Proofer Roti

Mesin Proofer Roti

Proofer Roti | Mesin Pengembang Roti

From Ramesia Mesin

Proofer, Roti, Proofer Roti, Pengembang Roti, Jual Proofer.

Mesin Proofer Roti | Mesin Pengembang Roti

Roti merupakan makanan yang saat ini menjadi salah satu alternatif makanan pokok yang cukup digemari di Indonesia. Biasanya roti disantap pada saat sarapan dengan diolesi selai atau diolesi mentega dan ditaburi cokelat meses. Namun tak jarang roti juga dijadikan cemilan di beberapa kesempatan. Roti sendiri saat ini makin beragam variasinya, bahkan beberapa brand roti mulai ‘naik kelas’ dengan memilih lokasi pusat perbelanjaan mewah sebagai tempat menjaring konsumen kelas atas.

Mesin Proofer Roti Ramesia

Mesin Proofer Roti | Mesin Pengembang Roti

Dalam proses pembuatan roti, ada salah satu tahapan yang disebut proofing. Proofing sendiri merupakan satu tahapan dalam proses pembuatan roti, dimana adonan diistirahatkan atau didiamkan. Tujuan dari proofing ini adalah agar adonan mengembang maksimal sebelum akhirnya dimasukan ke dalam oven.  Sebelum proofing, biasanya adonan telah dibulatkan dan ditimbang dalam ukuran tertentu menjadi bagian kecil. Waktu proofing yang ideal yaitu antara 15 menit sampai dengan 20 menit.  Waktu yang digunakan untuk melakukan tahapan proofing ini harus sangat diperhatikan, karena jika proses proofing terlalu sebentar maka roti tidak akan mengembang dan hasilnya ‘bantat’. Sementara jika terlalu lama maka tekstur roti menjadi terlalu lunak.

Mesin Proofer Roti | Mesin Pengembang Roti

Untuk mendapatkan hasil proofing yang sempurna, sebaiknya adonan di simpan pada suatu alat khusus yang bernama proofer roti. Profeer ini bentuknya seperti lemari yang berfungsi sebagai pengembang adonan. Selain untuk proses pembuatan roti, proofer bisa digunakan untuk proses pembuatan yoghurt. Dalam proses pembuatan roti, proofer ini membantu adonan roti mengembang dengan lebih baik karena suhu dan kelembabannya yang terkontrol sehingga hasil akhirnya optimal. Proofer ini memiliki ruang yang cukup besar untuk mengakomodasi produksi roti dalam jumlah besar. Selain itu menariknya lagi, proofer ini dapat di set waktunya sehingga waktu proofing dapat disesuaikan dan pas dengan yang seharusnya.

Mesin Proofer Roti | Mesin Pengembang Roti

Ramesia Mesin memiliki 2 macam proofer yang dapat membantu proses pembuatan roti anda. Yaitu proofer dengan satu pintu berkapasitas 16 loyang dan proofer dua pintu berkapasitas 30 loyang. Garansi selama 1 tahun yang diberikan oleh Ramesia Mesin, menjamin proofer anda dapat digunakan dengan baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai proofer, anda dapat langsung menghubungi marketing Ramesia Mesin.

Tips Memilih dan Merawat Mesin Proofer Roti

Membuat roti memang tidak rumit, namun memang butuh kesabaran untuk menunggu proses pengembangan atau proofing roti. Dengan adanya mesin proofer roti atau mesin pengembang roti, pembuatan roti sekarang tidak memerlukan waktu banyak.

Dalam usaha di bidang bakery, terutama Anda sebagai produsen roti di pasaran, memiliki mesin proofer roti memang menjadi suatu kebutuhan. Karena dengan adanya mesin ini akan membuat tahap pengembangan roti menjadi lebih efisien, sehingga produksi roti yang Anda buat bisa lebih banyak dan berujung pada omset yang meningkat.

Proofer Roti Manis

Memilih Mesin Proofer

Sebelum memilih dan membeli mesin proofer, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1. Harga mesin proofer

Hal yang dipikirkan untuk membeli sebuah alat adalah harganya. Belum lagi jika alat ini menjadi sebuah investasi usaha. Tentunya Anda akan memikirkan bagaimana alat tersebut dapat digunakan untuk jangka panjang.

