Daftar Mesin Oven Gas, Oven Roti, dan Kue Ramesiamesin (Murah dan Berkualitas)  

oven-roti-gas-ramesia

Aneka kue, roti, dan cake menjadi usaha kuliner yang tidak pernah sepi di pasaran. Bisnis bakery merupakan bisnis yang menggiurkan. Wajar bila berbagai usaha kue banyak ditemukan di pinggir jalan, toko kecil, hingga toko besar yang terkenal. Semakin banyak pula usaha industri rumahan hingga pabrik berskala besar memilih menggunakan oven gas.

Apa Itu Oven Gas?

Oven gas merupakan oven yang menggunakan gas sebagai bahan bakar. Oven jenis ini tentunya memerlukan ruang yang lebih besar dibandingkan dengan oven kue gas. Namun meski berukuran besar, harga oven bahan gas umumnya lebih murah ketimbang oven listrik.

Oven jenis gas dibuat dari bahan stainless steel. Bahan ini dikenal tahan lama dan tidak mudah rusak. Loyang yang berukuran maksimal 40 x 60 cm pun masih bisa masuk ke dalam oven. Kapasitas oven untuk mematangkan kue juga diketahui lebih besar daripada kapasitas yang dimiliki oleh oven listrik.

Oven gas merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki oleh pemilik toko roti dan kue. Selain membantu mendapatkan hasil panggangan yang matang sempurna, oven gas ini juga dapat digunakan untuk memanggang berbagai macam roti, kue, bahkan bakpia sekalipun.

Ada dua jenis oven bahan gas yang beredar di pasaran. Kedua jenis tersebut adalah oven gas manual dan oven gas deck otomatis.

Oven manual dikenal sangat boros karena harus mengatur sendiri keluarnya gas pada regulator. Di sisi lain, oven gas deck otomatis jauh lebih irit. Hal ini disebabkan adanya power control yang berfungsi sebagai pengatur otomatisasi oven.

Menggunakan oven jenis ini juga menghemat biaya operasional. Karena Anda sudah tidak perlu pusing lagi dengan tagihan listrik yang membengkak.

Kegunaan dan Keunggulan Oven Gas Dibandingkan dengan Oven Roti Biasa

Mesin Oven Gas, Oven Roti

Oven gas merupakan oven yang dibuat khusus untuk mengantisipasi penggunaan daya listrik. Umumnya orang beralih menggunakan oven dengan bahan bakar gas ini karena mencemaskan daya listrik yang tidak kuat. Bagi industri berskala besar, penggunaan oven ini tak lain bertujuan untuk menghemat biaya listrik.

Bukan cuma itu, pengusaha kue tak perlu khawatir produksi roti terhenti ketika sedang mati lampu. Produksi kue dan roti tetap bisa berjalan tanpa adanya listrik, sebab penggunaan oven hanya membutuhkan gas.

Selain itu menggunakan oven gas jauh lebih mudah daripada menggunakan mesin roti biasa. Lagi-lagi, hal ini bisa menghemat waktu produksi kue dan roti.

Alih-alih bertugas untuk mengawasi pembuatan roti, tenaga karyawan bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan kebutuhan lain. Hasilnya, Anda bisa memproduksi roti lebih banyak. Terlebih jika ada pesanan kue dan roti secara khusus dalam jumlah yang banyak. Jelas, menggunakan oven gas jauh lebih efisien dan efektif.

Beberapa keunggulan oven kue gas otomatis berikut ini, patut menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk membelinya. Berikut keunggulan oven dengan bahan bakar gas otomatis.

  1. Pengeluaran biaya listrik lebih irit karena pemakaian listriknya sudah menggunakan thermo control. Tidak hanya satu, oven gas otomatis ini telah memakai dua unit thermo control. Alat ini berfungsi untuk mengendalikan panas ruang bakar. Hasilnya, Anda dapat mengatur panas di dalam oven secara otomatis sesuai keinginan.
  2. Pengeluaran biaya gas lebih hemat karena pemakaian gas sudah otomatis menggunakan Oven gas otomatis dilengkapi dengan 2 unit thermocouple (sensor panas) untuk menerima suhu panas sehingga suhu panas bisa disesuaikan dengan yang kita inginkan.
  3. Tidak membutuhkan tenaga kerja untuk mengawasi pembuatan roti karena sudah ada timer sebagai pembatas waktu pembuatan. Anda tidak perlu khawatir roti akan gosong.
  4. Pembuat kue tidak perlu ragu memilih suhu panas yang dibutuhkan untuk mematangkan kue atau roti. Oven deck otomatis sudah dilengkapi dengan thermo kontrol yang akurat.
  5. Oven gas otomatis sudah memiliki sistem pemanggangan dengan api atas dan api bawah, sehingga dapat mematangkan roti secara merata.
  6. Ruangan pada jenis oven ini tidak terlalu panas karena dinding oven sudah dilapisi dengan peredam panas.
  7. Anda tidak perlu cemas oven akan meledak, karena oven gas otomatis sudah dilengkapi dengan IC control board. Alat ini akan berperan sebagai alarm yang menandakan adanya kegagalan api di ruang pembakaran.
  8. Oven gas otomatis sudah dilengkapi dengan pipa burner yang terbuat dari stainless steel. Jadi open gas sudah tidak mudah keropos.

Jenis Oven Kue Bahan Bakar Gas

Oven Gas Deck

Ada beberapa jenis oven gas yang perlu kita ketahui, sebagai berikut:

  1. Oven Gas

Oven gas dapat digunakan untuk memanggang roti, kue, atau makanan lainnya. Oven ini dilengkapi dengan fitur untuk mengatur suhu. Anda dapat mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat menghasilkan kue dan roti dengan kematangan yang sempurna.

  1. Oven Gas Convection

Oven Gas Convection adalah pemanggang roti, kue, atau jenis makanan lainnya yang dilengkapi dengan fitur pengatur suhu serta kaca yang kuat. Keunggulannya yaitu Anda dapat mengatur suhu sesuai kebutuhan agar roti matang merata dan tidak gosong.

Tips Memilih Oven Gas yang Tepat Untuk Usaha

Setelah mengetahui keunggulan oven gas otomatis, mungkin Anda merasa tertarik untuk membeli sebuah oven gas, tetapi masih bingung oven gas seperti apa yang baik untuk usaha.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih oven gas, silahkan simak tips memilih oven gas yang baik berikut ini

  1. Sesuaikan oven gas dengan Kebutuhan

Jika Anda baru saja memulai bisnis toko roti dan masih membuat roti dengan skala kecil, sebaiknya Anda membeli oven gas 1 dek. Hal ini karena oven tersebut cenderung lebih murah dan sangat cocok untuk Anda yang baru saja merintis usaha.

Baca juga  Bisnis Bakso Ikan Lele, Usaha Kuliner yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Namun jika Anda sudah terbiasa membuat puluhan hingga ratusan roti dalam satu hari, Anda mungkin memerlukan oven yang lebih besar dengan jumlah rak lebih banyak sehingga akan mempermudah dan mempercepat proses produksi.

  1. Perhatikan Bahan Pembuat Oven Gas

Pilihlah oven yang terbuat dari stainless steel karena bahan tersebut dapat menghantarkan panas dengan baik dan antikarat, sehingga tahan lama.

  1. Pastikan Termometer Oven Gas Tersedia

Termometer adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh sebuah oven. Dengan termometer ini, Anda dapat memantau suhu selama proses pemanggangan apakah sudah sesuai dengan suhu yang semestinya. Jika termometer tersebut tidak ada, maka Anda tidak dapat mengukur suhu secara akurat dan berimbas pada roti yang kurang matang atau bahkan gosong.

  1. Oven Gas Harus Mudah Dipindahkan dan Dibersihkan

Sebagian oven gas memiliki berat yang cukup signifikan. Oven yang baik biasanya dilengkapi dengan roda-roda kecil yang memudahkannya untuk dipindahkan. Selain mudah dipindahkan, oven seharusnya juga mudah untuk dibersihkan.

  1. Perhatikan Sistem Keamanan Oven Gas

Oven yang baik harus memiliki peredam panas dan menggunakan slang dan regulator ber-SNI. Hal ini untuk memastikan bahwa oven nyaman dan aman untuk digunakan.

  1. Harga Oven Gas

Hal ini juga tidak kalah pentingnya dengan yang lain. Pilihlah oven dengan harga murah tetapi tidak murahan. Percuma saja membeli oven dengan harga murah dengan maksud berhemat jika oven tersebut sudah rusak dalam waktu kurang dari satu tahun. Lebih baik membeli oven dengan harga yang sedikit lebih mahal, tetapi kualitasnya baik dan tahan lama.

  1. Belilah Oven Gas Bergaransi

Anda akan menjumpai banyak sekali toko yang jual oven gas. Jangan terkecoh dengan iming-iming harga miring. Selain harga, Anda juga harus memperhatikan apakah toko tersebut menyediakan garansi. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari kerugian.

Cara Kerja Oven Gas Otomatis Ramesia

Jual Oven Gas

Dengan oven gas otomatis Ramesia, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir ketika menyalakan oven. Oven gas otomatis Ramesia dilengkapi dengan beberapa fitur yang menjamin keamanan ketika proses pemanggangan berlangsung.

Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah tombol pengaturan waktu, thermocontrol yang dapat Anda gunakan untuk memantau suhu, alarm yang memberitahu jika ada kesalahan.

Cara kerja oven gas roti Ramesia adalah dengan memanfaatkan suhu panas yang merata dari bagian bawah dan atas oven. Hanya dengan menekan tombol on, Anda sudah dapat mengatur suhu dan waktu yang diperlukan untuk memanggang. Anda tidak lagi memerlukan korek api untuk menyalakan oven.

Adanya timer, membuat Anda tidak perlu mengecek jam berkali-kali hanya untuk memastikan bahwa roti dipanggang sesuai dengan waktu yang semestinya, sehingga tidak gosong. Timer pada oven roti ini akan berbunyi ketika waktu memanggang telah usai yang dibarengi dengan mengecilnya nyala api secara otomatis. 

Tips Merawat Oven Gas Agar Awet dan Tahan Lama

Oven gas merupakan salah satu aset utama dari sebuah toko roti. Maka dari itu, sudah seharusnya oven gas dirawat agar awet dan tahan lama sehingga dapat memproduksi lebih banyak roti.

Lalu, bagaimana tips merawat oven gas agar tahan lama?

  • Setelah Anda menggunakan oven, biarkan pintu oven terbuka untuk beberapa saat.
  • Jika Anda ingin membersihkannya oven, hindari membersihkannya di saat oven masih panas. Hal ini berbahaya bagi Anda dan dapat membuat oven rusak.
  • Untuk membersihkan oven, Anda tidak perlu menggunakan cairan pembersih kaca yang banyak dijual di supermarket. Anda cukup menggunakan baking soda yang dicampur dengan air hingga menjadi pasta. Gunakan pasta tersebut untuk melapisi seluruh bagian oven, lalu diamkan untuk beberapa saat. Setelah itu, bersihkan dengan spons hangat. Keringkan.
  • Selain menggunakan campuran baking soda dan air, Anda juga dapat menggunakan campuran garam dan cuka yang diisikan pada botol penyemprot untuk membersihkan oven. Anda hanya tinggal menyemprotkan campuran garam dan cuka tersebut ke semua bagian oven, lalu lap dengan air bersih. Cara ini juga ampuh untuk bahan sisa yang terdapat di dalam oven yang dapat menyebabkan oven menjadi bau. Semprotkan cairan ini pada bagian dalam oven, panaskan selama beberapa menit agar kerak dan noda membandel dapat dibersihkan dengan mudah.
  • Jangan lupa untuk melakukan service berkala terutama jika proses pemanasan oven berjalan lebih lama karena bisa jadi busa peredam panas di dalam oven sudah semakin menipis.

Spesifikasi dan Harga Mesin Oven Gas Ramesia

Oven Gas Ramesia

Ramesia mesin menjual berbagai jenis mesin oven dengan bahan bakar gas berkualitas sangat baik dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Model: BOV ARF40H
  • Tipe / Daya Gas L.P.G / 200 Watt
  • Tekanan Gas 2.8Kpa
  • Heat Load 80MJ jam
  • Rentang Suhu 20o-400°C
  • Kapasitas Produksi 40kg/jam
  • Berat: 208 Kg
  • Harga: Rp …
  1. Model BOV ARF60H
  • Tipe Gas / Daya L.P.G / 300 Watt
  • Tekanan Gas 2.8Kpa
  • Heat Load 120MJ/jam
  • Rentang Suhu 20°C-400°C
  • Kapasitas Produksi 60kg/jam
  • Berat: 320 Kg
  • Dimensinya 139 × 93 × 174 cm
  • Harga: Rp …
  1. Model BOV ARF90H
  • Tipe Gas / Daya L.P.G / 300 Watt
  • Tekanan Gas 2.8Kpa
  • Heat Load 150MJ/jam
  • Rentang Suhu 20°-400°C
  • Kapasitas Produksi 90kg/jam
  • Berat: 430kg
  • Dimensi 181 × 93 × 171 cm
  • Harga: Rp …
Baca juga  Resep Cara Membuat Waffle Pancake Paling Istimewa

Oven gas Ramesia sudah teruji dan merupakan produk unggulan. Oven ini cocok untuk digunakan oleh para pebisnis kue pemula maupun yang sudah profesional.

Penggunaan gas mungkin akan membuat Anda takut terjadikebakaran. Untuk itulah Anda sebaiknya menggunakan regulator gas yang sudah disertifikasi.

Suhu pada oven jenis ini terkadang kurang merata ke seluruh ruangan. Hal ini bisa Anda bisa antisipasi dengan penggunaan oven gas convection. Penggunaan oven ini dapat membuat radiasi panas menyebar dengan sempurna.

Pemerataan suhu ruangan bisa membuat produksi kue atau roti Anda lebih enak. Terlebih untuk pembuatan kue kering.

Bila Anda adalah pengusaha kue pemula, mungkin Anda akan bingung menentukan penggunaan oven mana yang lebih baik. Apakah lebih baik memakai oven gas atau oven listrik?

Pemilihan oven harus melalui pertimbangan yang matang. Namun, tak perlu cemas. Anda dapat mengonsultasikan kebutuhan oven mana yang paling sesuai dengan customer service kami. Pastikan Anda memilih oven gas dari Ramesiamesin. Selain kinerja oven yang optimal, Anda pun dijamin akan memiliki oven yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

Membuat Kue Bakpia Menggunakan Oven Gas Ramesia

Bakpia adalah kue kering yang biasanya berisi kacang hijau yang manis. Anda tidak perlu pergi ke Yogyakarta hanya untuk mendapatkan bakpia yang lezat. Dengan bermodalkan keterampilan dan oven gas Ramesia, Anda dapat membuat oven roti untuk bakpia yang lezat. Bahkan Anda dapat menjualnya.

Berikut cara membuat bakpia dengan menggunakan oven gas.

Oven Gas untuk Bakpia

Bahan 1:

  • 125 gram tepung terigu protein sedang/segitiga
  • 75ml susu
  • ½ sendok makan mentega putih
  • 40 gram tepung gula

Bahan 2:

  • 175 gram tepung terigu protein sedang
  • 60 gram minyak goreng

Bahan Isian:

  • 100 gram kacang hijau yang sudah dikupas, lalu rendam selama 1 jam
  • 1/8 sendok teh garam
  • 100 gram gula pasir (jumlah gula bisa disesuaikan dengan selera Anda)
  • 50 ml santan diambil dari ¼ butir kelapa

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat isian: kukus kacang hijau selama 30 menit lalu haluskan. Tambahkan gula, garam, dan santan. Masak sambil diaduk hingga kering. Angkat dan dinginkan.
  2. Campurkan bahan 1, kemudian sisihkan.
  3. Dalam wadah terpisah, aduk bahan 2 hingga kalis, sisihkan.
  4. Gulung adonan 1 dan timbang masing-masing 5 gram.
  5. Gulung adonan 2 dan timbang masing-masing 5 gram.
  6. Giling tipis adonan 1 lalu tambahkan adonan 2 diatasnya. Gulung. Istirahatkan kurang lebih selama 1 jam sambil ditutupi serbet.
  7. Giling adonan kulit yang sudah didiamkan, lalu tambahkan bahan isi di tengahnya sebanyak 10 gram. Tekan-tekan secara perlahan untuk merapikan.
  8. Panggang dalam oven selama 7 menit dengan suhu 160C. Balik. Oven kembali selama 7 menit.

Memanggang bakpia dengan oven gas Ramesia ternyata mudah dan praktis, bukan? Bahkan dengan menggunakan oven ini, Anda bisa membuka bisnis bakpia yang tentunya menguntungkan. Tetapi, sebelum itu, Anda sebaiknya mengecek website Ramesia Mesin untuk mengetahui oven mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Gas Open Burner

Gas Open Burner RBJ-6

Rp25.000.000,00
Rp27.250.000,00
Rp9.875.000,00
Rp37.400.000,00

Gas Open Burner

Gas Open Burner RBJ-4

Rp20.000.000,00
Rp18.675.000,00
Review Pelanggan
Tanggal
Paket Catering
Oven Gas dari Ramesia sangat berkualitas
Author Rating
51star1star1star1star1star
 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares