Pad Printing

Mesin Pad Printing

Pad Printing Ramesia Mesin

Pad Printing, Pad Printing Murah, Jual Pad Printing.

Makanan atau minuman dalam kemasan, pada umumnya menyertakan kode produksi dan tanggal kadaluarsa. Hal ini senada dengan harapan konsumen untuk mendapatkan jaminan kualitas dari produk makanan dan minuman yang dibelinya. Kode produksi dan tanggal kadaluarsa ini menjadi alat ukur keamanan, kualitas dan kondisi produk sehingga amat penting untuk disertakan dengan jelas. Hal tersebut untuk memastikan bahwa konsumen menerima haknya dalam mendapatkan produk yang layak untuk dikonsumsi.Produk yang telah melewati tanggal kadaluarsa, tidak boleh dijual apalagi sampai di konsumsi oleh konsumen.

Sejarah Mesin Pad Printing

Pad printing adalah alat yang wajib Anda miliki jika menggeluti usaha makanan atau minuman kemasan. Alat ini sangat dikenal untuk mencetak kode produksi dan tanggal kedaluwarsa pada produk-produk tersebut.

Pad Printing History
inkcups.com

Awal mula perkembangan mesin pad printing

Mesin ini berkembang seiring dengan ditemukannya alat percetakan pada tahun 1440 oleh Johanes Gutenberg yang berasal dari kota Mainz, Jerman. Alat percetakan pertamanya dibuat dengan metode pengecoran huruf di atas campuran logam dengan menggunakan timah. Metodenya ini diadaptasi dari tekonolgi percetakan yang temukan di Timur Tengah oleh Bi Shen, di mana huruf-huruf dicetak di atas balok kayu.

Teknologi ini terus digunakan dan semakin berkembang. Sampai ditemukannya metode pengetikan di atas kertas setelah 500 tahun kemudian. Dalam teknologi percetakan dan sejarah Islam, mencetak dimulai sejak para sahabat Rasulullah SAW. mendokumentasikan Alquran dan mulai memperbanyaknya. Penulisan Alquran tersebut ditulis di atas kulit kambing.

Setelah Alquran dibukukan, hal ini memudahkan ilmuwan-ilmuwan Islam untuk menerbitkan buku-buku tentang tafsir hingga ilmu pengetahuan lainnya. Dan pada abad ke 17, Amerika membuat surat kabar modern dengan istilah “journalism” yang kemudian diikuti oleh Inggris untuk membuat berita mengenai kebangsawanan. Teknik yang digunakan untuk mencetak surat kabar ini adalah dengan mengaplikasikan bubuk karbon pada kertas.

Tidak sampai di situ, teknologi percetakan juga mulai merambah ke dunia industri seperti pada alat-alat kesehatan, mainan, otomotif, televisi, komputer, hingga ke produk makanan dan minuman yang disebut pad printing.

Mesin pad printing di zaman sekarang

Mesin cetak dengan teknik press (tekanan) di atas bidang datar telah ditemukan dalam produksi anggur dan minyak zaitun di China pada Abad ke 10. Kemudian dengan teknik ini, banyak digunakan di industri-industri Eropa.

Dahulu sistem pad printing yang digunakan berbasis sekrup. Alat percetakan pad printing sekarang ini menggunakan teknologi flexography yang sudah mulai dikenal sejak tahun 1952.

Metode  flexography ini adalah metode mencetak huruf atau angka bahkan gambar, dengan sistem serupa stempel. Pada abad ke-20, teknologi ini digunakan secara luas yang dimulai pada industri pembuatan jam di era pasca Perang Dunia II.

Peralatan percetakan berkembang pesat pada tahun 1970-an yang membuat mesin percetakan menjadi lebih praktis dan mudah digunakan. Sekarang mencetak tulisan tidak hanya bisa dilakukan di atas kertas saja, tetapi juga dapat melakukannya di atas media lain yang Anda inginkan.

Baca juga  Mesin Penutup Kaleng

Hal ini mengakibatkan pasar pembuatan mesin percetakan pad printing menjadi meningkat. Terlebih kini telah banyak perusahaan yang menggunakan pad printing untuk produk mereka. 

Komponen Pad printing

Pad printing atau disebut juga tampography merupakan proses pencetakan dengan memindahkan tulisan atau gambar dari 2 Dimensi ke objek 3 Dimensi. Proses ini melibatkan pemindahan dari klise melalui bantalan silikon ke pelat cetak.

Sistem yang digunakannya adalah dengan teknik cetak yang menggunakan pelat dari karet atau photopolymer. Tinta ditransfer ke media cetak yang diinginkan melalui rol transfer (Anilox) yang terbuat dari tembaga.

  • Tinta pada pad printing

Tinta yang  digunakan terbuat dari bahan kimia tertentu yang dicampur dengan zat aditif. Jenis tinta ini adalah tinta kering. Namun, ada juga tinta basah yang ditransfer seperti layaknya air mancur. Untuk tinta basah, biasanya butuh beberapa waktu untuk membuat hasil cetakan mengering.

  • Pelat yang digunakan

Pelat/piringan sebagai media cetak yang digunakan dapat berupa pelat berbentuk datar, cembung, cekung, dan bahkan berbentuk bulat atau silinder.

Adapun bahan media cetak yang dapat digunakan cukup beragam. Alat ini dapat diaplikasikan di atas kaca, plastik, maupun besi. Oleh karena itu, tidak ada masalah dengan produk kemasan apa yang ingin Anda gunakan.

Mesin ini terbilang sangat fleksibel, bisa digunakan untuk berbagai macam bentuk dan bahan kemasan produk Anda.Mesin Pad Printing Ramesia

Cara kerja pad printing

Lalu bagaimana cara kerja mesin ini? Berikut proses siklus percetakan pad printing:

  1. Tinta dimasukkan ke dalam perangkat yang tampak serupa cangkir terbalik di atas area pad transfer.
  2. Kemudian bagian penutup/klep pada cangkir tinta yang ada di bawahnya bergerak, sehingga tinta tumpah ke pad transfer dengan membentuk tulisan atau gambar seperti yang Anda inginkan. Tulisan atau gambar yang akan dicetak biasanya ditulis terbalik sebagaimana tulisan pada stempel. Dengan demikian ketika diaplikasikan ke atas pelat, tulisan dapat terbaca secara normal.
  3. Selanjutnya tinta yang berlebih diambil, sehingga tampilan tidak akan terlihat berantakan. Begitu tinta menempel pada pad transfer, lift pad menekan piringan atau pelat cetak dalam waktu yang cepat seperti pada teknik stempel.
  4. Lift pad akan terangkat ketika tulisan atau gambar sudah tercetak dan akan kembali ke posisi semula.
  5. Cangkir akan mengisi tinta kembali pada pad transfer. Begitu seterusnya.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa pad printing sekarang juga banyak digunakan untuk mencetak label dan logo pada produk tertentu. Beberapa contoh produk dengan logo yang dicetak dengan pad printing adalah keyboard komputer, label pada kabel listrik, dan sebagainya.

Percetakan dengan teknik ini menghadirkan peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda. Bukan hanya untuk usaha pada produk makanan dam minuman kemasan, tetapi juga untuk produk alat-alat kesehatan seperti lensa kontak, kateter tabung dan sejenisnya.

Penggunaan alat yang mudah dengan sistem kinerja mesin yang cepat dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien. Dengan demikian usaha Anda akan semakin maju dengan menggunakan mesin pad printing dari Ramesia.

Baca juga  Mesin Strapping Semi Auto

Manfaat Mesin Pad Printing

Informasi mengenai tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan, sangat penting untuk memberi kejelasan mengenai masa simpan produk. Jika makanan dikonsumsi sebelum tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan, akan memperoleh kualitas, rasa serta gizi yang lebih baik. Sebaliknya, jika makanan dikonsumsi melewati tanggal kadaluarsa, tidak ada jaminan bahwa makanan atau minuman tersebut dalam kondisi yang baik. Walalpun, beberapa produsen sengaja mencantumkan tanggal kadaluarsa lebih awal dari yang seharusnya. Hal tersebut untuk memastikan bahwa produk yang dijual memang dalam keadaan prima.

Menentukan Masa Kadaluarsa dengan Mesin Pad Printing

Setiap makanan atau minuman yang diproduksi lalu dikemas dalam suatu kemasan tertentu, memiliki masa kadaluarsa yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada jenis makanan atau minuman yang diproduksi, jenis kemasan yang digunakan dan tingkat higienitas proses produksi. Untuk menguji berapa lama masa kadaluarsa produk, caranya sangat mudah. Cukup produksi beberapa produk yang akan dijual lalu kemas dalam kemasan yang akan digunakan. Tunggu selama beberapa waktu tertentu. Jika produk sudah mulai menunjukan tanda-tanda perubahan warna, bau, tekstur atau muncul jamur, maka produk tersebut telah kadaluarsa. Dari hasil uji sederhana tersebut anda dapat mengetahui berapa lama produk dapat bertahan dalam keadaan baik.

Contoh Pad Printing Contoh Pad Printing

Mesin Pad Printing Berkualitas dari Ramesia

Untuk memudahkan anda dalam mengkomunikasikan kondisi dan kesegaran produk yang dijual, mencetak tanggal kadaluarsa dan kode produksi dapat menggunakan sebuah mesin yang disebut Pad Printing. Pad printing merupakan mesin pencetak yang dapat mencetak kode atau tanggal pada kemasan kaleng, plastik atau lainnya. Ramesia Mesin menawarkan pad printing yang praktis dan mudah digunakan untuk membantu mencetak kode produksi maupun tanggal kadaluarsa di produk anda, sehingga produk anda lebih terjamin mutunya. Silahkan hubungi marketing Ramesia Mesin untuk informasi lebih jelas.

PAD PRINTER RAMESIA

Berikut ini spesifikasi pad printing dari Ramesia Mesin :

 

mesin pad printing ramesia series

Pad Printing DDYM-520

Model: Pad Printing DDYM-520
Power Supply (W): 110 V 220-240 V/ 50-60 Hz1 Phase
Printing Speed (V): < 3600 times/hour
Printing Height (cm): < 38 cm
Printing Area: < 15×50 mm²
Machine Weight: 21 kg
Machine Size: 430 x 405 x 560 mm
Harga: Rp3.675.000

more info
Pad Printing DDYM-520 A

Model: Pad Printing DDYM-520A
Power Supply (W): 110 V 220-240 V/ 50-60 Hz1 Phase
Printing Speed (V): < 3600 times/hour
Printing Height (cm): < 38 cm
Printing Area: < 15×50 mm²
Machine Weight: 21 kg
Machine Size: 430 x 405 x 560 mm
Harga: Rp3.825.000

more info
 
mesin es krim mini slimtech
Mesin Es Krim SlimTech Premium
   Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares