Mesin Penutup Botol

Mesin Penutup Botol

Mesin Penutup Botol

From Ramesia Mesin

Mesin Penutup Botol adalah piranti atau alat yang digunakan untuk mempermudah proses penutupan botol. Mesin ini dapat digunakan untuk menutup berbagai macam jenis botol diantaranya botol plastik, botol beling, dengan berbagai macam jenis penutup seperti penutup berbahan plastik, seng, kawat dan ulir. Mesin penutup botol banyak dipakai didalam industri pengemasan liquid atau cair. Industri air minum mineral, industri obat, industri beer atau whiski dan industri lainnya yang produknya dikemas dalam botol.

Mesin penutup botol sangat besar perannya karena menyangkut segel dan juga masa penghitungan jangka kadaluarsa. Karena penutupan yang benar adalah suatu kewajiban, ada pernyataan umum yang mengatakan “dont accept if seal broken” atau dalam pengertiannya jangan terima apabila segel atau tutup botol rusak. Ini adalah suatu indikasi bahwa tutup botol adalah suatu hal yang sangat penting.

Kemasan suatu produk memegang peranan penting dalam memengaruhi keputusan dari calon konsumen. Kemasan yang terlihat rapuh, bisa menimbulkan keraguan akan tingkat higienitas dari produk. Dalam hal ini, tutup botol adalah bagian dari pengemasan yang dapat menjadi sumber kontaminasi atau penurunan kualitas produk. Demi menghindari risiko tersebut, maka kami menyarankan penggunaan mesin penutup botol untuk bisnis Anda.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya apakah sepadan untuk mengeluarkan bujet khusus dan membeli mesin penutup botol? Untuk bisa mengetahui jawabannya, kami akan berikan paparan seputar fungsi hingga spesifikasi mesin penutup botol yang mumpuni dalam mendukung usaha Anda.

Kegunaan Mesin Penutup Botol

Mesin Penutup Botol

Mesin penutup botol digunakan untuk memasang tutup botol dengan tujuan penyegelan agar produk tidak terpapar udara maupun kontaminasi di ruangan. Penggunaan penutup botol yang tersegel dengan rapat dan kuat akan mempertahankan kualitas produk hingga sampai di tangan konsumen.

Bukan hanya itu, tutup botol yang terpasang dengan baik akan memastikan produk yang disimpan tidak rusak sebelum mencapai masa kedaluwarsa. Tidak sedikit pengusaha kecil dan menengah yang menangguk biaya kerugian dan kehilangan konsumen, karena sedikit lalai dalam hal pengemasan tutup produk.

Padahal, akibat dari tutup yang kendur sangatlah fatal. Produk bisa berubah warna, rasa, dan yang terburuk bisa meracuni konsumen yang kurang teliti.

Perlu Anda ketahui, bukan cuma produk makanan dan minuman atau bumbu masakan yang bisa menggunakan tutup botol. Melainkan juga produk obat-obatan atau farmasi yang justru lebih rentan terhadap perubahan suhu dan kondisi lingkungan.

Baik usaha kecil atau pun menengah, keamanan konsumen untuk memperoleh produk dengan kemasan yang layak tidak boleh Anda abaikan. Itulah mengapa penggunaan mesin penutup botol bisa menjadi solusi sekaligus penjamin mutu dari produk yang Anda pasarkan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai mesin penutup botol, Anda juga harus mengetahui ragam jenis dari tutup botol yang bisa digunakan dalam pengemasan produk. Oleh karena itu, jangan beranjak dan simaklah ulasan dari kami berikut ini.

Macam-Macam Tutup Botol

mesin penutup kemasan botol

Ada lebih dari satu jenis tutup botol yang dipakai dalam pengemasan beragam jenis produk. Masing-masing macam memiliki fungsi tambahan selain untuk menyegel kemasan. Di bawah ini adalah beberapa varian tutup botol yang bisa digunakan dalam bisnis Anda.

1. Tutup Botol Tear Off

Tutup botol tear off adalah jenis penutup yang tidak dapat disegel ulang. Peruntukkan tutup ini adalah pada obat-obatan cair. Meskipun tutup ini terbuat dari material metal, tetapi bagian atas tutup ini mudah dirusak atau dirobek dengan tangan.

Jenis tutup semacam ini dapat Anda temui pada produk farmasi, khususnya obat yang diberikan melalui syringe. Tutup semacam ini biasanya dilengkapi dengan tutup karet yang digunakan untuk bisa mengambil cairan di dalam botol tanpa harus membuka kemasannya. Tutup karet tersebut diletakkan dibawah tutup tear off.

2. Tutup Botol Segel

Jenis tutup botol segel adalah yang paling umum dipakai dalam aneka produk. Kebanyakan produk berbahan cair dan berupa minuman, menggunakan tutup botol ini. Bahan tutup botol biasanya berupa plastik. Akan tetapi pada produk tertentu, tutup bisa juga dibuat dari bahan logam.

Ciri dari tutup botol segel adalah model tutup ulir dan adanya segel yang ganda. Konsumen bisa membuka segel pertama lalu kembali menutup kemasan produk untuk menjaga kualitasnya.

Tutup botol segel yang berkualitas baik bisa dilihat dari kekuatan segelnya dan ulir yang menutup sempurna. Bila botol dijungkirbalikkan, maka isi tidak akan tumpah atau merembes keluar dari kemasan. Hal ini menandakan kemasan tertutup sempurna.

3. Tutup Botol Plug

Serupa dengan jenis tutup botol segel, kemasan dengan tutup botol plug bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan konsumen. Bedanya, bila tutup botol segel umumnya menggunakan tipe ulir, tutup plug hanya mengandalkan tekanan antara tutup dengan kemasan.

Jenis tutup ini bisa Anda lihat pada kemasan kaleng cat atau lem. Tutup ini relatif lebih sulit untuk dibuka, karena memang didesain untuk menjaga agar isi kemasan tidak mudah kering atau menggumpal.

Tutup botol plug juga ada yang dikombinasikan dengan jenis tutup botol ulir. Model tutup plug semacam ini bisa Anda temukan pada produk madu dan beberapa jenis obat-obatan cair. Bahan dari tutup plug pun bervariasi. Material plastik maupun metal bisa digunakan tergantung pada jenis produk dan kemasannya.

4. Tutup Botol Lancip

Berbeda dari jenis tutup botol lain, tutup botol lancip adalah varian tutup yang paling sering digunakan untuk industri makanan. Produk pelengkap makanan seperti; saus, sambal, kecap, cuka, hingga sirup, biasanya memakai jenis tutup ini.

Baca juga  Mesin Thermal Shrink

Bentuk tutup botol ini lancip. Sebagian model memiliki lubang di bagian ujung lancipnya, sedangkan ada pula yang harus digunting dulu sebelum digunakan. Segel ganda digunakan untuk menjamin kualitas produk terjaga dengan baik.

5. Tutup Botol Flip Top

Sesuai namanya, bagian atas dari tutup botol ini bisa dijentikkan dengan tangan untuk dibuka dan ditutup kembali. Konsumen pun bisa dengan mudah membuka tutup kemasan untuk menggunakan produk.

Tutup botol sejenis ini kerap digunakan untuk produk farmasi, bumbu atau saus makanan. Beberapa contoh produk yang menggunakan tutup botol flip top adalah saus sambal, bumbu halus (seperti, merica, baking powder, dan sejenisnya), hingga minyak angin.

Untuk menjaga kualitas produk, kemasan tutup ini biasanya dilengkapi dengan segel dibawah tutup botol flip top. Konsumen harus membuka segel ini sebelum bisa menggunakan produk dan memakai tutup flip top-nya.

6. Tutup Botol Gabus

Tutup botol berbahan gabus adalah jenis yang paling sering digunakan untuk produk minuman wine. Penggunaan bahan gabus bertujuan untuk menghindari adanya reaksi antara wine dengan penutup. Terlebih tipe minuman wine cenderung disimpan dalam waktu yang sangat lama.

Dari jenis-jenis tutup botol yang telah kami paparkan tadi, sebagian memang bisa dipasangkan secara manual. Namun, tentu hasil kekuatan segel dan kerapatan tutup akan lebih rendah ketimbang memasangnya dengan mesin penutup botol.

Lalu, apa saja kelebihan dari mesin penutup botol yang Anda perlukan? Ramesia Mesin menawarkan mesin penutup botol dengan beragam keunggulan sebegaimana kami sebutkan berikut ini.

Keunggulan Mesin Penutup Botol Ramesia

Mesin Penutup Botol

Dibuat dari Bahan Bermutu

Tak hanya bagian body mesin, tapi juga seluruh komponen dan suku cadang dibuat dari material yang tahan karat. Mesin telah lulus uji kelayakan atau quality control. Hal ini menjadi jaminan bahwa mesin awet dan tak lekas rusak.

Bukan hanya itu. Materi yang digunakan pada mesin sangat mudah dibersihkan. Anda pun tidka perlu kesulitan dalam perawatan mesin ini.

Mudah Dioperasikan

Mesin penutup botol dari Ramesia sangat mudah untuk digunakan. Sistem penyegelan yang dilakukan bersifat otomatis dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tim Anda pun dapat memperoleh pelatihan singkat terkait cara pengoperasian mesin dan langsung dapat melakukan pemasangan tutup botol dengan mesin ini.

Aman Digunakan

Ramesia sangat mengedepankan mesin yang aman digunakan untuk semua orang. Demikian halnya dengan mesin penutup botol ini. Fitur penyegelan didesain sedemikian rupa, sehingga menjaga tangan Anda dari risiko cedera saat mengoperasikannya.

Lain halnya dengan alat penutup botol manual. Potensi terjadinya luka bisa terjadi, bila pemakai alat belum terlampau mahir dalam melakukan penyegelan botol.

Tidak hanya itu, material mesin pun telah memenuhi standar food grade. Standar ini menunjukkan bahwa mesin aman digunakan untuk produk makanan maupun obat-obatan.

Pengoperasian yang Cepat

Ketimbang penyegelan secara manual yang terbilang lambat, proses pemasangan tutup botol dengan mesin ini sangat cepat. Anda bisa menyegel hingga 1200 kali secara sekaligus dalam waktu 1 jam saja.

Kecepatan ini akan sangat mendukung proses produksi Anda. Tidak perlu menunggu lama. Anda pun menghemat waktu dan beban produksi yang bisa berlipat ganda jika menggunakan alat penutup botol manual.

Hasil Penyegelan yang Konsisten

Meskipun cepat, tetapi mesin penutup botol mampu mempertahankan konsistensi kerapatan tutup botol. Kemasan botol akan tersegel dengan sempurna. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan terdapat kebocoran tutup pada produk yang dihasilkan.

Hal ini jelas sangat berbeda bila Anda menggunakan tenaga penyegelan manual. Sangat lumrah bila tenaga manusia bisa merasa lelah saat dipacu untuk melakukan penyegelan botol secara nonstop. Kelelahan fisik tersebut akan mengakibatkan proses penyegelan berpotensi mempunyai tingkat kerapatan yang tidak konsisten.

Bahkan, bisa saja terjadi kerusakan atau kesalahan saat pemasangan tutup botol. Tentu kondisi ini bukanlah sesuatu yang Anda inginkan.

Efisiensi Tenaga dan Biaya

Anda tak perlu menggunakan banyak tenaga manual untuk memasang tutup botol. Anda pun dapat mengalihkan tenaga yang semula mungkin dipakai untuk proses penyegelan botol ke bagian produksi lainnya.

Efisiensi ini akan berpengaruh terhadap penurunan biaya operasional atau beban produksi. Imbasnya, profit Anda juga akan menjadi lebih besar.

Multiguna

Mesin penutup botol dari Ramesia tidak hanya bisa digunakan untuk tutup botol berbahan plastik. Mesin ini bisa dipakai untuk melakukan penyegelan pada beberapa jenis dan bahan tutup botol sekaligus. Ini berarti Anda memiliki satu mesin yang multifungsi.

Apalagi bila produk yang Anda miliki memiliki lebih dari satu jenis botol sebagai kemasannya. Jelas, keberadaan mesin penutup botol dari Ramesia akan menjadi pendukung bisnis Anda yang bisa diandalkan.

Mesin Bergaransi

Kehadiran garansi atas mesin yang Anda beli adalah tanda bahwa produk dari Ramesia berkualitas tinggi. Garansi ini berlaku selama setahun setlah pembelian.

Adapun Anda juga akan mendapatkan layanan purna jual yang mumpuni dari tim Ramesia. Paket yang komplet untuk sebuah mesin penutup botol, bukan?

Kini Anda telah mengetahui segala keunggulan dari mesin penutup botol Ramesia. Selanjutnya, Anda juga perlu memahami cara menggunakan mesin penutup botol ini.

Cara Menggunakan Mesin Penutup Botol Ramesia

Mesin Penutup Botol DK 50Z

Prinsip kerja mesin penutup botol cukup mudah untuk dipahami. Mesin akan mendorong tutup botol hingga merekat kuat pada mulut botol. Agar lebih memahaminya, berikut adalah bagaimana cara menggunakan mesin penutup botol.

  1. Pastikan mesin dan tangan Anda dalam kondisi bersih. Umumnya digunakan sarung tangan plastik untuk para pekerja. Hal ini akan meminimalisasi adanya kontaminasi kotoran dari tangan, sekaligus memastikan produk Anda tetap higienis.
  2. Siapkanlah mesin penutup botol beserta produk Anda yang telah dimasukkan ke dalam botol dan tutup botolnya. Jangan dulu menyalakan mesin sebelum proses pengaturan dilakukan.
  3. Tutup bagian mulut botol dengan tutup botol yang telah Anda sediakan. Pastikan letak tutup botol tepat pada bagian bukaan botol. Tekan sedikit agar tidak bergeser saat Anda memasukkan botol ke dalam posisi di mesin.
  4. Aturlah ketinggian botol pada mesin. Jangan lupa untuk mengatur diameter dari mulut botol dan diameter tutup botol pada mesin penutup botol. Pastikan ukurannya pas.
  5. Selanjutnya, Anda dapat menyalakan mesin penutup botol.
  6. Kemudian, Anda boleh meletakkan botol yang telah diberikan tutup botol ke dalam posisinya pada mesin.
  7. Usai botol diletakkan, maka mesin penutup botol akan mengangkat dan mengarahkan botol ke penyegel yang berputar.
  8. Saat tutup botol menyentuh bagian penyegel yang berputar, botol secara otomatis akan tersegel dengan rapat dan ketat. Secara paralel, botol yang telah tersegel akan turun ke bawah.
  9. Ketika penampang mesin beserta botol yang telah tersegel turun, ambillah botol tersebut. Kemudian, gantilah dengan botol lain yang belum tersegel. Lanjutkan terus, hingga semua produk botol Anda telah tersegel dengan sempurna.
  10. Botol yang sudah tersegel telah siap untuk Anda pasarkan.
Baca juga  Mesin Skin Blister

Setelah proses penyegelan dilakukan, pastikan Anda tetap melakukan quality control terhadap produk. Hal ini tentu merupakan standar baku pada setiap industri yang berkaitan dengan makanan, farmasi, hingga produk kecantikan.

Spesifikasi Mesin Penutup Botol Ramesia

Mesin Penutup Botol

Terdapat 2 tipe mesin penutup botol Ramesia yang mumpuni untuk bisnis yang Anda geluti. Untuk memilih mana yang paling cocok untuk kebutuhan produksi Anda, kami memaparkan spesifikasinya berikut ini.

  • Mesin Penutup Botol DK 50Z

Mesin penutup botol ini hanya memerlukan daya 370 Watt untuk pengoperasiannya. Dengan kecepatan penyegelan 1200 tutup botol perjam, mesin ini bisa mengaplikasikan penyegelan pada botol plastik dan tutup berbahan plastik.

Diameter dari tutup botol berada pada kisaran 20 sampai dengan 35 mm, sedangkan tinggi botol antara 70 sampai dengan 330 mm. Mesin berdimensi 60x30x90 cm ini memiliki bobot 72 kg.

  • Mesin Penutup Botol DK 50D

Mesin pabrikan China ini memiliki dimensi 70x30x130 cm dengan berat mesin 82 kg. Dengan daya 370 Watt, mesin ini mampu menyelesaikan penyegelan dengan kecepatan 1200 tutup botol per jam.

Diameter tutup botol berkisar pada 20 sampai dengan 35 mm. Untuk ketinggian botol yang disegel berada pada kisaran 20 sampai dengan 400 mm.

Kedua jenis mesin penutup botol dari Ramesia Mesin tersebut memiliki jaminan kualitas penyegelan anti bocor. Anda pun bisa terbebas dari kekhawatiran akan kerusakan di tengah proses produksi.

Perlu diketahui bahwa dengan memiliki mesin penutup botol sendiri, maka mesin tidak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan pengemasan produk Anda. Anda dapat menawarkan jasa penyegelan atau pengemasan tutup botol kepada bisnis atau industri yang lebih kecil.

Misalnya saja, usaha jus buah atau minuman kesehatan yang masih berskala kecil. Tentu hal ini akan meningkatkan nilai fungsional dari mesin penutup botol yang Anda miliki.

Jadi, apakah kini Anda telah meyakini beragam benefit dengan memiliki mesin penutup botol dari Ramesia Mesin? Untuk lebih yakin, Anda bisa berkunjung langsung ke lokasi kantor kami. Anda juga bisa menghubungi kami melalui telepon untuk medapatkan berbagai informasi perihal mesin penutup botol yang dibutuhkan.

Mesin Botol Capping – Ramesia mesin menyediakan mesin botol capping untuk mempermudah pekerjaan anda dan membuat langkah efisiensi produksi lebih cepat dan tepat. Dengan menghadirkan mesin penutup botol yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dalam pengertian dapat diatur ketinggian botol dan juga besaran diameter mulut botol, selain itu dapat diaplikasikan ke segala bentuk dan jenis botol dan penutup botol. Kami menyediakan mesin dengan harga terjangkau dengan kualitas prima dan juga dengan memberikan garansi selama 12 bulan. Kami memberikan dukungan sparepart yang lengkap dan juga teknisi yang handal dibidangnya.

Botol Aqua

Botol Whiski

MESIN PENUTUP BOTOL RAMESIA

Berikut Spesifikasi dan Harga Mesin Penutup Botol yang kami tawarkan :

 

mesin penutup botol ramesia series

mesin-penutup-botol-plastik

Model: Mesin Penutup Botol DK 50D
Power: 370 Watt
Kecepatan: 1200 botol / Jam
Diameter Tutup: 15-46 mm
Tinggi Botol: 50—320mm
Ukuran Mesin: 56 X 20 X 92 Cm
Berat Mesin: 68 Kg
Aplikasi: Khusus Botol Berbahan Metal
Harga: Rp6.700.000

more info
Mesin Penutup Botol DK 50Z

Model: Mesin Penutup Botol DK 50Z
Power: 370 Watt
Kecepatan: 1200 botol / Jam
Diameter Tutup: 25-40 mm
Tinggi Botol: 100—300mm
Ukuran Mesin: 56 X 20 X 92 Cm
Berat Mesin: 65 Kg
Aplikasi: Khusus Botol dan Tutup Berbahan Plastik
Harga: Rp6.425.000

more info
  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares