Mesin Grinder Kopi Berkualitas dengan Harga Murah dan Bergaransi

Mesin-Giling-Kopi-Brasil

GRINDER KOPI / MESIN PENGGILING KOPI

Secangkir kopi yang harum dan nikmat sangat bergantung pada proses pengolahannya. Salah satu tahap yang memengaruhi kualitas cita rasa dari kopi adalah proses penggilingan biji kopi roasted. Untuk mendapatkan kualitas serbuk kopi yang ideal, maka Anda pun membutuhkan perangkat grinder kopi yang optimal.

Terlebih bila Anda ingin menekuni bisnis kuliner khususnya di ranah kopi. Penguasaan pengetahuan seputar penggilingan kopi pun mesti Anda selami. Itulah mengapa kami mengulas informasi seputar penggilingan kopi untuk menjadi pertimbangan dan penguat keputusan Anda memiliki mesin grinder kopi bermutu tinggi.

Mengenal Grinder Kopi

Mesin Giling Kopi / Grinder Kopi

Mesin penggiling kopi atau grinder kopi adalah alat untuk menghaluskan biji kopi yang telah matang setelah melalui proses roasting. Grinder kopi berperan penting dalam mengubah tekstur kopi menjadi halus dan pas untuk diseduh.

Anda bisa menemukan coffee grinder manual atau elektik di pasaran. Namun, tidak sembarang merk bisa menghasilkan hasil kopi dengan tekstur yang sama dan konsisten. Keluhan yang kerap muncul dari merk grinder kopi yang berkualitas rendah adalah perbedaan hasil gilingan, meski menggunakan kecepatan dan mesin sama.

Kegunaan Grinder Kopi

Sesuai namanya, grinder kopi digunakan untuk penghalusan biji kopi yang telah di panggang. Biji kopi harus halus secara merata. Namun bukan hanya itu kegunaan dari grinder kopi.

Mesin penggiling juga berperan dalam menjaga kesegaran biji kopi roasted. Anda perlu mengetahui bahwa, biji kopi yang telah dipanggang harus segera digilling. Waktu maksimal masa tunggu biji kopi roasted sebelum digiling adalah kurang lebih 10 hari.

Kenapa demikian? Alasannya adalah karena cita rasa kopi akan jauh berkurang bila kopi digiling dalam kondisi tidak fresh roasted. Aroma yang berkurang, rasa, bahkan tingkat keasamannya pun akan berubah. Jelas ini menjadi hal yang tabu terjadi pada kafe atau kedai kopi Anda, bukan?

Bayangkan bila Anda hanya mengandalkan bubuk kopi jadi yang belum tentu frresh. Belum lagi faktor pengaruh pengiriman yang bisa saja menyebabkan berkurangnya kesegaran dan kenikmatan kopi saat diseduh.

Di sinilah grinder kopi memberi andil. Dengan memiliki grinder kopi sendiri, biji kopi roasted by request yang Anda pesan bisa langsung digiling. Anda pun bisa memastikan sendiri kualitas dan tekstur dari gilingan kopi yang dihasilkan.

Tingkat Kehalusan Hasil Coffee Grinding

Hasil Grinder Kopi

Selain mengetahui kegunaan dari mesin grinder kopi, Anda juga mesti mengetahui level kehalusan tesktur dari kopi setelah digiling. Masing-masing tingkatan memiliki keunggulan tersendiri. Inilah penjelasannya.

  • Tekstur Kasar (Coarse)

Penampakan kopi pada tingkat ini serupa dengan butiran pasir yang kasar. Proses penggilingan untuk mencapai hasil tekstur seperti ini memang cepat. Namun, dibutuhkan waktu yang lebih lama dalam tahap penyeduhan untuk mengolahnya menjadi minuman.

Kopi bubuk bertekstur kasar ini disajikan diproses menjadi minuman dengan menggunakan french press, toddy makers, vacuum coffee maker, atau percolator.

  • Tekstur Medium

Pada tingkat ini, bubuk kopi memiliki butiran yang lebih halus. Secara tampilan akan mirip dengan butiran gula atau garam. Untuk penyajian, bubuk kopi bertekstur medium bisa diseduh dengan metode drip.

  • Tekstur Halus (Fine)

Dengan butiran yang sangat kecil, tekstur bubuk kopi ini menyerupai garam halus. Anda bisa menyeduh bubuk kopi ini dengan menggunakan siphon brewers, vacuum pots, pourover coner, dan top espresso pots.

  • Tekstur Sangat Halus (Extra Fine)

Bubuk kopi dengan tingkat extra fine ini hanya bisa Anda peroleh menggunakan mesin gribder kopi otomatis. Biasanya kopi dibuat dengan mesin kopi espresso steam atau model pump.

  • Tekstur Turkish Grind

Anda menginginkan tekstur kopi berkualitas tinggi yang sangat halus? Maka tingkat Turkish grind adalah jawabannya. Hanya mesin grinder coffee tertentu yang mampu menghasilkan gilingan bubuk kopi seperti ini.

Kini Anda telah mengetahui tingkatan kehalusan bubuk kopi yang dihasilkan dari proses coffee grinding.  Selanjutnya, Anda akan kami ajak mengenali jenis-jenis mesin coffee grinder.

Jenis-Jenis Grinder Kopi

Mesin-Giling-Kopi-COG-HS850

Ada beberapa jenis mesin penggiling kopi yang bisa Anda pilih menurut keperluan. Pembagian jenis ini dibuat berdasarkan tenaga pengoperasian mesin dan juga perangkat pisau dari mesin.

Jenis Coffee Grinder Berdasarkan Tenaga Pengoperasian

Kedua jenis mesin penggiling kopi ini mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak uraiannya berikut ini.

  • Coffee Grinder Manual

Penggiling biji kopi yang satu ini hanya mengandalkan kekuatan tangan Anda sebagai sumber tenaga pengoperasiannya. Biasanya mesin kopi manual digunakan untuk konsumsi pribadi. Meski masih ada sebagian industri kecil atau warung kopi dengan tingkat produksi yang masih terbatas, memilih mesin giling biji kopi manual.

Padahal, selain energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan tuas penggiling cukup besar. Anda pun memerlukan keterampilan untuk bisa memastikan tingkat kehalusan dari hasil gilingan biji kopi tepat dengan kebutuhan.

Baca juga  Mesin Es Krim Roll Goreng

Biji kopi yang terlalu halus bisa terasa lebih pahit dan berkurang kenikmatannya. Bukan cuma itu, aroma kopi bisa jauh berkurang apabila biji kopi digiling dengan metode yang salah dan tidak konsisten.

Tentu kegagalan proses penggilingan kopi akan berakibat pada bertambahnya beban produksi. Terlebih bila Anda menggunaan biji kopi varian tertentu dengan harga yang cukup tinggi.

  • Coffee Grinder Elektrik

Dikenal juga sebagai mesin penggiling kopi otomatis, alat ini bisa menghemat tenaga juga waktu yang Anda perlukan untuk proses grinding. Beragam fitur juga biasanya disematkan pada mesin grinder kopi ini. Yang pasti, mesin penggiling kopi otomatis lebih mudah untuk digunakan ketimbang grinder kopi manual.

Bila tadi membahas jenis penggiling kopi berdasarkan sumber tenaganya, maka berikutnya adalah penggolongan mesin berdasarkan tipe pisaunya.

Jenis Coffee Grinder Berdasarkan Tipe Pisau

Mesin penggiling kopi mempunyai 2 tipe pisau yang digunakan sebagai perangkat dalam proses grinding biji kopi. Berikut penjelasan masing-masing tipe.

  • Pisau Lurus (Blade)

Jenis mesin penggiling ini dikenal sebagai tipe yang paling ekonomis dari sisi harga jual karena ukurannya yang kecil. Kelebihan dari mesin dengan jenis pisau blade adalah relatif lebih mudah dioperasikan. Anda cukup menekan tombol untuk melakukan penggilingan biji kopi. Selain itu, mesin ini pun mudah untuk dibawa kemana-mana.

Sayangnya, kapasitas penggilingan kopi ini terbilang kecil. Kelemahan lain dari mesin kopi ini adalah suara saat grinding termasuk berisik. Konsistensi rasa kopi juga bisa berubah, setelah pemakaian terus-menerus di mana pisau menjadi panas. Satu lagi kelemahan mesin ini terletak pada hasil bubuk kopi yang tingkat kehalusannya tidak sama.

  • Pisau Melingkar (Burr)

Tipe pisau burr merupakan dua logam yang disusun dengan desain gerigi pada bagian ujungnya. Bagian tersebutlah yang menjadi mata pisau untuk penggilingan biji kopi. Untuk tipe ini, ada 2 macam model pisau yang digunakan, yakni:

Flat Burr

Pada tipe ini, pisau burr berupa logam datar yang melingkar dan terletak berurutan.  Dari kedua mata pisau, hanya satu yang bergerak memutar. Kelebihan dari mesin dengan tipe pisau ini adalah memiliki hasil penggilingan yang presisi. Anda juga dapat mengatur tingkat kehalusan sesuai kebutuhan. Kelemahannya, suara mesin cukup berisik.

Canonical Burr

Perbedaan pisau burr ini dari tipe sebelumnya terletak pada bentuk mata pisau. Salah satu mata pisau pada canonical burr memiliki bentuk mirip kerucut, sedangkan yang lain berbentuk menyerupai cincin.

Dari sisi harga, mesin dengan pisau tipe canonical burr ini lebih mahal ketimbang jenis flat burr. Kelebihan tipe pisau canonical burr terletak pada putaran pisau yang mampu meminimalisasi terjadinya panas. Hasilnya, cita rasa kopi menjadi konsisten dan terjaga kualitasnya. Bukan cuma itu, suara mesin ini pun tidak berisik.

Peluang Usaha dengan Grinder Kopi

Usaha dengan Grinder Kopi

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa mesin grinder kopi hanya diperuntukkan bagi mereka yang membuka kedai kopi. Kebutuhannya tak lain hanya untuk memperoleh hasil seduhan kopi yang segar. Padahal ada beberapa peluang usaha lain yang bisa Anda kembangkan dengan membeli mesin penggiling biji kopi otomatis.

Kedai Kopi

Membuka kedai kopi atau kafe bisa menjadi prioritas utama bila Anda memiliki mesin grinder kopi sendiri. Kopi yang Anda sajikan jelas akan memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan coffee shop atau kafe yang mengandalkan bubuk kopi jadi.

Hal ini tak lain karena tidak ada yang bisa mengalahkan kenikmatan kopi fresh yang diseduh. Tentu karena menggiling sendiri Anda tak perlu susah menyimpan stok bubuk kopi dalam jumlah terlampau banyak. Justru kopi yang digiling dapat langsung diseduh.

Bukan cuma itu, daya tarik dari aroma kopi yang digiling di tempat dapat menjadi magnet tambahan bagi para konsumen untuk berlangganan dengan kedai Anda. Tak jarang, penikmat kopi justru mencari sensasi aroma bubuk kopi asli yang memenuhi ruangan.

Menjadi Penyuplai Bubuk Kopi

Anda bisa membuat racikan kopi yang khas untuk dijual ke pasaran. Alih-alih membeli bubuk kopi jadi, Anda justru bisa memenuhi kebutuhan pasar akan kopi berkualitas. Anda juga bisa membuat varian tingkat kehalusan bubuk kopi berdasarkan permintaan customer.

Bubuk kopi yang Anda hasilkan pun dapat dipasarkan ke catering, restoran, kantin, warung kopi kecil, dan bisnis kuliner sejenis. Penghasilan Anda pun akan bertambah. Bahkan sangat mungkin, nominal yang dikeluarkan untuk membeli mesin penggilingan kopi akan segera tergantikan.

Membuat Franchise Minuman Kopi

Bisnis franchise bisa semakin meningkatkan pemasaran produk bubuk kopi yang Anda hasilkan. Namun, Anda pun harus siap dalam membentuk sistem yang mumpuni sehingga mudah diduplikasi oleh mitra bisnis.

Membuat Merk Kopi Sendiri

Bukan tak mungkin untuk memasarkan kopi bubuk racikan Anda sendiri. Bahkan Anda pun bisa membuat merk dagang sendiri. Dengan latihan dan uji coba, Anda dapat menemukan kreasi kopi yang unik namun tetap sesuai dengan lidah para penikmat kopi.

Baca juga  Mesin Slow Juicer

Peluang-peluang yang kami paparkan tadi, hanya bisa dilakukan bila Anda memilih grinder kopi otomatis yang bermutu tinggi.

Keunggulan Grinder Kopi dari Ramesia

Grinder Kopi Ramesia

Kualitas sebuah mesin grinder kopi bisa dilihat dari berbagai faktor. Dalam hal ini, kami berani meyakinkan Anda bahwa produk mesin penggiling kopi Ramesia adalah pilihan yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa poin keunggulan dari mesin penggiling kopi Ramesia.

Mesin Otomatis

Bukan hanya Anda, tetapi siapa saja bisa mengoperasikan mesin penggiling kopi otomatis dari Ramesia. Anda tinggal mengatur kecepatan untuk menentukan tingkat kehalusan yang diinginkan. Kapasitas mesin pun bervariasi. Jadi, tinggal memilih manakah yang pasling tepat untuk bisnis kedai kopi Anda.

Hasil Bubuk Kopi yang Konsisten

Mesin mempunyai presisi yang tinggi. Pengaturan tingkat hasil gilingan biji kopi yang akurat, akan memastikan kehalusan bubuk kopi sama rata. Tentunya hal ini akan menjamin kualitas cita rasa baik dari sisi aroma hingga rasa kopi yang Anda sajikan.

Mesin Awet

Ketahanan mesin penggiling kopi Ramesia tidak perlu Anda ragukan. Selain dibuat dari material yang antikarat, grinder kopi ini juga dibarengi dengan garansi selama setahun dari Ramesia. Inilah yang menjadi jaminan atas mutu dari mesin penggiling kopi yang kami tawarkan.

Lebih Ekonomis

Dengan menggunakan mesin penggiling kopi, Anda dapat menekan biaya produksi. Ketimbang membeli kopi bubuk yang sudah digiling, Anda justru bisa menggiling kopi sendiri. Anda pun bisa menentukan tingkat kehalusan sesuai cita rasa kopi yang diinginkan.

Perlu Anda ketahui bahwa, harga bubuk kopi berkualitas jauh lebih tinggi bahkan bisa 80% lebih mahal dibandingkan dengan harga biji kopi. Anda juga tak perlu mencemaskan soal biaya listrik, karena daya yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin ini cukup rendah.

Hemat Tenaga

Pengoperasian yang mudah membuat Anda tak perlu menyewa tenaga ahli tambahan untuk proses grinding kopi. Sistem otomatis jelas tak membutuhkan tenaga kuat untuk melakukan penggilingan.  Alih-alih mengeluarkan biaya tambahan untuk tenaga karyawan, Anda justru bisa menghemat pengeluaran.

Efisien dalam Hal Waktu

Waktu penggilingan relatif singkat. Tanpa perlu menunggu lama, Anda bisa mendapatkan bubuk kopi yang diinginkan. Karena penggilingan dilakukan sendiri, tentunya Anda juga bisa menjamin kesegaran dan kualitas dari kopi.

Meningkatkan Pendapatan

Bukan hanya bisa berhemat dari sisi beban produksi, Anda juga bisa meningkatkan pendapatan penjualan kopi. Anda tidak hanya bisa menjual minuman kopi. Lebih dari itu, racikan bubuk kopi pun bisa Anda tawarkan kepada para pelanggan.

Bahkan saat ini, hampir semua kedai kopi menawarkan ciri khas bubuk kopi racikan sendiri kepada customer. Dengan demikian, pelanggan akan semakin terikat dengan cita rasa kopi yang Anda buat.

Spesifikasi dan Harga Grinder Kopi Ramesia

Kami menawarkan beberapa jenis mesin penggiling kopi terbaik untuk Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih sesuai spesifikasi yang paling dibutuhkan dan bujet yang cocok dengan anggaran dari jenis mesin berikut ini.

  • Model COG-HS600

Mesin grinder kopi berdimensi 42x28x18 cm ini mempunyai bobot 4 kg dengan kapasitas 250 gram. Daya yang dibutuhkan untuk menggunakan mesin adalah 0,15 Kw dengan tegangan 220 V/50 Hz. Frekuensi mesin adalah 0/60 Hz. Harga yang kami tawarkan untuk mesin giling ini adalah Rp1.025.000,00.

  • Model COG-HS850

Dengan kapasitas 900 gram dan frekeunsi 50/60 Hz, mesin penggiling kopi ini kami tawarkan dengan harga Rp4.275.000,00. Untuk pengoperasiannya, mesin ini hanya membutuhkan daya 0,36 Kw dengan tegangan 220 V.Adapun dimensi dari mesin ini adalah 48,5x26x40 cm dengan bobot 16 kg.

  • Model Brasil

Mesin yang satu ini mempunyai kapasitas dispenser 300 gram dengan hopper seberat 1 kg. Dimensi mesin ini adalah 210x355x450 mm dengan berat 11 kg. Untuk mengoperasikan mesin ini hanya dibutuhkan tegangan 275 V per 1 fase. Mesin tipe Brasil ini dibandrol dengan harga Rp5.300.000,00.

Jika bingung menentukan mana mesin grinder kopi yang paling sesuai untuk bisnis Anda, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Konsultasikanlah konsep bisnis kopi Anda dengan kami. Maka, kami akan pastikan Anda menemukan spesifikasi grinder kopi yang paling mumpuni baik dari segi spesifikasi maupun harga.

 
mesin es krim mini slimtech
Mesin Es Krim SlimTech Premium
   Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares