Mesin Sabut Kelapa

Mesin Sabut Kelapa | Harga Alat Pengurai Sabut Kelapa | Ramesia

Meskipun terlihat sepele, sabut kelapa rupanya memiliki banyak manfaat. Misalnya saja digunakan untuk media tanam, matras, keset, beragam kerajinan, dan masih banyak lagi. Alih-alih mengurainya secara manual, akan lebih mudah jika menggunakan Mesin Sabut Kelapa dari Andaro. Alat ini adalah salah satu jenis mesin industri yang biasanya digunakan untuk memudahkan proses pengolahan kelapa. Hasil olahan tersebut kemudian bisa dijadikan berbagai macam produk. Kinerjanya juga cukup praktis.

Mesin ini bekerja dengan menguraikan kulit dari bagian luar buah kerambil. Tujuannya adalah untuk menghasilkan helaian sabut dengan proses yang cepat dan mudah. Alat ini biasa digunakan di berbagai jenis usaha, seperti pabrik ataupun pertanian. Jika Anda merasa membutuhkan alat ini tetapi masih ragu-ragu, coba simak ulasannya berikut. Siapa tahu informasi yang akan disajikan ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

Mesin Sabut Kelapa

Manfaat Mesin Sabut Kelapa, Sabut Nyiur adalah bagian yang terdapat pada penutup paling luar dari kerambil dengan tekstur berserat. Bagian ini juga biasa dikenal dengan istilah serat biji walaupun secara tampilan lebih mirip dengan serat yang berasal dari kulit pohon. Sabut kerambil dapat diolah menjadi barang-barang yang memiliki nilai guna tinggi. Namun, sabut kelapa haruslah diurai terlebih dahulu. Jika mengurainya menggunakan cara manual, Anda akan membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang sangat lama. Di sinilah mesin sabut kerambil dapat digunakan. Berikut adalah manfaat alat pengurai kerambil.

  1. Alat Bantu Pembuatan Sapu Ijuk, Sapu adalah salah satu peralatan rumah tangga yang kehadirannya sangat vital. Hampir semua rumah pasti memiliki perkakas ini karena berfungsi sebagai alat bersih-bersih. Jenis sapu yang menggunakan bahan baku kerambil ini adalah sapu ijuk. Sabut yang digunakan adalah hasil uraian yang sudah kering, kemudian diolah sedemikian rupa menjadi serabut tipis dan diikat menjadi satu untuk dijadikan sapu ijuk.
  2.  Membantu Proses Pembuatan Pupuk Organik, Jika tidak diolah menjadi sebuah benda, bukan berarti serabut kerambil bisa dibuang begitu saja. Serabut ini bisa dimanfaatkan menjadi salah satu bahan pupuk organik. Bahan serabut dalam pupuk organik mampu menyimpan kadar air 60 persen lebih banyak dibandingkan dengan pupuk biasa.
  3. Menciptakan Kerajinan Tangan, Bagian luar dari kelapa yang biasanya jarang ada yang memperhatikan ini rupanya dapat diolah menjadi beberapa kerajinan tangan, seperti dompet, tas, berbagai macam hiasan atau pajangan, dan masih banyak lagi.
  4. Membuat Keset, Keset dari serabut kelapa mungkin sering Anda jumpai. Bahan baku untuk pembuatan keset mirip dengan sapu ijuk atau coco fiber.

Selain keempat barang yang disebutkan di atas, sebetulnya masih banyak lagi benda-benda yang bisa dihasilkan dari bahan baku serabut kelapa. Inilah salah satu alasan kenapa mesin sabut kelapa memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan.

Jenis Mesin Pengurai Sabut Kelapa, Ada beberapa jenis mesin sabut kelapa yang bisa ditemui. Contohnya adalah mesin pengupas yang berfungsi untuk memisahkan bagian coco fiber dengan coco peat. Menggunakan mesin ini tentunya berkali-kali lipat lebih mudah daripada memisahkannya secara manual.

Tugas utama dari alat ini adalah untuk menguraikan serabut kelapa yang masih kasar menjadi serat coco fiber yang lebih halus. Tipe mesin lain yang juga sering digunakan adalah mesin penyaring coco fiber. Alat ini memiliki tugas untuk mengurangi kadar serat dari sabut kelapa.

Cara Mengurai Sabut Kelapa dengan Mesin, Penguraian sabut kelapa bertujuan untuk memisahkan sabut kelapa atau yang disebut juga coco fiber dengan bagian kulit luar buah atau coco peat. Mengoperasikan mesin pengurai ini tidaklah sulit. Sebelum coco fiber diproses ke dalam mesin, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu agar memudahkan proses penguraiannya. Tujuan dari perendaman adalah supaya serabut kelapa menjadi lebih lunak dan mudah diurai. Hal ini juga berpengaruh terhadap waktu pengerjaannya yang bisa dilakukan dengan lebih singkat. By Pabrik Mesin Pertanian Andaro.

daftar harga mesin sabut kelapa

Dimensions 240 × 110 × 135 cm
Model & Tipe ADR MPS 200
Penggerak Diesel 24 HP
Bahan Bakar Solar
Material Plat Mild Steel + Cat
Rangka Besi UNP
Kapasitas Produksi 200-300 Kg / Jam