Mesin Roaster Kopi Murah dan Berkualitas Ramesia

Jual Roaster Kopi

ROASTER KOPI

Sebagian besar orang selalu menyeruput secangkir kopi hangat di pagi hari. Kultur meminum kopi memang  telah diadopsi oleh berbagai lapisan masyarakat di tanah air. Hal yang kemudian terbaca sebagai peluang pasar bagi para pebisnis kafe maupun restoran. Namun, tahukah Anda bahwa kenikmatan minuman ini sangat dipengaruhi oleh mesin roaster kopi yang tepat?

Bila Anda menginginkan kualitas kopi yang bercita rasa tinggi, maka artikel ini akan memberikan cara mendapatkannya. Kami akan memaparkan faktor apa saja yang mesti dipertimbangkan sebelum membeli mesin kopi untuk usaha Anda.

Mengenal Proses Roasting Kopi

Proses Roaster Kopi
Emily Rachel Poisel via Foter.com

Meskipun sangat banyak orang yang meminum kopi setiap harinya, tetapi nyatanya sedikit yang tahu proses roasting kopi. Padahal, justru proses roasting memegang peranan penting dalam pembentukkan aroma dan rasa kopi.

Secara definisi, roasting adalah tahap penyangraian biji kopi. Melalui proses inilah, biji kopi mentah mengalami perubahan yang signifikan dalam hal berat, ukuran, kadar air, dan juga warna.

Ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan dalam proses penyangraian biji kopi, yaitu:

Pemilihan Jenis Biji Kopi

Anda harus memastikan jenis biji kopi yang dipilih sesuai dengan metode roasting yang akan dilakukan. Bila tidak sesuai, maka cita rasa yang optimal dari biji kopi tidak akan keluar. Hasilnya, kopi tidak terasa nikmat atau kurang enak untuk diminum. Hal ini biasanya karena tingkat keasaman kopi menjadi tidak seimbang dengan rasa dan juga kadar kafeinanya.

Asal Penanaman Biji Kopi

Perlu Anda ketahui, lokasi penanaman kopi akan memengaruhi hasil akhir biji kopi yang mengalami proses roasting. Biji kopi yang ditanam pada dataran tinggi akan menghasilkan warna biji roasted yang lebih gelap ketimbang biji yang ditanam di dataran rendah.

Strategi Pemrosesan

Apa strategi pemrosesan yang akan Anda lakukan? Hal ini perlu untuk Anda pertimbangkan saat melakukan roasting kopi. Kenapa demikian? Karena ada beberapa jenis dari pemrosesan kopi yakni; pemrosesan yang basah, semi-kering, dan kering.

Biji kopi yang diproses dengan teknik kering secara alami, akan memerlukan tingkat roasting yang lebih gelap ketimbang biji dengan pemrosesan basah. Dengan cara ini, tingkat keasaman biji kopi yang diproses secara basah akan terasa.

Bukan cuma itu, ada pula yang biji kopi yang membutuhkan pemrosesan lanjutan. Misalnya saja dengan proses dekafeinasi serta penuaan umur kopi. Dalam hal ini, Anda wajib mengetahui pemrosesan yang paling tepat untuk setiap jenis biji kopi yang akan disangrai.

Tingkat Kelembapan dan Suhu Biji Kopi

Sangat penting untuk mengetahui tingkat kelembapan serta suhu dari biji kopi. Bila biji kopi ternyata berada pada kondisi kelembapan tinggi dan suhu yang rendah, maka proses roasting harus berlangsung lebih lama.

Durasi Waktu Roasting

Durasi roasting akan memengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Lamanya proses roasting juga akan menentukan tingkatan profil roasting yang akan dicapai. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan rasa optimal dari biji kopi yang digunakan.

Adapun durasi waktu yang biasa digunakan oleh para roaster adalah 11 hingga 20 menit. Selain durasi, Anda pun perlu menjaga agar kecepatan roasting dan suhu tetap stabil selama proses pemanggangan berlangsung.

Jangan lupa, bahwa jarak antara waktu pecah pertama dan kedua juga memegang peranan penting untuk keberhasilan proses roasting kopi.

Metode Roasting

Roasting dengan sumber energi panas dari listrik akan berbeda hasil dengan pemanggangan yang dilakukan menggunakan roaster bertenaga gas. Begitu pula bila Anda melakukan roasting dengan drum, hasilnya akan berbeda jika menggunakan pemanggang udara.

Umur Biji Kopi

Anda perlu mengetahui umur dari biji kopi mentah (green bean) yang digunakan. Karena, semakin tua umur dari biji kopi, maka kadar air dalam biji pun semakin sedikit. Kondisi ini akan memengaruhi hasil panggangan, terkait rasa dan aroma yang dihasilkan oleh kopi. Efek lainnya adalah, kopi yang dibuat akan kurang pekat dan tingkat keasamannya menjadi lebih rendah.

Tingkatan dari Roasting Kopi (Roasting Profile)

cara membuat kopi bubuk

Sebagai petunjuk bagi Anda, kami juga menyertakan penjelasan mengenai tingkatan proses roasting. Perlu diketahui bahwa, pemilihan tingkatan roasting sangat berbeda pada setiap penikmat kopi. Namun umumnya, tingkatan yang lebih sering menjadi dasar kreasi cita rasa dan aroma kopi berada pada level medium roasting.

Untuk lebih memahami setiap tingkatan roasting¸silakan Anda simak uraian berikut ini.

Light Roast

Pada penyangraian light roast, terjadi proses yang membentuk keasaman biji kopi. Selama tahap enzimasi inilah, green bean atau biji kopi mentah berubah warna menjadi menguning (yellowing) hingga kemudian menjadi cokelat (browning). Ketika berada pada tahap browning, selanjutnya biji akan pecah pertama (first crack).

Pecahnya biji disebabkan oleh reaksi antara uap air dalam biji kopi dengan tekanan dari karbondioksida. Efeknya, biji kopi melepaskan panas yang lalu membentuk glukosa. Proses ini ditandai dengan popping sound.

Hasil dari light roast adalah biji kopi berwarna cokelat terang yang ringan dengan tingkat keasaman dan kafeina yang kuat.

Baca juga  Mesin Es Krim Roll Goreng

Medium Roast

Berlanjut ke medium roast. Inilah tahap yang membentuk aroma dan rasa manis dari kopi. Proses karamelisasi pada medium roast ini menjadikan kopi memiliki rasa yang lebih berimbang antara tingkat keasamannya dengan kadar kafeina. Tekstur kopi hasil dari medium roast cenderung lebih kental dan berwarna cokelat gelap.

Dark Roast

Inilah profil terakhir dari penyangraian biji kopi. Hasil dari dark roast memiliki warna kopi yang hampir terlihat hitam. Terjadinya proses karbonisasi pada kopi mengkibatkan rasa kopi lebih pahit. Kandungan kafeina dalam kopi juga sangat berkurang. Sebaliknya, justru pada permukaan biji kopi akan tampak kandungan minyak.

Jenis proses penyangraian biji kopi bisa dipilih sesuai dengan target pasar Anda. Dalam hal ini peran roaster kopi sangat besar.

Apa Itu Roaster Kopi?

Toper Gas Roaster Kopi TKM-SX 15

Mesin roaster kopi adalah alat yang digunakan untuk menyangrai biji kopi sehingga matang dan membentuk cita rasa yang diinginkan. Roaster kopi yang baik dan berkualitas akan mampu memasak biji kopi agar matang sepenuhnya dan menghindarkan dari kemungkinan gosong.

Hasil biji kopi yang matang dengan baik akan menghasilkan aroma khas, rasa yang nikmat, serta tingkat kafeina yang seimbang dengan kadar keasamannya. Tentu Anda menginginkan mesin kopi yang bisa menghasilkan biji kopi ideal untuk para pelanggan, bukan?

Kegunaan Mesin Roaster Kopi

Fungsi utama dari roaster kopi tentu adalah untuk menyangrai atau memanggang biji kopi mentah. Bukan cuma itu, mesin ini akan berperan penting dalam pembentukkan karakter aroma, tingkat keasaman, kafeina, dan rasa manis dari kopi.

Kopi yang belum matang secara merata, akan terasa terlalu asam dan tidak nikmat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, roaster kopi menjadi faktor terpenting dalam menentukan kualitas kopi yang akan Anda buat.  Setelah biji kopi matang sempurna, barulah proses pengolahan lanjutan untuk menghasilkan aneka minuman kopi bisa dilakukan.

Kegunaan lain dari mesin roaster biasa adalah mesin ini bisa juga digunakan untuk menyangrai jenis biji-bijian selain kopi. Umumnya, mesin roaster dapat menyangrai kacang tanah, kacang mete, bahkan kedelai.

Keunggulan Menggunakan Mesin Roaster Kopi Ramesia

Toper Gas Roaster Kopi TKM-SX 5

Bila roaster kopi biasa hanya sanggup menyangrai biji kopi, maka lain halnya dengan mesin dari Ramesia. Anda tidak hanya mendapatkan proses pematangan biji kopi yang sempurna, melainkan juga beragam keuntungan lainnya. Inilah keunggulan dari mesin roaster kopi Ramesia.

Sistem Otomatis

Bukan cuma melakukan pemanggangan atau roasting biji kopi mentah, tapi mesin kopi Ramesia juga dilengkapi dengan fitur pengolahan lebih lanjut. Biji kopi mentah yang Anda masukkan tak hanya akan dimatangkan secara sempurna. Biji kopi kemudian dihaluskan dan diseduh hingga menjadi minuman yang siap disajikan kepada para pelanggan Anda.

Lebih Hemat

Waktu yang relatif lebih singkat ketimbang melakukan proses roasting, grinding, hingga peracikan untuk menghasilkan minuman kopi dengan mesin terpisah. Anda dapat mempercepat proses pembuatan minuman kopi berkualitas hanya dengan mengoperasikan 1 mesin saja.

Efisien dalam Hal Tenaga

Anda tidak hanya akan menghemat waktu, namun juga tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan seluruh proses persiapan pengolahan kopi. Hal ini tak lain karena pengoperasian mesin ini bisa dilakukan oleh satu orang. Tenaga kerja pun dapat difokuskan pada hal-hal lain yang perlu dikerjakan di kafe atau restoran Anda.

Meningkatkan Pendapatan

Dengan penghematan dari sisi biaya tenaga kerja, tentu ini akan menekan pengeluaran Anda. Hasilnya, pemasukan akan menjadi lebih besar dan nominal keuntungan pun menjadi lebih tinggi.

Mesin Mudah Digunakan

Pengoperasian yang mudah menjadikan siapa saja bisa membuat kopi yang nikmat. Anda bisa melatih karyawan untuk mengoperasikan mesin tanpa perlu bersusah payah. Minuman kopi yang Anda inginkan pun bisa tersedia hanya dalam waktu singkat.

Awet

Kami menjamin ketahanan dan kekuatan dari mesin ini. Buktinya, garansi yang Anda dapatkan tatkala membeli mesin roaster kopi otomatis ini. Jadi, Anda tak perlu meragukan kualitas mesin kopi ini. Anda pun tidak perlu sungkan untuk berkonsultasi dengan teknisi ahli kami perihal perawatan dan maintenance yang tepat untuk mesin roaster kopi yang telah dibeli.

Spesifikasi dan Harga Mesin Kopi Ramesia

Toper Gas Coffee Roaster TKM-SX 10

Menyesuaikan dengan kebutuhan industri Anda, maka kami menawarkan beberapa pilihan mesin untuk membuat kopi dengan harga dan spesifikasi sebagai berikut.

  • Mesin Tipe COF-FA20

Mesin kopi otomatis dengan dimensi 28x36x45 cm ini mampu menghasilkan aliran kopi 50 sampai 100 gelas per jam. Dengan kapasitas wadah biji kopi 200gram, mesin ini dapat dioperasikan pada daya 1200-1400 W. Tekanan pompa maksimal dari mesin adalah 15 bar. Sedangkan tekanan kinerjanya  adalah 20kg/cm2. Kapasitas penampung air dari mesin ini adalah 1400 mL, di mana waktu uap adalah 30-60 per detik. Mesin berbobot 9,5kg yang mampu menghasilkan minuman kopi bercita rasa Torabika ini kami bandrol dengan harga Rp9.250.000,00 saja.

  • Mesin Tipe COF-SA50

Mesin ini juga menghasilkan minuman kopi dengan rasa Torabika, bedanya adalah model mesin ini bersifat semi-otomatis. Dimensi mesin adalah 26x22x28 cm, dengan bobot 3,1 kg. Waktu uap mesin ini adalah 30 sampai 60 per detik.

Baca juga  Mesin Slow Juicer

Kecepatan aliran kopi berada pada kisaran 50 hingga 100 gelas per jam. Dengan tekanan pompa maksimal 20 bar dan tekanan kinerja 20kg/cm2, mesin ini dioperasikan pada daya 1200 W. Kapasitas wadah biji kopi mencapai 200gram, sedangkan untuk daya tampung airnya adalah 1400 mL. Mesin tipe COF-SA50 ini pun dibandrol hanya seharga Rp2.235.000,00.

Selain mesin roaster yang lengkap dengan pemrosesan kopi hingga menjadi minuman secara otomatis, kami juga menawarkan beberapa mesin yang bisa menunjang bisnis kuliner Anda. Varian mesin ini, akan mampu meningkatkan penjualan serta disesuaikan dengan target market Anda.

  • Mesin Kopi Instan Tipe SC-7903E

Mesin ini memiliki fungsi sebagai penghangat kopi. Dengan menggunakan mesin ini, Anda dapat memastikan kopi tetap hangat hingga sampai ke tangan pelanggan. Mesin ini sangat cocok untuk model prasmanan restoran, ruang tunggu, kantin, pusat kebugaran,  kafe dengan model self service, maupun warung kopi Anda.

Bahan mesin dibuat dari baja yang anti karat. Mesin didesain dengan 3 canester yang masing-masing berkapasitas 1,6kg. Terdapat 4 tombol jenis minuman yang rasanya bisa Anda sesuaikan sendiri. Dan mesin ini pun bisa mengandalkan suplai air yang bersumber dari air keran atau pun galon.

Daya yang dibutuhkan untuk pengoperasian mesin adalah 1600 W dengan tegangan 220V/50 Hz per fase. Mesin ini bisa dikunci dan sangat mudah untuk dibersihkan. Dengan kapasitas 2,7 liter, mesin berdimensi 300x380x630 mm dan berat 16,5kg ini dibandrol dengan harga Rp9.800.000,00.

Seri Mesin Pembuat Kopi/Teh

  • Tipe CP-10

Dengan kapasitas 10 liter, mesin berdimensi 330x330x560 mm ini mampu beroperasi pada daya 1520 W dan tegangan 220V/fase. Harga yang kami tawarkan untuk mesin ini adalah senilai Rp1.650.000,00. Mesin ini ideal untuk melengkapi perlengkapan pada kafe atau restoran Anda.

  • Tipe CP-15

Mesin berukuran 330x330x600 mm ini mempunyai kapasitas 15 liter dan dioperasikan pada daya 1520 W/ fase dengan tegangan 220 V. Mesin ini dijual dengan harga Rp1.650.000,00.

Seri Mesin Cylinder Water Boiler

Mesin ini sangat sesuai untuk pemanasan dengan suhu tinggi (boiling). Anda dapat menggunakan mesin saat menyiapkan minuman instan dengan beberapa varian rasa. Desain yang mumpuni, akan menjaga agar uap air tidak keluar. Hal ini yang membuat mesin ini cepat dalam mendidihkan air dan menjaga minuman tetap higienis. Inilah beberapa tipe mesin yang bisa Anda pilih.

  • Tipe WB-10

Mesin dengan daya 2000 W ini bekerja pada tegangan 220V/50 Hz per fase. Kapasitas penghangat ini adalah 10 liter dengan ukuran mesin 290×405 mm dan bobot 2,7 kg. Harga untuk mesin ini adalah Rp990.000,00.

  • Tipe WB-20

Mesin dengan kapasitas 20 liter ini bisa dioperasikan pada daya 2500 W dan tegangan 220V/50 Hz per fase. Bobot mesin berukuran 310×523 mm ini adalah 3,8kg. Penghangat silinder WB-20 ini kami tawarkan dengan harga Rp1.100.000,00

  • Tipe WB-30

Mesin dengan bobot 4,2kg dan dimensi 390×420 mm ini bisa bekerja pada daya 3000 W dan tegangan 220 V/50 Hz per fase. Kapasitas penghangat ini adalah 30 liter, sedangkan harga jualnya adalah Rp1.200.000,00.

  • Tipe WB-40

Mesin berkapasitas 40 liter ini adalah seri penghangat yang paling besar volumenya dibandingkan jenis lain. Dengan bobot mesin 4,5kg dan dimensi 390×523 mm, mesin ini beroperasi pada daya 3000 W dengan tegangan 220 V/50 Hz per fase. Untuk membawa pulang mesin ini, Anda cukup membayar Rp1.400.000,00.

Seri Mesin Coffee/Tea Warmer

Untuk menghangatkan minuman kopi atau pun teh bagi para pelanggan, Anda membutuhkan mesin khusus. Dalam hal ini, Coffee/Tea Warmer dari Ramesia adalah yang terbaik untuk Anda. Ada 2 pilihan mesin yang bisa Anda gunakan.

  • ID: CM-0521

Dengan bahan stanless steel, mesin berdimensi 390x200x85 mm dan bobot 4,5kg ini mampu menghangatkan kopi atau teh pada daya 300 W saja. Harga yang dibandrol pada mesin ini adalah Rp590.000,00

  • ID: Decanter

Mesin berukuran 160×170 mm ini hanya berbobot 0,25kg. Dibuat juga dengan material stainless steel yang anti karat, mesin ini dijual dengan harga Rp100.000,00 saja.

Alat Roaster Kopi Ramesia

Tidak sedikit pengusaha sajian kopi yang bermain di level aman tanpa mencoba melakukan roasting sendiri. Padahal dengan memiliki dan menggunakan roaster kopi sendiri, Anda bisa mengetahui tingkat roasting yang lebih bervariasi.

Dalam hal ini, Anda bahkan bisa membentuk cita rasa kopi yang khas dari warung kopi atau kedai minuman yang dikelola. Tentunya karakter kopi yang khas bisa mengikat pelanggan untuk memilih kopi racikan Anda ketimbang yang dijual di kedai lainnya. Jadi, jangan tunda untuk berkonsultasi memilih roaster kopi dan mesin kopi penunjang bisnis kuliner Anda bersama kami.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares