Daftar Oven Listrik Terbaik dengan Harga yang Terjangkau

Electric-Oven-PCH-10401

OVEN LISTRIK

Penggunaan oven yang tepat sangat memengaruhi kualitas produk bakery yang dihasilkan. Oven yang buruk dari sisi pengaturan suhu, dapat mengakibatkan kue menjadi terlalu kering bahkan rentan overcooked. Dalam hal ini, pemilihan oven listrik atau oven gas yang akan digunakan menjadi sangat krusial.

Jika Anda sedang bingung memutuskan pilihan oven mana yang terbaik untuk berbisnis, maka jangan beranjak. Simaklah ulasan yang telah kami siapkan berikut ini.

Jenis-Jenis Oven

Oven Listrik - Convection Oven DHB-4B

Untuk bisa memutuskan oven mana yang tepat untuk digunakan, maka Anda harus mengetahui dulu beberapa jenis oven yang biasa dipakai dalam industri bakery. Inilah jenis-jenis oven berdasarkan skala pemakaiannya.

Oven dengan Skala Rumah Tangga

Oven jenis ini umumnya menggunakan sumber daya dari kompor. Anda mungkin pernah mendengar istilah oven tangkring atau oven kompor yang digunakan untuk menyebut oven ini.

Tidak ada fitur khusus dari oven jenis ini. Untuk itu, saat pemakaiannya, Anda harus mengatur suhu dan mengukur waktu pemanggangan secara manual. Salah perkiraan, hasil panggangan Anda bisa gosong.

Meski rentan bahaya, tetapi oven ini masih digunakan oleh sebagian kecil industri rumahan atau pemakaian personal. Akan tetapi oven jenis ini tidak kami sarankan, bila berniat serius mengembangkan bisnis bakery Anda.

Oven Skala Semi-Profesional

Jenis oven semi-profesional mempunyai fitur pengaturan suhu juga timer, sehingga memudahkan proses pemanggangan. Daya yang digunakan bisa berasal dari gas atau pun listrik.

Sayangnya, oven jenis ini pun belum mempunyai pengaturan suhu untuk bagian atas dan bawah dari oven. Meski demikian, jenis oven ini kerap dipilih oleh para pebisnis dengan kapasitas produksi sedang.

Oven Skala Profesional

Sumber daya yang digunakan pada oven jenis ini bisa bersumber dari listrik atau pun gas. Keunggulan oven skala profesional tentu terletak pada fiturnya yang lebih lengkap.

Pada oven jenis ini, Anda bisa mengatur suhu panas dari bagian atas maupun bawah oven. Bukan cuma itu, timer yang akurat dan alarm akan membantu Anda untuk mengetahui jika proses pemanggangan telah usai.

Oven profesional sangat kami sarankan bila Anda membuka bisnis bakery dengan proses produksi lebih banyak dan cepat. Oven jenis ini pun sangat tepat digunakan bagi industri kecil hingga menengah yang menginginkan efisiensi waktu dan tetap menjaga kualitas hasil panggangan.

Oven Skala Industri

Inilah oven dengan skala produksi terbesar. Selain kapasitas yang mampu memuat lebih banyak adonan untuk dipanggang, oven ini juga menggunakan teknologi khusus. Hasilnya, proses pemanggangan jauh lebih singkat.

Fitur pengaturannya pun lebih canggih. Suhu tak hanya bisa diatur pada bagian atas dan bawah, melainkan juga pada tiap bagian panggangan. Tak lupa, timer dan fitur pengatur ekstraksi udara juga disematkan. Untuk sumber daya, oven ini bisa menggunakan listrik dan juga gas.

Perbedaan Antara Oven Listrik dengan Oven Gas

Oven Roti Gas vs Listrik

Dari namanya saja sebenarnya Anda sudah bisa mengetahui apa perbedaan mendasar antara kedua jenis oven tersebut. Sumber pengoperasian listrik atau gas, keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, kami akan paparkan perbedaan dari oven listrik dengan oven gas.

Elemen Pemanas

Pada oven elektrik, panas dihasilkan oleh tenaga listrik. Hasilnya, meski lebih cepat dan efisien karena adanya fitur timer, tetapi panggangan relatif menjadi lebih kering. Lain halnya dengan oven gas yang mendapatkan panas dari api. Kue yang dihasilkan lebih moist, lembut, dan tidka kering.

Bagi Anda pebisnis bakery, jelas hal ini sangat penting. Karena kualitas produk bakery yang buruk tentu akan menyebabkan pelanggan kabur dan penjualan menurun.

Ruang Penempatan Oven

Kelebihan dari oven listrik adalah Anda tidak perlu menambah ruang untuk peletakkan gas LPG. Lain halnya dengan oven gas yang tidak hanya memakan ruang untuk penempatan oven, tapi juga untuk menaruh tabung LPG sebagai sumber daya pengoperasiannya.

Konsumsi Sumber Daya

Adanya fitur pengaturan panas dari thermostat pada oven listrik menjadi salah satu keunggulan dari jenis pemanggang ini. Thermostat akan secara otomatis mematikan perangkat pemanas, ketika suhu telah mencapai batas tertentu. Prinsip kerjanya terbilang mirip dengan lemari pendingin atau pun AC.

Namun karena sumber dayanya mengandalkan listrik, maka kondisi tegangan listrik saat pemanggangan berlangsung harus selalu stabil. Listrik yang tidak stabil akan menjadikan hasil panggangan gagal. Bukan cuma itu, perangkat oven pun menjadi rentan rusak.

Berbeda dengan oven listrik, oven gas justru lebih bisa menghemat penggunaan gas karena bisa diatur secara manual. Akan tetapi, tidak ada thermostat yang bisa mengatur tingkat suhu dari oven. Hal ini jelas menuntut perhatian Anda saat menggunakan oven. Jika tidak cermat, kue Anda bisa tidak matang dengan baik atau bahkan menjadi gosong karena terlalu panas.

Baik oven listrik atau oven gas biasa, keduanya mempunyai kelemahan yang bisa menjadi beban tambahan dalam operasional bisnis Anda. Lalu, bagaimana solusi oven terbaik yang kami tawarkan?

Baca juga  Cake Showcase

Jawabannya adalah dengan menggunakan oven listrik dari Ramesia. Mau tahu apa saja keunggulan dan spesifikasinya? Silakan lanjutkan membaca ulasan ini.

Keunggulan Oven Listrik Ramesia

 

Oven Listrik pch-10401-02Berbeda dengan oven roti merk lain, Ramesia menggunakan teknologi terbaru yang mampu mengombinasikan keunggulan oven listrik dengan oven gas. Hasilnya adalah oven skala profesional yang menggunakan sumber daya gas dan juga listrik. Oven roti jenis ini juga sering disebut sebagai oven gas otomatis.

Alih-alih menjadi boros sumber energi, justru oven ini jauh lebih efisien dari berbagai segi. Untuk memahami lebih jauh mengenai beragam keunggulan oven listrik dari Ramesia, mari simak ulasan berikut.

Hemat Sumber Daya

Penggunaan listrik pada oven otomatis ini hanya untuk proses otomatis dari oven, sehingga daya yang dibutuhkan sangat rendah. Daya utama untuk pemanggangan berasal dari gas LPG. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hasil panggangan menjadi kering layaknya menggunakan oven listrik biasa.

Alih-alih ribet mengatur secara manual, gas yang digunakan oleh oven ini akan diatur secara otomatis oleh valve oven.

Aman Digunakan

Oven listrik ini benar-benar aman untuk digunakan, bahkan oleh pemula. Adanya alarm pada IC control board pada oven, akan memastikan tidak terjadi overheat yang bisa menyebabkan ledakan akibat gas.

Suhu Oven yang Stabil

Fitur thermocontrol oven listrik ini sangat akurat. Dengan demikian, hasil panggangan tidak akan terlalu kering atau kurang matang. Pengaturan suhu akan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Efisien dalam Hal Tenaga Kerja

Anda tidak perlu menjaga suhu oven secara manual atau bolak-balik memeriksa tingkat kematangan panggangan. Pasalnya, fitur timer telah disematkan pada oven listrik ini. Anda bisa menghemat tenaga dan melakukan hal lain secara paralel sembari menunggu proses memanggang usai.

Adanya Peredam Panas

Ruangan dapur bakery tidak akan terlampau panas, sehingga cukup nyaman untuk Anda dan tim dalam memproduksi roti dan kue. Alasannya adalah karena pada oven diberikan lapisan peredam panas (rockwool/glasswool) yang menjaga agar panas tidak keluar dari dalam oven.

Tadi Anda telah membaca garis besar keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh oven listrik Ramesia. Kini, kami akan memberikan jabaran spesifikasi dan beragam tipe oven listrik yang sangat mendukung kinerja produksi bakery Anda.

Harga Oven Listrik (Oven Gas Otomatis) Ramesia dan Spesifikasinya

Convection Oven Listrik NFC-5D

Oven roti otomatis mempunyai model berdasarkan jumlah deck yang dimilikinya. Berikut adalah uraian spesifikasi beserta harga oven listrik yang tersedia di Ramesia.

  • Tipe ARF10H

Oven 1 deck 1 pan ini didesain dengan tingkat temperatur 20-300C serta rated heat load 20 MJ/h. Sumber daya utama adalah gas LPG dengan tekanan 2,8 Pa dan daya 32 W. Harga dari oven dengan kapasitas 10 kg/jam dan bobot 36 kg ini dibandrol pada Rp9.000.000,00.

  • Tipe ARF20H

Oven 1 deck ini memiliki 2 pan, dengan rated heat load 40 MJ/h. Daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan oven ini adalah 100 W dengan LPG bertekanan 2,8 kPa. Anda bisa mengandalkan oven ini untuk memanggang dengan suhu 20-400C dengan kapasitas panggangan mencapai 40kg/jam. Dimensi oven seharga Rp9.875.000,00 ini adalah 139x93x66 cm dengan bobot 115kg.

  • Tipe ARF30H

Dengan 3 pan dan 1 deck, oven listrik ini mampu memanggang dengan kapasitas 30kg/jam. Dimensi oven adalah 181x93x66 cm dengan bobot 115kg. Suhu panggangan ini berada pada kisaran 20-400C serta rated heat load 60MJ/h. Harga yang dibandrol untuk oven canggih ini adalah Rp13.575.000,00. Oven ini hanya membutuhkan daya 200 W dengan gas LPG bertekanan 2,8 kPa.

  • Tipe ARF40H

Mencari oven dengan kapasitas lebih banyak, oven 2 deck 4 pan ini kami sarankan untuk Anda. Dnegan gas LPG dan tekanan 2,8 kPa, oven dapat beroperasi hanya dengan daya 200 W. Suhu panggangan berkisar pada 20-400C serta rated heat load 80MJ/h. Kapasitas panggang mencapai 40kg/jam. Oven berdimensi 139x93x144 cm ini mempunyai bobot 208kg dan bisa Anda bawa pulang dengan Rp18.675.000,00.

  • Tipe ARF60H

Kapasitas lebih besar kami tawarkan untuk Anda. Oven dengan 3 deck dan 6 pan ini mempunyai kapasitas panggang hingga 60kg/jam. Suhu panggangan 20-400C serta rated heat load 120MJ/h. Oven yang dijual dengan harga Rp26.300.000,00 ini berdimensi 139x93x174 cm dengan bobot 320kg. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan LPG (tekanan gas 2,8 kPa) dan daya 300 W saja.

  • Tipe ARF90H

Oven dengan 3 deck dan 9 pan ini beroperasi dengan tekanan gas LPG 2,8 kPa dan daya 300 W. Suhu pemanggang 20-400C dengan rated heat load 150MJ/h. Kapasitas panggangan mencapai 90kg/jam. Harga jual oven berdimensi 181x93x171 cm serta bibit 430kg ini dibandrol pada Rp37.400.000,00 saja.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan beragam pilihan oven Listrik tipe RFL dengan spesifikasi sebagai berikut.

  • Model RMI-ARF20H
Baca juga  Spiral Mixer Roti

Oven dengan tray berukuran 60x40x20 cm ini mempunyai kapasitas pemanggang hingga 40kg/jam. Dengan dimensi 129×85,5×64 cm, oven berbobot 130kg ini hanya membutuhkan daya 100 W dengan sumber tenaga gas LPG 22.500BTU. Harga yang kami bandrol untuk oven ini adalah Rp10.500.000,00.

  • Model RFL-11SS

Dengan bobot 70kg dan dimensi 100x67x55 cm, oven listrik ini mempunyai kapasitas panggangan hingga 20kg/jam. Suhu pemanggang berkisar pada 30-400C. Oven yang dijual senilai Rp6.875.000,00 ini hanya membutuhkan gas LPG 15.000BTU dan daya 48 W untuk pengoperasiannya.

  • Model RFL-24SS

Kapasitas oven ini mencapai 60kg/jam dengan suhu pemanggang berkisar pada 30-400C. Bobot oven ini adalah 250kg dengan dimensi 134x90x140 cm. Oven ini dibandrol pada harga Rp20.900.000,00. Adapun daya yang dibutuhka untuk mengoperasikan oven ini adalah 120 W dengan sumber panas dari gas LPG 45.000BTU.

  • Model RFL-36SS

Meski memiliki kapasitas lebih besar yakni 90kg/jam, oven listrik ini hanya membutuhkan daya sebesar 180 W dengan sumber panas dari gas LPG 67.500 BTU. Oven ini pun mampu memanggang dengan suhu berkisar pada 30-400C. Oven berbobot 320kg dan dimensi 134x90x180 cm ini kami tawarkan hanya dengan harga Rp29.150.000,00.

Perlu Anda ketahui, seluruh tipe oven yang kami tawarkan dibuat dari bahan stainless steel. Bahan ini telah dikenal mempunyai tingkat resistensi yang tinggi, sehingga tahan lama. Anda pun bisa mengandalkan garansi dan layanan after sales bila dibutuhkan.

Berbicara soal ketahanan oven, Anda tentu tahu bahwa perawatan yang optimal akan memperpanjang umur perangkat memasak. Untuk itu, kami memberikan beberapa tips bagaimana merawat oven listrik Anda agar awet dan tak mudah rusak.

Cara Merawat Oven Agar Tahan Lama

Oven Roti Listrik

Sisa-sisa bahan makanan yang dipanggang kerap menjadi kerak yang bisa merusak lapisan oven. Terlebih bila Anda menggunakan oven secara teru-menerus. Kelalaian dalam proses pembersihan bisa mengakibatkan oven lebih cepat kusam, bahkan mungkin rusak.

Untuk itu, langkah terbaik adalah dengan sesegera mungkin membersihkan oven setelah  usai digunakan. Yang terpenting, pastikan saluran listrik telah dilepaskan saat Anda akan membersihkan oven. Nah, berikut ini kami berikan beberapa cara perawatan oven listrik Anda.

  • Membersihkan Bagian Dalam Oven:
  • Lepaskan bagian-bagian oven seperti rak/tray. Lalu cuci dengan menggunakan sabun khusus pembersih oven. Sabun ini bisa Anda dapatkan di beberapa toko seperti home depot dan sejenisnya. Sebaiknya Anda tidak menggunakan deterjen biasa apalagi sabun colek, karena berisiko mengelupaskan permukaan oven.
  • Anda bisa melarutkan 2 sendok makan baking soda dengan setengah gelas air. Aduk hingga rata dan masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan ke bagian dalam oven yang kotor. Biarkan selama kurang lebih 1 jam, baru lap bagian yang disemprot tadi menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat.
  • Untuk kotoran yang membandel, Anda bisa menggunakan larutan dari setengah gelas perasan jeruk lemon yang dicampur dengan setengah gelas air. Masukkan larutan tersebut dalam wadah besar. kemudian masukkan ke dalam oven dan nyalakan selama 5 menit.

Biarkan wadah di dalam oven sampai 10 menit kemudian. Kotoran yang membandel pun akan mudah diseka menggunakan kain lap.

  • Membersihkan Bagian Luar Oven
  • Untuk bagian luar, Anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca dan lap kain yang halus. Bahan serupa handuk bisa sangat membantu untuk melepaskan kotoran yang menempel di permukaan oven. Bahan handuk yang lembut akan tidak akan menggores permukaan atau meninggalkan bekas pada lapisan luar oven.
  • Larutan baking soda yang Anda telah buat sebelumnya juga bisa Anda gunakan di bagian luar oven. Caranya juga dengan menyemprotkan ke bagian yang kotor untuk kemudian di lap menggunakan kain yang halus.
  • Anda juga bisa menggunakan kuas dengan pasta gigi untuk membersihkan oven. Hasilnya, oven akan tampak berkilau dan bersih kembali.

Untuk bagian mesin dari oven, Anda tak perlu cemas. Pasalnya, kami memberikan jaminan melalui garansi untuk setiap oven listrik Ramesia yang Anda beli.

Memilih oven listrik berkualitas adalah hal yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis bakery Anda. Salah memilih tak hanya menjadi beban tambahan, melainkan juga berpotensi menjadi bad marketing untuk produk Anda.

Oleh karena itu, Ramesia selalu membuka kesempatan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan marketing kami.  Anda bisa menemukan oven listrik terbaik yang paling tepat untuk bisnis kuliner yang sedang dirintis. Tidak hanya dalam hal fitur yang mumpuni, tapi juga dari sisi bujet yang paling sesuai untuk Anda.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares