pasteurisasi Susu Terbaru | Ramesia

Mesin pasteurisasi adalah alat untuk mensterilkan produk berupa cairan dari segala jenis mikroba berbahaya sebelum akhirnya dikemas dan dipasarkan. Mesin ini bekerja dengan cara mengaduk bahan agar suhu panas dari mesin pasteurisasi merata. Suhu yang digunakan dalam proses pasteurisasi cukup rendah, biasanya berkisar enam puluh derajat Celsius.

Tetapi hal ini juga tergantung dengan jenis bahan yang ingin diproses. Suhu yang memang diatur tidak terlalu panas bertujuan menjaga kualitas dari produk yang disterilkan agar tetap memiliki nutrisi dan cita rasa yang sama. Produk yang dapat dipasteurisasi biasanya adalah susu, sari buah, sirup, dan lainnya.

Produk berbasis susu sangat rentan untuk rusak. Perjalanan yang panjang dari produsen ke konsumen dapat meningkatkan risiko rusaknya sebuah produk makanan sejenis ini. Pasteurisasi adalah salah satu solusi yang ditempuh oleh produsen untuk meningkatkan ketahanan produk makanan. Bakteri patogen seperti Salmonella sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit demam dan difteri.

Pasteurisasi itu sendiri memiliki banyak jenis, misalnya vat pasterizarion, higher heat short timer, ultra high temperatur pasteurization, dan lain-lain. Banyaknya jenis pasteurisasi  bergantung pada suhu, durasi, jenis produk, dan jenis bakteri yang ingin dihilangkan. Oleh karena itu, mesin pasteurisasi dari merek Andaro merupakan pilihan yang baik sebagai sarana bisnis Anda di bidang minuman kemasan.

Mesin Pasteurisasi

Kelebihan Mesin pasteurisasi sering juga disebut sebagai mixer pemanas, terbuat dari bahan stainless steel, sehingga tahan lama dan antikarat. Alat ini juga dilengkapi fitur pengatur suhu atau termostat. Suhu yang diaplikasikan pada proses pasteurisasi dapat Anda sesuaikan dengan keinginan. Meski menggunakan listrik dan LPG sebagai bahan bakar, alat ini tetaplah hemat biaya. Kompor pemanas menggunakan bahan bakar LPG yang secara otomatis akan mengecil ketika suhu yang dituju sudah tercapai.

Dimensi alat ini tidak besar dan dilengkapi dengan roda sehingga sangat mudah untuk dipindahkan. Tabung pemanas pada mesin ini menggunakan sistem double jacket yang dapat diisi dengan air atau minyak sebagai media penghantar panas, sehingga proses sterilisasi dapat terjadi dengan baik tanpa bersentuhan langsung dengan bahan baku.

Cara Penggunaan, Sistem kerja mesin pasteurisasi adalah mengaduk bahan baku secara pelan-pelan dengan pemanasan suhu rendah yang terkontrol. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengoperasikan alat ini adalah menekan tombol power untuk menyalakan alat dan melakukan pengaturan suhu pada termostat yang ada di panel mesin.

Setelah itu, persiapkan media perantara panas dengan membuka keran pengisi di bagian samping tabung double jacketSetelan persiapan media perantara selesai, kini saatnya memasukkan bahan baku ke dalam tabung sesuai dengan kapasitas alat. Tutup kembali tabung saat proses pasteurisasi akan dimulai. 

Jangan lupa untuk memasukkan alat thermocouple ke dalam tabung agar suhu bahan baku yang akan diproses dapat dipantau oleh alat. Kemudian, tekan tombol pengaduk dan nyalakan kompor pemanas. Saat prosesi pasteurisasi sudah selesai, pastikan untuk mematikan kompor pemanas, pengaduk, dan tombol off untuk memutus aliran listrik pada mesin pasteurisasi.

Bahan baku yang sudah disterilkan dapat diambil melalui keran yang ada di badan alat. Setelah mesin selesai digunakan, alangkah baiknya jika Anda mengeluarkan isi media perantara panas. Tabung double jacket juga bisa dilepas dari rangka mesin supaya Anda dapat membersihkannya dengan mudah.  

Tips Perawatan, Perawatan mesin adalah sesuatu hal yang mesti dilakukan agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal. Perawatan mesin pada umumnya mudah untuk dilakukan. Kegiatan pembersihan adalah salah satunya. Dalam proses pasteurisasi, kebersihan adalah faktor utama yang sangat menentukan keberhasilan dari tujuan sterilisasi. Dengan alat yang kotor, mana mungkin bahan baku yang diproses akan menjadi steril dan tahan lama.

Selain itu, penting sekali untuk menyediakan daya dan tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Sumber listrik yang terlalu besar atau terlalu kecil akan membuat komponen mesin menjadi cepat rusak. Tempat penyimpanan mesin tentunya juga memengaruhi ketahan dan keawetan. Pastikan Anda menyediakan tempat yang kering dan aman dari gangguan hewan.

Mesin pasteurisasi ini tersedia dalam berbagai kapasitas, yakni 25, 50, dan 100 liter. Anda bisa mendapatkan mesin pasteurisasi ini di website resmi Andaro atau di marketplace terkemuka di Indonesia.

Our Valuable Customer

RAMESIA CUSTOMER LOGO