Dengan harga mesin yang mahal tentunya akan membawa kualitas yang bagus. Terlebih jika Anda menginginkan mesin proofer yang sudah canggih dengan sistem digital. Untuk itulah Ramesia menawarkan mesin proofer dengan kualitas bagus namun dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga  Meraup Keuntungan Bisnis Roti dengan Bread Moulder Ramesia

2. Mesin proofer yang dilengkapi retarder

Retarder merupakan alat pendingin roti. Namun bisa juga digunakan untuk mempertahankan suhu agar roti tidak overproof bilaAnda belum sempat untuk membakarnya. Anda tidak perlu membeli dua alat yang akan menambah bujet yang jelas akan lebih memakan tempat. Satu perangkat ini dapat digunakan sesuai kebutuhan.

3. Perhatikan spesifikasi mesin proofer yang dipilih

Spesifikasi pada mesin proofer juga harus dilihat dan dicocokan dengan roti apa yang akan Anda buat. Untuk adonan croisants, bolen, roti kering bahkan untuk yogurt, membutuhkan mesin proofer dengan tipe yang berbeda-beda.

Namun jika kita sudah mahir dalam membuat segala jenis makanan di bidang pastry dan bakery, tentunya kita akan tahu ukuran suhu dan tingkat kelembapan yang dibutuhkan pada macam-macam adonan. Sehingga Anda cukup memiliki satu macam mesin proofer saja.

4. Garansi

Pastikan mesin proofer roti yang akan Anda beli memiliki garansi. Terutama bila Anda akan membeli mesin proofer yang second. Usahakan barang yang dipilih masih memiliki garansi aktif. Agar kita bisa mengetahui bahwa barang tersebut masih bagus dan akan menghasilkan produk roti yang berkualitas baik.

5. Kapasitas proofer

Ada berbagai macam ukuran pada mesin proofer ini. Proofer dengan 1 pintu yang dapat menampung 15-16 tray. Proofer ini cocok bagi pemula dalam bisnis dibidang bakery. Jika produksi roti Anda sudah cukup banyak, Anda bisa memilih mesin proofer dengan 2 pintu yang dapat menampung hingga 30 tray dengan ukuran loyang 60x42x2 cm.

6. Water level system control

Mesin proofer roti memiliki penampungan air di bawahnya. Jumlah air yang dibutuhkan sebanyak 500 ml hingga 1 liter saja. Air yang digunakan akan habis hingga setengahnya setelah mesin dipakai untuk sekali pengembangan roti. Jadi Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan air pada penampungan air tersebut tidak habis.

Dengan adanya mesin proofer roti yang sudah dilengkapi dengan water level system control, penampung air akan terisi secara otomatis bila sudah berkurang. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mengisi penampungan air tersebut.

Cara merawat mesin proofer

Jangan lupa untuk merawat mesin proofer ini ketika usaha pembuatan roti yang Anda lakoni sudah berjalan. Apabila Anda kurang apik dalam merawat mesin ini, maka mesin akan cepat rusak dan akan menghambat kinerja usaha.

Usaha Industri dengan Mesin Proofer Roti
teropongbisnis.com

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat mesin proofer roti:

1. Mengoperasikan mesin sesuai dengan standar

Menjalankan mesin sebagaimana mestinya adalah langkah awal untuk membuat mesin proofer menjadi tahan lama. Cara penggunaan mesin proofer yang paling standar adalah jangan memasukan adonan roti jika mesin belum berembun. Karena suhu dan kelembapannya belum sesuai dengan yang kita inginkan.

Anda harus menunggu terlebih dahulu hingga mesin berembun kira-kira sekitar 15 menit setelah mesin dihidupkan.

2. Periksa penampungan air pada mesin proofer

Penting halnya untuk menjaga tempat penampungan air agar tetap selalu dalam keadaan penuh. Hal ini dikarenakan saat mesin bekerja pemanas akan terus aktif, sehingga air semakin lama akan semakin habis akibat menguap.

Perlu adanya pengecekan setiap kali menggunakannya. Jika mesin pemanas terus berjalan namun air di tempat penampungan sudah habis, dikhawatirkan mesin proofer akan meledak akibat mesin menjadi overheat.

3. Rajin membersihkan mesin

Saat air dipanaskan pada mesin proofer, maka akan timbul uap air. Biasanya uap air ini akan menetes ke bagian bawah mesin proofer. Genangan air yang terbentuk akan menimbulkan tumbuhnya jamur dan lumut.

Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya paling tidak sebulan sekali. Mesin yang tak kunjung dibersihkan, dikhawatirkan bisa membuat roti yang Anda buat menjadi bau seperti aroma jamur. Tentunya hal ini akan mengurangi kualitas dari produk roti yang Anda miliki.

Baca juga  MIXER ROTI dan MIXER KUE TERBAIK di Tahun 2018 - RAMESIA.COM

Hal lain yang perlu diperhatikan bila Anda ingin membersihan mesin proofer ini adalah suhu mesin. Pastikan mesin dalam keadaan dingin saat Anda akan membersihkannya. Apabila saat Anda membersihkan mesin masih dalam keadaan panas, maka hal tersebut akan membuat tangan Anda terluka seperti tersayat pisau atau melepuh.

Sebetulnya tidak sulit untuk merawat mesin proofer roti ini. Anda hanya perlu rajin memperhatikan kebersihan dan performa kinerja dari mesin tersebut. Hal ini tidaklah akan membuang waktu terlalu lama.

PROOFER ROTI RAMESIA

Berikut ini spesifikasi proofer dari Ramesia Mesin :

Proofer Roti 16 Loyang, Harga : Mesin Es Krim

Proofer Roti

ModelProofer Roti BFR-YF14B
Power (W)2800
Voltage (V)220
Tray Size (cm)60 x 40 x 2
Yield (Pans)1 doors 16 tray
Size (cm)75 x 50 x 193
Weight (kg)85
[spacer height=”1px”]

Proofer Roti 30 Loyang, Harga : Mesin Es Krim

Proofer Roti

 

ModelProofer Roti BFR-YF30B
Power (W)2800
Voltage (V)220
Tray Size (cm)60 x 40 x 2
Yield (Pans)2 doors 30 tray
Size (cm)102 x 80 x 193
Weight (kg)85

[spacer height=”1px”]

Proofer Roti 15 Loyang, Harga : Mesin Es Krim

Box_Proofer-FX-15-J

Spesification
Type:FX – 15J
Watt:1200 + 400 Watt
Jumlah Tray:15
Voltage:220 V / 1P / 50 Hz
Weight:47
Dimensi:49 x 79 x 20.5 Cm
[spacer height=”1px”]

Proofer Roti 30 Loyang, Harga : Mesin Es Krim

Box_Proofer-FX-30-J

Spesification
Type:FX – 30J
Watt:1200 x 2, + 400 x 2 Watt
Jumlah Tray:30
Voltage:220 V / 1P / 50 Hz
Weight:80
Dimensi:100 x 79 x 20.5 Cm
[spacer height=”1px”]

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN PROOFER ROTI, Hubungi Kami SEGERA di Line

Telephone:

Cabang Jakarta : 021.8295.159 | 0812.8899.9470 | 0877.8887.8790

Cabang Depok : 021.7720.7228 | 0812.8886.6514 | 0816.1718.1250

Cabang Tangerang : 021.2255.7682 | 0812.9390.9889 | 0857.1124.7280

Cabang Bekasi : 021.2962.0477 | 0812.9883.0588 | 0816.1730.0081

Cabang Surabaya : 031.5666.404 | 0812.3370.6950 | 0857.0660.0616

Cabang Bandung : 022.2051.2131 | 0812.1400.1856 | 0857.2177.6762

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 021.2287.4619

Info : Pilihan Garansi Perbaikan Mesin & Spare Part Sesuai Keinginan Anda.

Note : Ramesia Mesin Melayani Penjualan Mesin Proofer Roti Untuk Wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bogor, Surabaya, Bandung, Banten, Yogyakarta, Bali, Balikpapan, Makassar, Medan, Lombok, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Padang, Jambi, Lampung, Palembang, Semarang, Malang, Solo, Pekanbaru, Bandar Aceh, Ambon, Jayapura, Kupang, Manado, Palu, Kendari, Cirebon, Tegal, Tasikmalaya, Kebumen, Purwokerto, Pekalongan.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares